✒️ KEBIASAAN PENULIS PROFESIONAL

89 6 0
                                    

💐BANYAK MEMBACAKebanyakan penulis sebenarnya terlalu sibuk membuat buku mereka sendiri dan lupa jika membaca buku orang lain juga sama pentingnya

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

💐BANYAK MEMBACA
Kebanyakan penulis sebenarnya terlalu sibuk membuat buku mereka sendiri dan lupa jika membaca buku orang lain juga sama pentingnya.

Dengan membaca, maka penulis akan menambah kekuatannya, bukan justru memberikan kelemahan. Cobalah baca hal-hal yang berbeda dari apa yang kamu tulis untuk menambah pengetahuanmu.

💐 KONSISTEN MENULIS
Nggak punya waktu buat menulis? Padahal penulis profesional itu menyediakan waktunya untuk menulis, entah itu hanya 30 menit sehari atau lebih.

Jika bisa menulis lebih dari target harian, maka akan bagus, tetapi menjaga kebiasaan menulis setiap hari adalah hal yang sama pentingnya. Buat jadwalmu, pasang alarm, mulailah melakukan teknik pomodoro.

💐MENETAPKAN TUJUAN
Ini ada hubungannya dengan konsisten menulis. Sebelum mulai menulis naskah novel atau yang lainnya, penulis profesional akan menetapkan tujuan terlebih dahulu. Misal, menyelesaikan 20.000 kata dalam seminggu, menulis sebanyak 10 halaman perhari, menyelesaikan satu naskah selama sebulan, dsb.

💐MENCIPTAKAN LINGKUNGAN MENULIS
Pilihlah tempat-tempat yang kamu sukai untuk menulis, misal di sudut kamar dengan hiasan moodtraker naskah terbaru, perpustakaan yang sepi, kursi bus yang sama dengan karaktermu, dsb.

Pastikan ruang yang kamu ciptakan ini akan berdampak pada produktivitasmu, ya!

💐MENULIS SAMPAI TAMAT
Meski tidak semua naskahnya tamat, tetapi setidaknya perbandingan antara naskah selesai dan naskah yang menggantung sangatlah jauh. Belajarlah untuk fokus menyelesaikan satu naskah terlebih dahulu.

💐MENCIPTAKAN RELASI
Penulis profesional tidak bekerja sendirian. Mereka punya dan bahkan menciptakan relasi yang berisi penulis-penulis lain. Cari teman menulismu, ciptakan hubungan timbal balik yang saling menguntungkan dengan mereka. Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, kan?

💐MENCINTAI PARA PEMBACANYA
Penulis profesional tidak akan bersifat sombong dan memandang rendah para pembacanya. Justru, mereka akan berusaha untuk menyenangkan pembaca mereka bahkan sampai menciptakan hubungan yang kuat. Penulis tidak akan berarti tanpa adanya pembaca, 'kan?

Udah ada pada diri kalian belum, nih?

🅣🅞🅟🅘🅚: KEBIASAAN PENULIS PROFESIONAL
𝐅𝐨𝐥𝐥𝐨𝐰 ig: @fukuyama_12

❣ Menerima jasa edit naskah dan ghostwriting ❣Silakan DM atau hubungi wa

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

❣ Menerima jasa edit naskah dan ghostwriting ❣
Silakan DM atau hubungi wa.me/6285749538831
bisa juga melalui link di bio

Peta untuk PenulisTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang