Ada beberapa alasan kenapa seseorang mungkin ingin mencetak sebuah buku, baik untuk kepentingan pribadi maupun profesional. Berikut ini adalah beberapa alasan yang sering dikemukakan oleh para penulis:
Personal branding. Mencetak buku dapat meningkatkan citra dan kredibilitas seseorang sebagai seorang ahli, motivator, atau penulis di bidang tertentu. Jadi pentong dong mencetak buku meski belum bisa dalam jumlah banyak.
Berbagi pengalaman. Mencetak buku dapat menjadi cara untuk berbagi ilmu, pengetahuan, atau kisah inspiratif yang dimiliki oleh seseorang kepada pembaca.
Investasi masa depan. Mencetak buku dapat menjadi investasi jangka panjang yang menghasilkan royalti atau pendapatan pasif dari penjualan buku. Bisa juga untuk warisan untuk anak dan cucu kita nantinya.
Menambah portofolio. Mencetak buku dapat menjadi salah satu prestasi yang dapat ditambahkan ke portofolio seseorang, baik sebagai penulis, akademisi, profesional, atau pekerja kreatif. Contoh untuk para guru bisa mendapatakan point tambahan saat penilaian.
Penghasilan tambahan. Mencetak buku dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi seseorang, terutama jika buku tersebut diminati oleh pasar atau memiliki nilai jual yang tinggi.
Selain alasan-alasan di atas, mungkin ada alasan lain yang bersifat pribadi atau spesifik bagi setiap individu yang ingin mencetak buku. Namun, yang pasti, mencetak buku adalah salah satu cara untuk mengekspresikan diri, berkontribusi, dan berkarya bagi dunia. Semangat untuk penulis Indonesia!!
KAMU SEDANG MEMBACA
Cetak Buku Samudera Printing 2024
RandomCetak buku mudah dan hemat Cek Instagram: samuderaprinting83