Bedah Buku
We Set Our Darker Behind Us
Karya
aurumsulistyaniBlurb:
Charlotte Peyton tidak mengharapkan apa pun akan menjadi menarik ketika dia harus tinggal bersama Ayahnya yang menetap di Texas. Setidaknya itu sebelum dia terdampar di sebuah pompa bensin di antah berantah, kehabisan bahan bakar untuk frod tua ayahnya, dan meninggalkan dompetnya di suatu tempat di bagian rumah tua ayahnya yang sangat mungkin itu adalah kamarnya, dan kemudian dia bertemu John Cooper.
John Cooper sudah lama tidak menginginkan apa pun, tapi ketika dia mengenal Charlie dia tidak bisa mengatakan hal yang sama lagi. Dia menginginkan banyak hal dari gadis pirang cantik itu. Dia punya daftar, dia hanya tidak yakin Charlotte Peyton-putri Sheriff Andy Peyton-mau melakukannya. Dan seakan John tidak punya cukup masalah di piringnya, dia baru saja dituduh sebagai pelaku pembunuhan dari beberapa mayat yang ditemukan di tanah miliknya.
- Review -
1. IchiHikaru
Pertama aku mau kasi applaus buat Kak R yang cukup berhasil membangun suasana cerita. Entah kenapa ya. Dari bab pertama di kelapaku langsung tervisualisasi ala-ala film Hollywood. Mungkin karena penggambaran settingnya juga mendukung banget.
Sejujurnya agak kaget sih waktu cerita dibuka dengan penemuan mayat. Dengan hati yang masih syok aku bertanya-tanya, "Apakah Kak R diam-diam suka nulis cerita tentang kriminal?"
Tapi sepertinya fokus cerita ini nggak akan terlalu ke sana ya. It's okay. Tapi aku berharap ke depannya misteri ini bakal terungkap, eheUntuk penulisan dan PUEBI, yah, apa yang bisa aku komentari? Paling cuma ada beberapa kesalahan minor yang mungkin bisa diperbaiki sambil revisi.
Cuma ini sih. Mungkin pengaruh bacaan Kak R yang kebanyakan novel Barat. Jadi gaya bahasanya juga mirip novel terjemahan.
Tapi ada beberapa bagian yang, gimana ya sebutannya, "terjemahan banget" gitu. Ada beberapa kalimat yang kek di-translate langsung dari bahasa Inggris, dan jadinya sedikit aneh. Saranku mungkin Kak R bisa cari lagi padanan kata yang lebih cocok di bahasa Indonesia.
2. ayaaJOY
Kurang lebih sama sih kayak Kak Nita. Gaya bahasanya oke banget, enak dibaca, rapi. Serius kaget pas baca bab pertama, maksudku tentu saja genrenya Romance, terus tiba-tiba mereka nemuin mayat di siang bolong, excuse me? 😭 Sukses bikin aku penasaran. Sebenarnya mayat siapakah itu? Dan apa hubungannya sama Charlie atau tokoh lain mungkin ....
Kalau Kak R yang nulis memang nggak usah ditanya lagi. Mengenai gaya bahasa yang kayak terjemahan itu, aku pribadi nggak masalah karena sering baca novel terjemahan juga. Tapi kebanyakan pembaca memang nggak nyaman kalau bahasanya terlalu baku. CMIIW.
3. Lisaa_Lien
Romansa dewasa, first time aku baca romance kayak gini. Aku berasa membuka jendela yang baru. Syok dikit tiba-tiba ada mayat, tapi gak apa-apa aku suka mayat. Aku harap nanti unsur mayatnya gak cuma jadi tempelan.
Alur cerita no comment, PUEBI dan penulisan ... saranku buat penggunaan bahasa asing bisa pakai italic. Buat gambaran suasananya udah kena, ala-ala barat. Gaya bahasanya aku juga suka cuma berasa baca novel terjemahan, mungkin bisa diperhalus lagi bahasanya(?) jangan terlalu baku aja sih.
4. orisonace
Pertama, aku suka banget sama blurbnyaaa! Bikin penasarannya dapet, ada sedikit gambaran soal isinya juga, pokoknya blurbnya tipe aku banget.
Walaupun udah baca blurb, aku tetep aja kaget sama gaya bahasanya yang terjemahan banget. Aku memang suka baca novel terjemahan, tapi yang kali ini tu beda. Aku nggak masalah sama sekali sih, ini cuma cukup baru buatku. Sama kayak hal yang dimention Kak Nita, ada beberapa dialog dan narasi yang terlalu kaku.
Untuk plotnya sendiri aku suka, sejauh ini aku belum ngerasa bosen. Temponya nggak terlalu lambat dan nggak terlalu cepet.
Oiya, awalnya aku agak bingung waktu Charlie manggil ayahnya pake nama alias Andy. Aku pikir Kak R salah ketik, ternyata Charlie emang belum terbiasa manggil Dad, yah?
Semangat nulisnya Kak R!!! Ditamatin yah ehehehe 🤍
5. kenzopeter
Review dariku kurang lebih sama kayak yang lain wkwkwk. Kesan pertama waktu baca novel ini langsung ingat kalau kak R nih sering sw-in novel-novel barat, dan kukira tulisannya ini terpengaruh sama bacaan dan tontonan. Pokoknya baca ini berasa baca novel terjemahan sih emang.
Setiap adegannya menarik dan gak mainstream untuk seukuran novel Indonesia. Meskipun beberapa orang yg gak pernah baca novel atau nonton film barat bakal bingung sama diksi yang dipakai. Aku sih aman aja setelah tau tujuan kak R tulis novel ini untuk kepuasan pribadi.
Adegan di awal bisa dibilang mengecoh, kukira seterusnya novel ini bakal bahas crime dan thriller. Ternyata gak begitu.
Memuaskan👌✨.
Sal manis,
Romantory
KAMU SEDANG MEMBACA
Recensio Book
RandomKali ini, Black Pandora Club menghadirkan kemudahan bagi kalian para pembaca Wattpad untuk mengenal karya-karya master piece dari para member BPC, hanya dengan melalui satu "portal teleportasi" saja. Eits, tunggu dulu. Portal teleportasi? Yaps! Kont...