بسم الله الر حمن الر حيم
Ini bukan update, ya.
Disini aku mau sedikit membagikan ilmu yang aku ketahui. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya, ya.Besok, kan, udah mau mulai puasa Ramadhan hari ke satu. Nah, aku mau sedikit membagikan beberapa hal yang harus dilakukan ketika bulan Ramadhan. Simak baik-baik, ya.
-Membaca surat Al-Fath pada malam pertama bulan Ramadhan (Kalau gak salah surat Al-Fath ada di juz 26 kayaknya. Bukan aja Al-Qur'annya.)
Yang dilakukan Nabi Muhammad tiap datang malam pertama bulan Ramadhan, beliau membuka Ramadhannya dengan surat Al-Fath.-Kapan bacanya?
Boleh dalam shalat, shalat ba'diah magrib atau shalat qobliyah isya itu lebih bagus, tapi misalnya enggak dalam shalat, diluar shalat, pun, gak jadi masalah.-Keutamaan:
•Akan dilindungi Allah dari segala bahaya/musibah serta diberi ketenangan hidup.
•Akan dimudahkan badannya untuk melakukan amal ibadah.
•Dirinya akan dibentangi oleh Allah dari perbuatan maksiat.-Nabi jika sudah melihat masuknya hilal Ramadhan, beliau berdoa:
اللَّهُم أهِلَّه علينا با لأَ من والإيمان، والسلامة والإسلام، ولعافية المجللة ودفاع الأسقا م، والعون على الصلاة والصيا م وتلاوةالقرآن
اللهم سلمنالرمضان وسلمه لنا وتسليمه منا حتى يخرج رمضان وقد غفرت لن ورحمتنا وعفوت عنا“Ya Allah, jadikan masuknya bulan ini bagi kami bersamaan dengan masuknya rasa aman, keimanan, keselamatan, afiyah, jauhnya dari penyakit, dan pertolongan darimu untuk melaksanakan shalat, puasa, dan tilawatul Qur'an.”
“Ya Allah, sampaikanlah kami dengan selamat menuju bulan Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepada kami, serta terimalah bulan Ramadhan tersebut dari kami.”
•Ulama mengatakan bahwa do'a ini terdapat banyak sirr dan rahasia yang bisa membantu seorang hamba beramal Sholih di bulan Ramadhan. Karena do'a ini adalah do'a Nabi Muhammad SAW. Do'a yang pasti langsung di ijabah oleh Allah SWT.
-Yang harus kita jaga pada bulan Ramadhan:
1. Puasa meminta kepada Allah agar dapat berpuasa dengan benar, puasa kita dijaga dari dosa2 yang terkait dengan lisan dan mata.
5 perkara yang membuat batal habis pahala puasa seseorang:
• berbohong
•ghibah
•sumpah palsu
•adu domba
•melihat dengan syahwat.Ketika puasa berhenti membicarakan orang, karena membicarakan aib orang lain membatalkan pahala puasa, jangan sampai pahala puasa kita habis hanya karena kita membicarakan aib orang lain, jagain puasa kita, lisan kita dijaga agar jangan menyakiti orang, jangan membicarakan orang, dan jaga puasa kita dari makanan yang haram baik dari bahan2 yang haram, atau uangnya di dapat dengan cara yang haram.
2. Menjaga shalat tarawih, jangan sampai ditinggal: ketika bulan Ramadhan antara siang dan malam yang lebih bagus yaitu malamnya.
3. Perbanyak membaca Al-Qur'an:
diusahakan ada khataman Al-Qur'an selama bulan Ramadhan.Yang harus dikurangi pada bulan Ramadhan:
1. Kurangi makan, jangan sampai kamu tidak mengurangi makan, tapi hanya menggeser jadwal makan. Berhenti makan sebelum kenyang.2. Kurangin tidur. Jangan sampai ketika bulan Ramadhan kamu terlalu banyak tidur.
3. Kurangi ngobrol. Terlalu banyak bicara khawatir ada membicarakan orang, khawatir ada bohongnya, aman-amannya dibulan Ramadhan kurangi ngobrol.
-Dari ustadzah Halimah Alaydrus.
Wallahu alam bishowab.
Syukron.
Semoga bisa bermanfaat bagi kalian.Oh, ya. Aku mau Hiatus dulu selama bulan Ramadhan ini. Mau balik ke pondok. Nanti in syaa Allah, akan balik lagi setelah bulan Ramadhan. Kira-kira sekitar tanggal 10-15 Syawal. Jadi lebaran hari ke 10 baru balik lagi kesini.
Afwan, kalau jika kalian nunggu ceritanya lama, atau ngegantung.
Semoga kalian masih betah stay baca di cerita ini. Dan jika Allah mengijinkan, pasti nanti aku akan balik lagi dan ngelanjutin cerita ini.
See you👋.
Jaga baik-baik diri kalian.
Semangat ngejalanin ibadah puasanya!
Jangan lupa baca Al-Qur'an, sholat Sunnah tahajjud dan Dhuha-nya juga dikerjakan walaupun hukumnya Sunnah.
Diusahakan juga minimal khatam Al-Qur'an sebanyak 3x.Pokoknya, do'a-do'a baik untuk kalian semua.
KAMU SEDANG MEMBACA
Lauhul Mahfudz [Hiatus]
Novela JuvenilJodoh itu ada dua. Antara kematian atau pelaminan. "Manfaatnya pacaran apa, sih? Bukannya hanya sekedar menjaga jodoh orang? Udah gitu dapet dosa lagi." "Dengerin ya, jodohmu itu udah di setting sama Allah. Jadi, gak usah pacaran-pacaran. Malah namb...