Bahasa jawa dalam percakapan akan ditulis/ dibaca dengan bahasa Indonesia walau sedikit ada campuran😁.
_________________________________________Cerita fiksi ini terinspirasi sejarah masa lampau pada akhir Era Hindu- Buddha sampai Era Islam. Beberapa nama tokoh dan alur sejarah disini akan sedikit diubah agar tak terjadi bias dalam sejarah. Ingat. Ini masih cerita FIKSI.
Matur nuwun sampun maos🙏
_________________________________________
Nusantara
Nama dari sebuah negeri yang dilintasi oleh khatulistiwa, berlatar tanah yang subur, angkasa serta lautan nan biru dan rakyat yang makmur. Adanya suku dan bangsa membuat terlahirnya kerajaan - kerajaan Hindu-Buddha yang tersebar di seluruh Nusantara. Orang - orang sering menyebut masa itu adalah Era Hindu-Buddha.
Kerajaan pertama Hindu-Buddha di Nusantara adalah Kerajaan Kutai, dimana raja yang berkuasa di daerah Borneo itu adalah Kudungga. Di Tanah Jawa, kerajaan pertamanya adalah Kerajaan Tarumanegara. Muncullah berbagai kerajaan seperti Galuh, Kanjuruhan dan Kalingga. Ada satu kerajaan yang memiliki era yang berpengaruh dan terus turun temurun di Tanah Jawa ini.
Mataram Kuno.
Sebuah kerajaan dimana ada tiga dinasti yang memimpin. Dinasti Sanjaya, Dinasti Syailendra dan Dinasti Isyana. Ketiga Dinasti itu membawa kebangkitan, pembangunan dan kehancuran.
Pada masa pemerintahan Mpu Sendok, kerajaan itu terpecah belah dan pindah di Wwatan, Medang. Inilah cikal - bakal Kerajaan Kahuripan dengan raja Airlangga dan Jayabaya menjadi masa keemasan mereka, serta inilah awal - mula Kerajaan Kediri berdiri.
Namun Kerajaan Kediri itu mengalami kudeta oleh para brahmana saat masa kepemimpinan Kertajaya dan Kerajaan Kediri menjadi Kerajaan Singasari dan disinggasanai oleh Ken Arok. Istrinya, Ken Dedes adalah brahmani yang melahirkan para raja - raja di Tanah Jawa dan salah satu keturunannya menjadi raja Majapahit.
Raja terakhir Majapahit, Hayam Wuruk adalah kerajaan yang makmur di Trowulan. Di sisinya ada Patih Gajah Mada yang setia dan terkenal dengan Sumpah Palapa.Namun, Era Hindu-Buddha akan berakhir karena berbagai faktor. Satu, Hayam Wuruk gagal menikahi Dyah Pitaloka, Putri dari Kerajaan Sunda karena tak mendapat restu dari Gajah Mada. Akhirnya, terjadilah perang Bubat yang membuat putri cantik itu depresi dan mati ditangannya sendiri.
Dua. Perebutan tahta setelah Hayam Wuruk meninggal. Patih Majapahit nan setia itu malah menghilang seakan dirinya moksa disaat genting seperti itu. Tiga. Munculnya Kerajaan Islam yang berkembang di Nusantara, menginvasi para umat Hindu-Buddha dan mengusirnya dari Tanah Jawa karena tak mau memeluk ideologi mereka.
Di akhir masa Hindu - Buddha inilah awal mula kisah kejayaan, perjuangan dan ombang - ambing salah satu Generasi Dronowijaya. Orang yang membawa perubahan besar di keluarganya, sampai anak cucunya kelak.
————————♤————————
Mojomati.
Sebuah daerah, yang tak panas dan tak dingin, tak pernah kekeringan saat kemarau dan tak pernah banjir saat hujan. Ada sebuah desa yang begitu damai dan ramai.Ada dua bocah berusia 12 tahun berlarian di pasar, saling kejar mengejar. Mereka hanya memakai bawahan yang di libetkan menggunakan kain dan membentuk seperti celana. Salah satu bocah bersurai coklat, hampir mirip seperti Wakaba dengan netra gelap, dia menunggu tak sabar rekannya di bawah naungan pohon beringin setelah berlari.
KAMU SEDANG MEMBACA
Fly (Haikyuu fanfic × Male'readers)
FanficMegantara Hanya pemuda muslim dari Indonesia. Dia pindah ke negara baru untuk menempuh pendidikannya. Disana dia mendapat teman baru, hidup di lingkungan baru, pengalaman baru dan kebenaran yang baru. Start : 1 Juli 2023 Finish : 16 November 2023 •...