Mind place merupakan metode mengingat dan memetakan ide yang amat luar biasa. Sherlock Holmes adalah sosok yang memiliki kemampuan tersebut. Ada yg tau sherlock Holmes? Biar ku jelaskan sedikit, berdasarkan beberapa copy-paste dari GoogleSherlock Holmes, tokoh rekaan karya Sir Arthur Conan Doyle ini meeupak karakter fiksi yg sangat mengagumkan menurutku pribadi. sejak pertama dipublikasi pada 1887, karya ini telah banyak ditayangkan ke berbagai bentuk media tentang seorang detektif ajaib yang cerdasnya bukan main.
Sherlock Holmes digambarkan sebagai makhluk yang sangat dingin dan sosiopat. Dia mengklaim dirinya sebagai satu-satunya detektif konsultan yang ada di muka bumi ini dengan nada sombongnya pada Inspektur Lestrade, "Tolong beri aku kasus yang sulit, sebagian besar kasusmu membosankan dan aku butuh kasus yang membuatku bergairah"
Karakter bertubuh jangkung ini dibekali kecerdasan dalam memetakan informasi yang dia sebut sebagai Mind Palace dan kemampuan 'meramalnya' yakni Science of Deduction."Aku mengumpamakan otak manusia itu seperti loteng yang kosong, aku harus memilih dengan bijak agar barang yang masuk memang benar-benar berguna", ungkap Holmes pada Watson, tangan kanan sekaligus sahabat sherlock Holmes."Aku tidak akan membiarkan hal-hal yang tidak penting atau tidak relevan untuk dimasukkan ke mind palace-ku, meskipun itu tentang bumi mengelilingi matahari atau tidak", lanjut dia.
Asal Mula Mind Palace
Metode mengingat ini ternyata sudah ditemukan sejak zaman Yunani Kuno.
Method of loci memiliki banyak nama lain, seperti memory theatre, the art of memory, the memory palace, atau mind palace seperti yang ada dalam kisah Sherlock Holmes.Teknik mind palace (method of loci) memungkinkan subjek secara berkala menghafal tata letak formasi suatu bangunan atau tempat yang dapat diimajinasikan secara spasial dalam otak.
Setelah itu, subjek menyematkan informasi yang dia inginkan ke dalam bagian-bagian dari peta spasial tersebut. Sehingga ketika subjek ingin mengingat suatu informasi, subjek akan mengunjungi daerah tempat di mana dia mengarsipkan informasi itu lalu mengambilnya seperti halnya kita sedang mengambil buku di perpustakaan.
Kunci dari mind palace Sherlock Holmes adalah kita hanya akan mengetahui suatu gagasan atau informasi ketika kita mampu mengakses cara menuju ke informasi itu.
Variasi mind palace tidak hanya terbatas pada bangunan nyata saja, namun juga dapat dibangun seluruhnya dari imajinasi.
=====
"Dengan kata lain, Ninja pemburu adalah kelompok... Yang mencegah rahasia desa mereka diketahui oleh desa lain, dengan cara membunuh ninja yg melarikan diri dari desa mereka, kemudian---"
"Itu dia! " Seru Naruko tiba-tiba, akhirnya menemukan jawaban yg mengejutkan bagi dirinya sendiri juga. Terbukti dengan matanya yg melebar sekilas, dan langsung berdiri tegak. "Senbon! Jarum senbon".
Tak menyadari, tanpa sengaja melupakan Kakashi yg sedang menjelaskan mengenai hunter-nin dari desa Kirigakure.
Semua yg disana, Tazuna dan putrinya juga anggota tim 7 lain, serentak menoleh, menatap, menangkap ekpresi terkejut dan tak percaya Naruko.
"Apaan sih kau Naruko, Kakashi sedang menjelaskan, tidak sopan" Ujar Sakura terus terang mendengus, seolah Naruko tidak jelas,tidak nyambung."mana tidak nyambung lagi".
"Ehe-he-he.. Gomen, hatake-san" Naruko dengan tak enak meminta maaf karena telah mengejutkan semua dan memotong penjelasan Kakashi.
"Tidak apa-apa" Balas Kakash, "tapi apa maksud mu senbon Naruko? ".
"Jarum yg dilempar hunter-nin dari kiri itu adalah senbon, Hatake-san" Jawab Naruko, tetap berdiri disana. Ke 3 anggota genin timnya dan Tazuna duduk dekat sekitar Kakashi, hanya Naruko dan tsunami yg berdiri.
"Kenapa kau berpikir seperti itu Naruko? " Tanya Kakashi yg tau apa itu senbon, dia ingin tau kenapa Naruko berpikir seperti itu dan entah keyakinan daeul mana dirinya juga tau kalau Naruko mengetahui sesuatu dari kejanggalan ini.
"Senbon? Apa itu ruko-chan" Naruto dengan polos dan bingung nya bertanya pada kembaran, jelas mewakili Sasuke Tazuna Sakura dan tsunami yg sama-sama tak tau.
Menoleh,menatap kembarannya dan kedua anggota timnya, Naruko memutuskan menjawab pertanyaan Naruto dulu biar lebih jelas. "Senbon jarum logam sering digunakan untuk tujuan medis, yang digunakan untuk menusuk titik akupunktur. Bisa juga digunakan dalam pertarungan, Fungsinya dapat melumpuhkan, tapi juga bisa membunuh lawan". Kembali, menatap Kakashi. "Aku yakin senbon hunter-nin itu melumpuhkan, agar kita berpikir kalau Zabuza mati, dan anak itu beneran hunter-nin".
Tepat, sekarang Kakashi tau, paham kenapa terasa ada yg janggal. " Lanjutkan, Naruko " Ujarnya ketika melihat keraguan dari rambut merah.
Naruko merasa ragu untuk menyampaikan poin penting lainnya, ia merasa tak enak menyampaikan kenyataan pada ke tiga anggota timnya juga tazuna dan putrinya. Menarik dan menghela nafas, mencoba menghilangkan keraguan nya. 'Ini dunia ninja, mereka ninja. Cepat atau lambat Mereka harus banyak menghadapi hal yg sulit dan lebih sulit lagi'.
"Hunter-nin itu palsu, Zabuza masih hidup. Mereka satu tim" Ujar Naruko langsung mengejutkan semua disana kecuali Naruko dan Kakashi.
"Apa yg kau katakan Naruko! Berhenti bercanda! " Tegur sakura tak percaya, seolah perkataan Naruko tak masuk akal, seolah Naruko sudah gila. "Kau tadi lihat sendiri, Zabuza--"
"Hunter-nin yg asli! mereka langsung melenyapkan mayat target yg sudah mati di tempat itu juga" Sela Naruko, "sedangkan hun--anak itu membawa Zabuza pergi. Kalau untuk... Sebagai bukti, kepalanya saja sudah cukup".
" Ninja pemburu mengetahui semua struktur tubuh manusia... Mereka pasti sudah mengetahui cara agar manusia bisa mati suri. Pertama, dia mau menggendong tubuh Zabuza yg mungkin lebih berat darinya. Kedua Dia menggunakan jarum yg presentase membunuhnya sangat rendah". Ujar Kakashi menambahkan, "Dari dua fakta tersebut, anak ini bukan bertujuan untuk membunuhny melainkan untuk menyelamatkannya".
"Apa kalian tidak berlebihan?" Ujar Tazuna bertanya pada Naruko dan Kakashi.
Kakashi dan Naruko menoleh, saling menatap seolah saling memahami, berkomunikasi melalui tatapan. Kembali menatap yg lain.
"Tidak" Ujar keduanya bersamaan. Pemahaman dan ikatan mendadak yg aneh.=====
===•••°°°•••===
S
enbon adalah jarum logam dengan titik di kedua ujungnya. Mereka sering digunakan untuk tujuan medis, yang digunakan untuk menusuk titik akupunktur. Mereka telah menghilangkan sedikit kekuatan, jika dilempar dengan akurasi besar. Seorang pengguna dengan pengetahuan medis yang tepat namun, secara efektif dapat menggunakan senbon dalam pertempuran untuk melumpuhkan atau bahkan membunuh target mereka harus ditujukan pada titik vital.
====°°°°====
KAMU SEDANG MEMBACA
Naruko Uzumaki_ Lanjutan
FanfictionLanjutan/sambungan dari fanfic Naruko Uzumaki. Karena kayaknya udah kebanyakan disana, makanya saya lanjut ceritanya disini. Chapter 108