A. TENTANG IFA
IFA adalah singkatan dari Indonesian Fanfiction Awards, sebuah ajang penghargaan bagi karya dan author fanfiksi berbahasa Indonesia terbaik yang dibagi dalam kategori-kategori yang dianugerahkan.
IFA pertama kali diadakan pada tahun 2008. Awalnya dilaksanakan terbatas di Infantrum dengan metode penjurian. Pada tahun 2009, IFA mulai disosialisasikan keluar Infantrum dan dilaksanakan dengan metode polling. IFA 2010 sukses dijalankan di luar Infantrum dengan metode penjurian-polling, serta menggunakan media yang mudah diakses oleh semua orang. Melalui kuesioner yang diadakan panitia, format ini dirasa telah sesuai dan bisa digunakan pada penyelenggaraan IFA di tahun berikutnya. a
Pada IFA 2012, IFA tidak hanya lagi dikhususkan untuk fanfiksi-fanfiksi di FanFiction.Net (FFN) saja, tetapi juga mulai mengikutsertakan fanfiksi-fanfiksi dari Archive of Our Own (AO3). Pada tahun 2016, penentu peraih penghargaan IFA ditentukan dengan metode penjurian berbanding polling.
Pada IFA 2020, Indonesian Fanfiction Awards kembali melebarkan sayapnya. Wattpad dirasa sesuai dan tepat mengingat cukup besar persebaran fanfiksi berbahasa Indonesia dari platform ini.
B. IFA 2024I
FA 2024 merupakan kali ke-17 diadakan, terhitung sejak IFA 2008. Metode penjaringan nominasi melalui online-sheet/spreadsheet yang akan memudahkan setiap orang dalam mengakses dan mengisinya.
Setelah nominasi selesai, akan dilakukan tahap seleksi syarat umum oleh panitia IFA. Untuk IFA 2024 terdapat aturan baru, yakni pembatasan maksimal penominasian sebuah karya dan author. Penominasi hanya dapat menominasikan satu judul fanfiksi ke dalam maksimal 3 subkategori dalam kategori fanfiction. Sedangkan untuk author, penominasi hanya dapat menominasikan satu nama author ke dalam maksimal 2 subkategori dalam kategori author. Setelah dinyatakan lolos, karya akan dikirimkan kepada juri IFA 2024 untuk dinilai sesuai parameter yang sudah ditetapkan.
Pada akhirnya, akan diambil 3 karya terbaik dari masing-masing subkategori untuk maju ke tahap polling. Selain itu, ada juga kategori "Fanfictions of The Year". Penghargaan ini diberikan kepada 3 (tiga) fanfiksi oneshot dan 3 (tiga) fanfiksi multichapter yang dinilai sebagai 6 (enam) terbaik dari seluruh fanfiksi yang maju ke tahap polling, manapun subkategorinya. Kategori ini tidak menggunakan sistem voting lagi, sebab hasilnya murni dari penjurian.
Selain fanfiksi, Indonesian Fanfiction Awards juga meliputi penghargaan untuk Kategori Author, Favorite, dan Fandom, selama masih dalam lingkup perfanfiksian.
Secara ringkas, alur kegiatan IFA 2024 adalah sebagai berikut :
Partisipan menominasikan karya melalui formulir nominasi online.
Panitia menyeleksi seluruh nominasi berdasarkan syarat dan ketentuan seleksi teknis I dan II (lebih lengkap dapat dibaca pada 'Pesan Nominasi' yang akan dirilis pada bulan nominasi.)
Juri menilai karya yang dinyatakan lolos seleksi teknis oleh panitia.
Untuk kategori fanfiksi dan author, panitia mengambil 3 karya dari tiap subkategori dengan nilai tertinggi untuk masuk ke tahap polling. Sementara kategori di luar fanfiksi dan author, akan diambil yang paling banyak dinominasikan.
Partisipan memberi suara lewat polling di tempat yang sudah disediakan oleh panitia.
Panitia melakukan rekapitulasi kembali untuk menghitung nilai akhir, yaitu khusus kategori fanfiksi dan author nilai perbandingannya adalah 7:3 (nilai juri : hasil polling). Sementara di luar kategori fanfiksi dan author hanya diambil dari perolehan polling.
Pengumuman penerima penghargaan akan disebarluaskan melalui seluruh media sosial resmi IFA.
C. INOVASI IFA 2024
KAMU SEDANG MEMBACA
INDONESIAN FANFICTION AWARDS 2024
General FictionIFA 2024 merupakan kali ke-17 diadakan, terhitung sejak IFA 2008. Saat ini terdapat lebih dari 20 kategori yang dianugerahkan di IFA 2024. Secara garis besar, berikut ini alur IFA 2024: - Karya/author dinominasikan di form nominasi - Jika lolos sele...