Hari begitu cepat berlalu tak terasa sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Aku hanya menyiapkan mental yang kuat untuk bertahan beberapa minggu ke depan. Mungkin orang di rumah memasak makanan yang sering di hidangkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Aku yang pemalas ini hanya bisa membeli untuk sahur dan buka puasa di warteg atau bazar ramadhan di dekat komplek kostan ku. Ini menyedihkan tapi mau gimana lagi, rejeki ku masih disini.
Ohh ya, di komplek kostan ku ada bazar ramadhan dan sebelumnya pun itu adalah pasar pusat makanan. Aku sering beli ke situ untuk makan jika malas masak, lumayan jauh dari kostan karna kostan ku terletak di ujung komplek itu. Jadi kalau mau berangkat kerja atau hendak pergi cari makan kita harus menempuh jalan yang lumayan jauh dengan berjalan kaki. Sering lewat sih abang tukang nasi goreng atau makanan lainnya di depan kostan. Tapi selalu malam dan ga pernah nentu kapan lewat nya.
Di kostan ku pun ada etalase jual kebutuhan kaya telor, mie, snack kecil kecilan bahkan sabun dan sendal pun ada disitu. Sistem nya jujur ambil sendiri dan bayar di kotak amal yang tersimpan. Agak lumayan menguntungkan sih buat kita anak kostan yang mager jalan jauh, jadi bisa beli mie/telor ke situ.
Awal ramadhan aku dan teman ku (Rifa) bergegas pergi tarawih di masjid terdekat. Di sana pemuda pemudi mulai keluar dari kandang nya. "Bening-bening sih orang-orang disini tapi agak laen ya, keliatan sangat introvert" ucapku dalam hati.
Hari pertama aku tarawih di sana, aku menempati barisan sholat di dalam.
"Gerah woi, ada AC tapi ga kerasa" ucapku."Iya ihh ga kerasa, aku udah keringetan gini" katanya sambil menunjukkan tangan yang basah keringat.
"Sama, aku mati rasa sama angin. Ga bisa ngerasain angin tau" rengek ku.
Ini lumayan lama juga tarawih nya. Jadi makin gerah dan haus, tapi setelah selesai sholat tarawih kita pergi simpan mukena ke kostan dan balik lagi untuk beli minum yang dingin.
"Ahhh akhir nya adem juga" ucapku sambil menelan minuman segar itu.
"Akhirnya yaa" jawab temanku.
Bersantai sedikit sambil minum yang dingin enak juga. Tapi kita juga harus tidur untuk besok sahur dan bangun pagi karna masih kerja.
Mungkin karna tadi aku tidur siang cukup lama jadinya ga bisa tidur lebih awal padahal besok harus sahur.
Tepat jam 3 pagi alarm ku berbunyi keras.
"Aduhh udah jam 3 lagi aja baru juga tidur" batinku sambil mematikan alarm dan bergegas masak nasi.
Kemungkinan setiap sahur aku akan terus bangun jam 3 lalu masak nasi sambil nunggu mateng aku menyempatkan sholat tahajud setelah itu makan sahur dan sholat subuh. Habis itu tidur sebentar bangun jam 7 pagi, mandi dan berangkat kerja.
Pernah telat bangun sahur satu kali, disitu posisi nya aku sendiri yang sahur karna teman ku sedang datang bulan. Aku hanya makan 1 cireng dan minum segelas air putih, untung nya aku tahan lapar. Tapi, setelah buka puasa aku makan banyak sekali, balas dendam karna tadi ga makan banyak pas sahur.
"Adil ga sih? kan aku tadi ga sahur banyak terus pas buka makan banyak. Jadi adil kan? Ucapku dalam hati setelah pulang beli banyak takjil.
KAMU SEDANG MEMBACA
Hidup di perantauan
Cerita PendekSepenggal kisah nya ada disini, selama menjadi anak rantau di usiaku yang masih cukup muda. Hanya ini yang bisa aku ceritakan.