Memori bekerja secara unik untuk manusia. Konon masa lalu hanya ada dalam ingatan, lalu apa jadinya jika masa lalu salah diingat atau salah dicatat? Tak terhitung sejarah yang telah hilang karenanya, namun manusia terus bergerak maju. Lagipula, ada hal-hal yang lebih baik dilupakan.
Itulah yang Leno pikirkan.
Memori adalah hal yang berubah-ubah.
Sama seperti bagaimana dia mengingat mendiang ibunya. Itu membuatnya sakit tetapi juga hangat pada saat bersamaan. Tapi, di satu sisi, itu membumikannya lebih dari segalanya, terutama sebelum dia bertemu Cale. Dia bertanya-tanya apakah ibunya tahu tentang ini dan itulah alasan mengapa dia tidak menghapus ingatan Leno tentangnya.
Agak aneh karena setahu Leno, pelihat mimpi lebih memilih untuk tidak meninggalkan apapun, bahkan sampai menghapus ingatan tentang mereka setelah kematian mereka. Mungkin, itu bukan hanya untuk melindungi identitas rahasia mereka dan menghindari orang mengetahui kekuatan mereka.
Tapi, mungkin karena mereka memiliki begitu banyak penyesalan dalam hidup mereka.
Mampu melihat masa depan, tetapi dengan kekuatan terbatas untuk mengganggunya, itulah pelihat mimpi.
Terkadang, menjadi pelihat mimpi rasanya memalukan, hampir sepanjang waktu rasanya putus asa dan putus asa. Jadi, mungkin lebih baik dibiarkan dilupakan daripada diingat untuk semua hal yang tidak mampu mereka capai.
Dulu Leno berpikir bahwa lebih baik dia dilupakan, jadi dengan begitu, setidaknya tidak masalah apakah orang akan sedih atau lega melihatnya mati. Sehingga masa lalu yang memalukan dari tempat sampah Cale Henituse bisa dilupakan begitu saja.
Tapi sekarang, dia tidak yakin lagi. Bukan hanya karena janjinya kepada Cale untuk tidak pernah mencampuri ingatan siapapun lagi. Tapi, dia bertanya-tanya apakah seseorang mengingatnya dengan cara yang sama seperti dia mengingat mendiang ibunya. Karena, tentu saja Leno tidak pernah ingin melupakannya, dia adalah salah satu orang terpenting dalam hidupnya.
Begitukah cara Cale mengingatnya?
Tapi, kalau begitu... jika yang dikatakan orang itu benar, maka... apakah semua orang melupakannya sekarang? Apakah ada yang penting? Kalaupun Leno bisa kabur dari sini secara ajaib lalu apa yang akan terjadi setelah itu?
Apakah dia masih punya tempat untuk kembali?
"Huft... aku benar-benar lemah..." Leno bergumam lemah pada dirinya sendiri. Inilah yang membedakannya dari Cale. Dia bahkan tidak bisa menahan diri hampir sepanjang waktu. Dia bahkan tidak bisa memutuskan apa yang dia inginkan.
Dia ingin meninggalkan keputusan untuk Cale, untuk menyelamatkannya atau membiarkannya mati, seperti yang dilakukan Leno ketika dia akan mati karena menyeret God of Despair ke dunia mimpi. Tapi, dia sangat egois, Leno tahu itu.
Dia tidak pernah berubah.
Leno membuka matanya dan mengepalkan tinjunya. Dia telah menggunakan sebagian besar kekuatan mimpinya untuk memperkuat hubungan mereka sehingga Cale dapat menemukannya jika dia mau. Tapi, mungkin lebih baik Leno tidak hanya berbaring di sini dan menunggu.
Dia ingin melakukan yang terbaik, setidaknya. Dia masih tidak tahu apa yang dia inginkan, tetapi dia tidak bisa melakukan apa-apa ketika dia tidak tahu apa yang terjadi pada Cale.
Terutama karena Erist tidak ada di sini, inilah kesempatannya untuk melarikan diri dari sini. Atau setidaknya, mencoba mencari informasi tentang tempat ini, kekuatan ini, dan identitas pria itu.
Leno mendengus saat dia mencoba yang terbaik untuk menggerakkan tubuhnya. Dia merasa tidak berdaya, dia tahu bahwa tubuhnya berada di bawah semacam mantra. Tapi, jika dia bisa mematahkan mantra ini maka...
KAMU SEDANG MEMBACA
Kehidupan Kembar Henituse Selanjutnya
Fanfic[Trikuel 'Wajah Wajah Sejati'] Serangkaian kisah hidup Cale dan Leno setelah mereka sepakat menjadi saudara kembar. Bagaimana mereka menavigasi hidup mereka bersama dan mengatasi trauma satu sama lain. Bagi Cale, tidak mudah menjadi kakak dari seora...