Kebenaran Yang Bersembunyi

1 0 0
                                    


Gua lagi Ujian Akhir Semester sekarang.
Gua berusaha fokus tapi susahnya minta ampun, padahal ni pelajaran yang gua suka yaitu Sejarah.
Ga ada alasan buat gua ngebenci Sejarah.

Sejarah yang bikin gua semangat masuk sekolah, dan sejarah yang udah buat pikiran gua terbuka tentang kejamnya dunia.

Panutan gua dalam tokoh Sejarah Indonesia adalah Raden Dewi Sartika, salah satu pahlawan nasional Indonesia asal bandung, yang membuat sekolah khusus perempuan di zaman penjajahan Belanda.
Beliau mendirikan Sekolah keutamaan istri, yang berdampak pendidikan bagi kaum hawa bisa meningkat.

Karena terinspirasi dari beliau, gua juga pengen menghilangkan anggapan di masyarakat kalo perempuan, hanya menjadi penghuni rumah. Mungkin gua ga bisa kaya beliau yang bisa mendirikan sekolah khusus, tapi setidaknya, gua bisa merubah pola pikir masyarakat di sekitar gua tentang peran perempuan.

Itu salah satu harapan gua.


Tapi, balik lagi ke ujian. Alasan gua ga fokus karena apa hayo?
Iya, karena si Arean nanya ke gua mulu plis. Gua pegel harus bolak balik liat ke belakang ni leher kek mau copot. Gua mau ga ngerespon, tapi gua ga tega berasa jahat gua nantinya, seseorang yang udah peduli sama gua, gua acuhin gitu aja.

Akhirnya, karena kesel gua ngomong,
"Re, sana minta ke si inra aja. Biasanya juga ke dia kan? Gua jadi ga fokus nih bacanya,"
"Hah? Luna lo kenapa si, jealous ya ceu? ehe,"
"Apa si, kaga ada gue jealous. Gua lagi ga fokus aja beneran, sana ke si Inra aja, dia juga pinter kan,"
"Tapi, gua nyamannya ama lo gimana?"
"Maksud?"
"E-eh m-maksudnya gua lebih seneng kalo lo yang gua contek hehe, ga gratis kok nanti pulang gua traktir deh lo apa aja bebas asal jangan starbucks ya, auto bokek gua,"

Setelah gua mendengar kata keramat "traktir"  gua langsung semangat 45, gua langsung bisa fokus dan ngasih contekan gua ke Arean.

Pulangnya, beneran gua ditraktir Rean buat beli Mixue dan Hokben. Anjay seneng bukan main gua, kapan lagi coba gua ditraktir gini kan biasanya gua makan mie terus karena gua anak kost.

Maaf curhat.

*****

"ALKAA, SINI KE AA SAMA TETEH" panggil Arean.

Gua kaget, dan langsung noleh eh adik tersayang gua lagi sama neneknya nyamperin kita berdua.

"Kak Rean, Teteh Luna kangennn,"

Gua langsung meluk Alka, dan tanpa sadar gua nangis.
Sekangen itu gua sama ni anak.
Walau dulu gua sering berantem sama dia, tapi tetep dia Alka yang gua sayang. Dia prioritas gue setelah Rean tentunya...

Dan kalian pasti bertanya-tanya, kenapa Alka sama neneknya? Alias Ibunya Mamah? Tadinya Alka mau gua bawa tapi ga jadi, karena nenek gua pengen ngerawat gua sama Alka, dan dia gamau gua harus hidup lebih susah karena ngebiayain adik gua. Nenek gua udah ngebujuk gua buat ikut sama dia, tapi gua gamau. Selain gua ga mau nyusahin Nenek, gua gamau karena itu tandanya gua harus ngeliat tante bangsat itu tiap hari, karena rumahnya tetanggaan sama rumah nenek gua.

I love you nek!!

Rean langsung narik adik gua, dan ngebiarin gua buat tenang lebih dulu.
Dia ngehibur adik gua, dan ngejanjiin kalo dia bakal beliin dia mainan. Ya adik gua, seneng bukan maen. Duh masih temen aja udah kaya gitu, gimana kalo jadi suami? Eh.
Lo mikirnya kejauhan Aluna.

Setelah hampir 2 jam kita ngobrol, Nenek dan Alka pamit pulang karena udah mau jam 7 malem. Ga kerasa udah jam segini, kita juga harus cepet pulang. Untungnya, gua libur kerja karena bos gua lagi ada urusan.

Setelah nyampe kostan, Nenek nelpon gua.

"Assalamualaikum, Luna kamu dimana?"
"Waalaikumsalam, Nek aku di kostan. Ada apa ya nek?"
"Luna, jujur ke Nenek apa kamu tau kalo Alfa sering bolos kuliah?"

Deg.
Gua gatau harus ngomong apa.
Karena, yang tau hanya gua, Kak Alfa, dan Papa.

"Nek, iya Bang Alfa sering bolos kuliah,"
Di seberang sana, Nenek gua menghela nafas kasar, lalu beliau mengutarakan sesuatu yang membuat gua kaget.

"Luna, apa kamu tau abang kamu, sering kesini untuk minta uang buat praktek? Dia beralasan kalo uang Papanya habis buat biaya sekolah kamu, jadi dia minta ke nenek,"
"Nek, aku udah ga dibiayain sama Papa semenjak masuk SMA, karena uangnya buat abang kuliah, dan aku juga gatau nek kalo ternyata Abang bohong sama Nenek,"
"Astagfirullah, jadi Papa kamu udah ga ngebiayain kamu lagi? Semenjak nikah sama tante kamu? Bener-bener tu orang. Udah dikasih hati minta jantung. Kalo dia ga nikah sama Mamah kamu, dia bakal jadi gembel di jalanan!"
"Maksudnya Nek?"
"Iya, kalo Papa kamu ga nikah sama Mamah kamu, dia udah jadi gelandangan di ruko pinggir jalan. Dia itu mantan napi, karena kasus pencurian uang. Mamah kamu cinta mati sama dia. Nenek ga bisa apa-apa. Papa kamu tuh bukan orang baik-baik, dia selain selingkuh sama tante kamu, dia juga pernah selingkuh sama tetangga dia sendiri. Ibunya Jihan, temen kamu!"

Whatt... Gua kehabisan kata-kata.
Gua speechless abis.
Kenapa bisa gua gatau ini?
Pasti karena Mamah gua nutupin itu semua, karena cinta.

Mah, kenapa sih Mamah rela nutupin semua kelakuan busuknya Papa?

Karena ini, aku sadar hidup Mamah itu sengsara. Mah, kenapa Mamah terus menerus melindungi Papa? Aku tau kalian adalah pasangan suami-istri, tapi ada kalanya salah satu dari kalian berbuat kesalahan, yang gak bisa ditolerir. Dan Papa ngelakuin itu. Perselingkuhan, tidak bisa dibenarkan dengan alasan apapun.




Tbc.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: May 14 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

STORY A DAUGHTER Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang