Gadis ini bernama 'A-Miao' dan saat ini, hanya Joohyun yang bisa melihatnya.
A-Miao bukan nama sebenarnya. Di antara semua hantu, ada tipe spesial 'Yang', karena beberapa faktor rumit, tidak bisa dibawa ke dunia bawah oleh para dewa kematian dan hanya bisa berkeliaran di dunia orang hidup. Seiring berjalannya waktu, perlahan-lahan mereka akan kehilangan ingatan akan masa lalu, termasuk nama mereka sendiri.
Setelah semua ingatan hilang, jiwa-jiwa ini akan hilang sepenuhnya.
A-Miao adalah jiwa yang seperti itu.
Saat A-Miao bertemu Joohyun, dia sudah lupa namanya sendiri. 'A-Miao' adalah nama yang diberikan Joohyun padanya, karena suara A-Miao sangat lembut, dan tidak seperti roh lainnya, A-Miao menyukai matahari, seperti kucing malas.
A-Miao tidak ingat lagi bagaimana dia meninggal, apalagi mengingat dimana kampung halamannya. Dari aksen A-Miao, Joohyun menyimpulkan bahwa dia pasti berasal dari Timur Laut.
"A-Miao, kemungkinan besar kamu berasal dari Shanyang sebelumnya. Wanita yang menjawab telepon memiliki aksen yang hampir sama denganmu."
"Omong kosong, orang timur laut tidak punya aksen, kami berbicara putonghua!"
Putonghua secara harafiah berarti 'pembicaraan biasa'. Putonghua yang diterima secara sosiopolitik saat ini lebih mirip dengan dialek China.
Joohyun tertawa ringan, matanya melengkung.
Meskipun dia sudah melupakan sebagian besar masa lalunya, A-Miao masih memiliki keyakinan tak tergoyahkan yang dimiliki semua orang di timur laut terhadap dialek mereka.
"A-Miao, kami menginap di rumah orang lain. aku tidak tahu bagaimana kesehatannya, jadi tetaplah di kamarku dan jangan ganggu qi Nona Kang."
"Aiyah, jangan khawatir! aku sudah tahu."
A-Miao mengikuti di belakang Joohyun, melihat sekeliling. Kadang-kadang perasaan deja vu menjalari dirinya, tetapi perasaan itu digantikan kembali oleh kebingungan.
A-Miao merasa sedikit sedih. Dia telah meninggal begitu lama, sedemikian rupa sehingga dia lupa berapa tahun tepatnya, tiga tahun di antaranya dia habiskan hanya untuk mengikuti Joohyun.
Baru-baru ini, A-Miao merasakan jiwanya menjadi semakin tidak stabil. Tubuhnya mulai menjadi transparan dan terkadang dia merasa sangat kedinginan bahkan berbaring di bawah sinar matahari pun tidak membantu.
Joohyun merasa kasihan padanya jadi dia menyarankan untuk menemaninya kembali ke kampung halamannya. Mungkin jika mereka dapat memulihkan ingatan sekecil apa pun, mereka dapat mencegah kehancuran jiwa A-Miao.
Joohyun lahir dan besar di Sichuan, berusia dua puluh dua tahun dan baru saja lulus dari Institut Seni Rupa terkenal.
Dari luar, dia tidak terlihat jauh berbeda dari kebanyakan gadis lainnya, tapi dia memiliki sepasang mata khusus yang bisa melihat hal-hal yang tidak bisa dilihat oleh orang normal. Biasa disebut mata 'Yin-Yang'.
Mata yin-yang Joohyun tidak wajar.
Ketika dia berusia delapan tahun, dia dan orang tuanya sedang dalam perjalanan, bepergian dengan mobil selama liburan, ketika mereka terlibat dalam kecelakaan mobil berantai yang besar. Joohyun terlahir kurus dan kecil, dan setelah terjepit di sudut mobil dia berhasil lolos dari bencana, namun kedua orang dewasa tersebut meninggal di tempat kejadian.
Joohyun sudah lama sakit. Setelah bangun tidur, dia dapat melihat hal-hal yang tidak dapat dilihat orang lain.
Dia bertemu A-Miao tiga tahun lalu pada semester kedua tahun pertamanya di universitas.