Historicus • RABUSUTORI

6 2 0
                                    

Bedah Buku

RABUSUTORI

Karya
riekamput

Karyariekamput

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

•••
Blurb

❝bagaikan burung merpati, walau kau suruh aku untuk pergi, aku akan tetap kembali❞

=====

Disaat pertama kali kakinya menginjak tanah Nusantara, Sakamoto Katsuro dibuat jatuh hati dengan gadis pribumi bernama Rinjani.

Namun tidak semua keinginan akan tercapai dengan mulus, Katsuro yang notabene sebagai seorang dari negeri penjajah, tak mudah untuk dirinya diterima bagi penduduk negeri jajahan.

Begitupula Rinjani, gadis yang menyandang disabilitas tunarungu serta tunawicara tersebut pun juga dipandang sebelah mata.

Selain itu keberadaan mereka berdua sangatlah jauh, Rinjani hanya seonggok daging bernyawa yang tinggal dirumah tua bersama keluarganya yang bermata pencaharian sebagai petani. Sedangkan Katsuro, nama keluarganya sangat tinggi karena sang kepala keluarga seorang jenderal militer, berparas rupawan, sungguh sempurna.

=====

Kisah cinta yang dibumbui dengan asmara, pemberontakan, dan perjuangan. Menuntut keadilan dan kesetaraan dibalik perlawanan.

Aksi heroik dalam menyuarakan kemerdekaan. Ini adalah perjuangan untuk meraih hak asasi!

Sebuah peristiwa yang terlewatkan oleh sejarah. Sebuah kejadian yang tak tercatat dalam lembaran buku perjuangan. Hanya meninggalkan sebuah kisah yang dilontarkan dari mulut ke-mulut, tanpa ada bukti untuk dipercayai dimasa depan kelak.

••
Review

1. Dias 

Impresi pertama yang didapatkan dalam cerita ini adalah alur yang cukup cepat dan cekatan untuk sebuah novel sejarah. Tapi, justru itu yang membuat novel sejarah berlatar percintaan beda “status” antara penjajah dengan yang dijajah ini menjadi menarik. Pembaca tidak disajikan dengan romance yang menye-menye melainkan romance yang terkesan fast burn. Di awal, pembaca akan langsung mendapatkan dinamika percintaan antara Rinjani yang merupakan seorang pribumi dan Katsuro yang merupakan orang Jepang yang seakan sudah terbentuk di luar cerita. Drama dan dinamika yang disajikan lebih ke bagaimana kedua sejoli ini menjaga perilaku dan perasaan masing-masing di kala tensi peperangan masih cukup panas di kala itu. Mereka berdua juga bukan tipe pasangan yang terlalu banyak drama, namun lebih ke pasangan yang memiliki dinamika untuk berubah. 


Sayangnya, ada beberapa detail penting yang agak terlewatkan dalam penyusunan novel sejarah. Seperti detil-detil penokohan dan karakter antar tokoh yang terkesan lewat. Misalnya, Rinjani ternyata adalah seorang Tuli. Di awal memang Rinjani digambarkan berkomunikasi dengan bahasa isyarat, namun tidak ada petunjuk khusus mengenai hal itu sehingga penulis harus menambahkan keterangan di tengah. Kemudian, alur cerita yang cepat membuat word building di cerita ini agak kurang baik dari segi latar tempat maupun suasana yang dibangun. Kemudian, beberapa tokoh terlihat seperti muncul di satu bagian, namun hilang dan tidak terlalu berkontribusi di bagian-bagian lain. Selain itu, ada beberapa penggunaan tanda baca dan tata bahasa yang kurang sesuai dengan PUEBI.

2. Vera

Kisah Rabusutori karya Kak Rie ini mengisahkan tentang sepasang kekasih yang kerap dipanggil Rinjani dan Katsuro. Berlatarkan masa penjajahan Jepang, cerita ini bila diibaratkan dengan drama series, genre-nya jadi melodrama ya. Saya pribadi menyukai tipe cerita ini, kisahnya manis. Kak Rie memang pandai menuturkan cerita dengan mengalir, sehingga mudah dipahami. Bumbu drama keluarga dan romansa juga terkesan pas, tidak berlebihan, dan menghangatkan hati.

Porsinya pas di beberapa hal, namun tidak di hal lainnya, misal karakter Katsuro. Karakter pemuda ini inkonsisten. Dia diceritakan dingin dan datar di awal, kalau menurut saya saat sudah menjadi kekasih Renjani, seharusnya cara dia menunjukkan rasa cintanya selaras dengan karakternya, bukan yang banyak berbicara. Ada pula mengenai bagaimana keduanya jatuh cinta. Menurut saya, penuturan ceritanya yang manis, tetapi mereka dirasa terlalu mudah jatuh cinta dan hal itu jadi sedikit kurang masuk akal.

Salam manis,
Historicus

Recensio BookTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang