Acara resepsi Biru sama Mirea udah mulai daritadi, gue sama Kalangga duduk di kursi yang udah ada nama kita. Tamu yang lain keliatan lagi sibuk nyicipin makanan sedangkan gue masih belum mau makan karena belum laper juga sih.
"Kamu mau ambil makan gak?" Tanya gue.
"Nanti aja bareng kamu, aku gak mau makan sendiri."
Hadeh, mau makan aja harus sama gue.
"Hi, Kal!"
Ada seorang cewek cantik yang nyamperin kita, lebih tepatnya nyamperin Kalangga sih.
Gue kayak pernah liat deh cewek ini, kayaknya kating gue di kampus juga.
"Lo juga dateng, Man?"
Kalangga berdiri dan dia salaman sama cewek itu, kayaknya mereka akrab sih.
"Iya lah, mumpung gue lagi di Bali juga jadi sempetin dateng." Katanya.
Gak lama ada beberapa orang lagi yang dateng, gue lumayan familiar karena pernah liat mereka sama Biru dulu di kampus. Gue cuma duduk aja sambil sesekali cek hp atau liat sekitar.
"Ini mantan nya Biru, kan?" Tanya si cewek yang dipanggil Man sama Kalangga tadi.
"Iya, si Bestari." Kata salah satu cowok di gerombolan mereka. Gue cuma senyum aja.
"Kok bisa dateng sama lo, Kal?"
"Cewek gue." Kata Kalangga.
Mereka keliatan kaget banget denger ucapan Kalangga, gue juga sih kaget dikit.
"Gila, kok bisa sih? Gue kira Biru bakal langgeng sama pacar jaman kuliahnya, secara dia bucin abis?"
"Lo juga kenapa bisa deket deh? Anjir lah masa sama bekasan temen?"
Kalangga keliatan gak suka denger ucapan temen-temen nya, tapi emang kelewatan sih dia.
"Namanya jodoh gak ada yang tau." Kata Kalangga.
"Gue juga kira lo sama Amanda bakal nikah setelah lulus, eh ternyata lo malah sama mantannya Biru."
Bentar, jadi cewek ini mantannya Kalangga?
"Udah lah, Lex. Gak usah ngomong gitu, gak enak ada pacarnya." Kata Amanda.
"Padahal kalian cocok banget, direstuin satu fakultas."
Jir? Maksudnya apaan dah?
Kalangga ngerti gue gak nyaman, akhirnya dia suruh temen-temen nya pergi. Agak brutal tapi gue tau dia juga kesel banget sama omongan temennya.
Kalangga balik duduk lagi di samping gue, mukanya keliatan sebel banget tapi dia coba buat nahan itu.
"Maafin temen-temen aku ya." Katanya.
"Kenapa minta maaf? Gak ada yang salah kok." Kata gue.
"Aku tau kamu gak nyaman, maaf ya sayang."
Kalangga genggam tangan gue terus dia usap-usap.
"Yang tadi mantan kamu?" Tanya gue.
Kalangga ngangguk. "Udah ya aku gak mau bahas ini nanti kamu bad mood sendiri terus aku dicuekin."
"Aku cuma nanya?"
"Iya sayang, tapi kamu gak akan berhenti nanya habis ini. Dia cuma mantan aku, gak usah dipikirin."
Gimana gak kepikiran kalo mantan nya cantik banget anjir mana temennya juga bilang mereka cocok.
"Tapi cantik sih emang."
"Kamu lebih cantik, sayang."
Apaan dah gombal.
__
Gue sama Kalangga udah balik ke kamar hotel dan lagi siap-siap mau tidur, gue masih baca buku sih kalo Kala masih sibuk main hp juga.
Kalangga keliatan sebel banget daritadi, dia kayak lagi marah-marah sama orang lewat chat soalnya keliatan serius banget. Jujur gue takut sih kalo Kalangga udah kayak gini.
"Kal."
"Sebentar ya, sayang." Katanya tanpa ngeliat gue.
Kalangga keliatan lagi nelfon orang sekarang, kayaknya ini masalah kerjaan deh.
"Halo, Dewa. Gue gak mau tau ya besok senin di atas meja gue udah ada dokumen lengkap yang gue minta, udah gue kasih waktu satu minggu lebih masa masih kurang?"
Bener ternyata soal kerjaan.
"Lo kordinasiin ke yang lain, pokoknya itu dokumen udah harus ada di atas meja waktu gue dateng, gue gak mau ada satu pun yang kurang."
"Ya gak bisa gitu dong? Mereka lembur juga dibayar kok, lagian gue udah minta dokumen itu dari lama, udah gue kasih tambahan waktu juga masa masih belum selesai? Gak ada alasan banyak kerjaan yang lain ya, gue pantau kalian terus jadi gue tau alur kerja kalian."
Kalangga mode serius serem bange bro.
Gak lama Kalangga matiin sambungan telfon nya, dia taro hp nya di meja nakas terus pergi ke kamar mandi tanpa ngomong satu kata pun.
Gue yang lagi baca buku di kasur cuma diem aja, gue juga takut kalo Kalangga marah-marah kayak tadi.
Kalangga keluar dari kamar mandi terus duduk lagi di samping gue, dia habis cuci muka soalnya mukanya masih basah.
"Did something bad happen?" Tanya gue sambil ngusap lengan Kalangga. Dia langsung nyender di bahu gue sambil ndusel.
Kalangga mode manja balik lagi.
"Aku pusing pegawai aku kerjanya gak ada yang bener, masa harus aku marahin terus biar mereka ngerti."
"It's okay, sayang."
Kalo udah kayak gini gue harus manja-manjain Kalangga supaya dia gak tantrum. Gue lebih takut dia masih emosi aja sih, serem liat Kalangga marah-marah tuh.
"Maaf ya aku marah-marah di depan kamu." Katanya sambil natap gue.
Gue ngangguk, "Jangan marah-marah lagi ya, sayang."
Kalangga ngangguk lucu terus dia cium pipi gue. "Mau pesen makan aja gak?"
"Lagi?" Kita udah makan lumayan banyak dan sekarang Kala ngajak order makanan lagi.
"Iya, aku mau nyemil sambil nonton." Katanya.
"Yaudah kamu pesen aja, aku mau lanjut baca lagi."
Baru gue mau geser tapi ditahan sama Kalangga. "Udahan dong baca bukunya."
Mulai deh.
"Kamu kan mau nonton?"
"Ya sama kamu lah, masa aku nonton sendiri?"
"Yaudah pesen aja dulu makanannya, nanti kalo udah sampe baru kita nonton."
"Kamu mau apa sayang?"
Kalangga buka aplikasi order makanan di hp nya, selama di Bali kita sering banget pesen makanan, satu hari bisa sampe lima kali karena Kalangga laper mulu.
Heran gue, dia kalo soal makanan gak ada kenyang nya.
__