Januari 2022
Berita duka.
Keluarga besar Harjo mendapat berita duka, salah satu keponakan menantu keluarga Harjo meninggal dunia. Segera setelah kabar tersebut tersebar, pada sore hari keluarga besar Harjo pun takziah di kediaman mendiang di daerah Cilandak, Jakarta Selatan.
Syeina yang jarang ikut kumpul acara keluarga harus menghadiri dengan terpaksa, karena harus membawa salah satu budenya ke sana.
"Sye, anterin bude Ena takziah, engga ada yang nganter. Kasian deh. Yuk siap siap!" Ibu Syeina berseru di depan pintu kamar anak gadisnya. Alhasil Syeina yang malas beranjak bangun dari tempat tidurnya untuk pergi takziah.
Dengan outfit serba hitam dan tentunya hijab yang telah paripurna, mereka berangkat diiringi hujan ringan di sore hari menggunakan 2 sepeda motor. Bapak sama Ibu dan Syeina dengan Bude Ena.
Di sana Syeina berbaur dengan sanak saudaranya yang lumayan lama tidak bertemu. Hingga akhirnya waktu menunjukkan pukul 8 malam.
"Pulang Sye, udah malam. Ayuk pamit. Jenazah juga sudah dibawa ke Musola untuk disolatkan" kata Ibu Syeina memberi tahu.
"Ayuk bu, keburu hujan deres lagi. Bajuku juga udah kuyup ini, dingin" Syeina sejujurnya sudah ngedumel sedari tadi. Banyak yang Sye enggak suka. Sye tidak suka hujan, karena dia tidak kuat dengan dingin. Trauma pernah mimisan setelah keasikan hujan-hujanan. Kapok dia.
Setelah mereka berpamitan, mereka menuju gang yang mendadak menjadi tempat parkir para tamu yang takziah. Hujan gerimis turun lagi. Sye mendesah kesal, dia sudah kuyup kedinginan sedangkan perjalanan ke rumah sekitar setengah jam. Jadi kucing kecebur got lah dia sampe rumahnya. Saat perjalanan dari rumah ke Cilandak Sye pake jas hujan, tapi telat. Saat sudah hujan deras Sye yang keras kepala malah baru pake jas hujan. Alhasil bajunya basah anyep.
Saat hendak mengeluarkan motor dari barisan parkiran, kehadiran seorang pemuda mengagetkan Syee dan rombongan.
"Pade, bude" panggil pemuda tersebut, menghampiri Bapak dan Ibu.
"Ehh Raden, kamu di sini? Sama siapa?" seru Ibu bersemangat. Sye hanya menoleh pada Raden sesaat dan sibuk dengan memundurkan motornya yang licin sehabis terkena hujan.
"Sama Mba Sipa bude, bude pada mau pulang? Dari tadi ya?" jawab Raden dengan logat yang masih sedikit medok.
"Iya, takut hujannya tambah deres, udah malem kasian Sye udah kuyup juga takutnya jadi sakit" sahut Ibu sambil menunjuk Sye yang sibuk memundurkan motornya dibantu dengan seorang lelaki yang mungkin tetangga dari saudaranya yang meninggal.
"Makasih mas" kata Sye pada lelaki yang dadakan menjadi juru parkir di malam saudaranya meninggal.
"Emang bisa bawa motor licin begini?" kata Raden memegang stang motor Sye meledek.
"Eh Raden, baru dateng? Dari tadi baru liat perasaan deh" Sye benar-benar tidak terlalu mengenal Raden dengan baik. Mereka masih memiliki hubungan saudara, tapi jauh. Sangat jauh. Singkatnya Raden adalah keponakan dari Padeh Sye. Jadi Sye tidak terlalu mengenal karena memang bukan saudara dekat. Yang Sye tahu, Raden ini adalah kakak kelasnya sewaktu SD di Jawa sebelum Sye pindah ke Jakarta.
"Iya, pulang kerja langsung kesini tadi" jawab Raden sambil tersenyum. Raden adalah pemuda berumur 23 tahun, lebih tua 2 tahun dari Sye. Dari sewaktu SD pun Sye tahu kalau Raden ini adalah laki-laki yang berpotensi. Alias Raden itu punya tampang yang ok juga hehe.
Tapi Sye tidak tertarik pada Raden saat itu, dia sedang sibuk dengan Bude Ena yang kesusahan naik ke atas Selin. Selin alias si cantik motor Beat Sye.
Yang Syeina tidak sadari sedari tadi adalah, Raden menatapnya semenjak Sye sibuk dengan motornya sendiri. Raden sudah memperhatikan dari jauh, ingin mendekat tapi sungkan dengan Bapak Syeina. Dan di sinilah Raden, di samping Selin sedang memperhatikan interaksi antara Sye dan juga Bude Ena.
"Jas hujannya ga dipake bude?" tanya Raden, tapi matanya sibuk memperhatikan Sye yang tengah memakai helm.
"Enggak Den, Bude udah basah juga bajunya. Percuma pake jas hujan" Bude Ena sambil tersenyum manis pada Raden.
"Lumayan Bude, Cilandak ke Kalisari mah jadi makan basah" jawab Raden. Raden ini tipe pemuda yang ramah dan sopan dengan orang yang lebih tua. Dia pandai membuat topik dengan orang tua. Tapi Sye masa bodoh dengan itu, masih berkutat bersiap-siap dengan Selin.
tiba tiba...
"Minta WA Sye"
"Ha?" Sye belum nyambung masih sambil ngelap spion Selin.
"Boleh engga?" Raden mulai tidak sabar, takut didengar Bude Ena yang sibuk ngobrol dengan Mba Sipa. Sye yang bingung muncul beberapa pertanyaan di kepalanya.
"Kesambet apaan ni bocah" batin Sye. Lama terpekur, akhirnya Sye memberikan nomor wa nya pada Raden.
Dalam hati Sye berkata "Apa salahnya kasih wa ke Raden? Enggak ada hubungan saudara juga kan". Sye paham, di malam itu Raden tertarik pada Sye. Mungkin menurut kalian Sye terlalu over PD, tapi feeling-nya berkata begitu.
"Hati-hati ya Bude" Kata Raden pada Bapak dan Ibu Sye. Kemudian berbalik kembali pada Sye yang tengah menyalin nomer wa nya di hp milik Raden.
"Aku namain Sye" Sye memberi tahu dan mengembalikan hp Raden.
"Ok. Hati-hati jangan ngebut. Aspalnya licin masih hujan juga" ucap Raden mengusap helm Sye. Sye hanya mengangguk memperhatikan tingkah Raden yang tiba-tiba seperti sudah mengenal lama. Nyatanya mereka hanya mengenal, hanya tau dan tidak dekat sa-ma se-ka-li.
"Hati-hati Bude" ucap Raden lagi pada Bude Ena.
"Iya makasih ya Den, Assalamualaikum" sahut Bude Ena pada Raden.
Sye pun meninggalkan Raden yang masih berdiri di sana hingga motor yang di kendarai oleh Sye hilang di telan gelap malam.
To be continued....
hihi
Pas di jalan pulang tiba-tiba terbesit untuk nulis cerita ini. Aku hanya pengen menulis di sini. Sekedar mengeluarkan apa yang ada di kepala. Syukur kalo ada yang baca.
hehe
akusayangaku
KAMU SEDANG MEMBACA
Sanes
ChickLitKisahnya memang cukup singkat, tapi entah kenapa terus melekat. Bagiku, dia adalah duniaku. Entah apa aku baginya. Mungkin, sebuah pilihan terakhir. Mungkin. Cerita ini terjadi begitu saja seperti cerita di lagu milik Guyon Waton feat Denny Caknan...