"Happy wedding buat anaknya ya, Mbak Ita. Semoga sakinah mawaddah warahmah."
"Eh, iya makasih, Teh Irma. Semoga bisa cepet nyusul juga ya."
Di tengah libur panjang kuliah gue, mama minta gue dan papa buat ikut datengin kondangan anak temennya, itung-itung makan gratisan yakan. Resepsi nikahannya berlangsung di sebuah ballroom hotel, mengusung tema semi-tradisional. Gue juga bisa melihat kedua mempelai dengan baju adat yang udah dimodifikasi jadi sedikit lebih modern, sedang berdiri di pelaminan menyalami orang-orang yang hadir sebagai tamu undangan. Pasti capek.
Dan disinilah gue, duduk sama papa di salah satu meja yang letaknya gak jauh dari tempat mama sekarang. Biarlah mama cepika-cepiki sama temennya sementara gue menyantap hidangan kondangan, gue juga ga kenal sama temennya mama yang itu.
Tapi kemudian, mama malah manggil gue, nyuruh salim sama si emaknya mempelai wanita yang merupakan temennya mama.
"Ini anak yang pertama, Teh?"
Temen mama yang gue tau bernama Tante Ita itu bertanya setelah gue menyaliminya. Gue cuman tersenyum bisnis, berusaha bersikap sopan meski sebenernya gue ga pengen basa-basi sama emak-emak.
Mama gue pun ngejawab, "Engga, Mbak. Ini yang kedua, yang masih kuliah."
"Oh, yang Yasmin itu ya?"
Gue refleks noleh ke mama. Mama suka ceritain gue ke temennya?
"Iya, ini yang Yasmin."
Gue kembali tersenyum 'bisnis' sambil sedikit mengangguk. Duh, pasti bakal lama nih basa-basinya.
"Yasmin kuliah jurusan apa, Nak?" Tante Ita kembali bertanya.
Gue menjawab singkat, "Tafsir Qur'an, tan."
"Oh, MasyaAllah, hebat ya."
Waduh, tan. Dipuji gitu jadi seneng gue. Gue kembali tersenyum haha-hehe, mencoba terlihat serendah hati mungkin meski kenyataannya gue berasa lagi terbang abis dipuji sama emak-emak ga dikenal.
"Kamu mau ngga, sama anaknya tante? Salma punya kakak cowok belom nikah, lho."
INI APA YA ALLAH TIBA-TIBA??? GUE DATENG KESINI LITERALLY CUMA MAU NUMPANG MAKAN DOANG TIBA-TIBA DITAWARIN COWOK??? LAGIAN SALMA SIAPA CUY???
Kemudian, baru ingetlah gue kalo si Salma adalah orang yang sekarang lagi nikahan.
Mama yang berada di samping gue cuma ketawa denger pertanyaan tiba-tiba dari Tante Ita. Barulah beliau menjawab, "Si Yasmin katanya mau fokus jadi orang kaya dulu, Mbak. Katanya mau nikah sama raja minyak."
Weh. Itu kenapa penjelasannya malah ngejelek-jelekin gue, dah?
"Oalah sukanya yang raja minyak, ya."
Ya elah. Bahkan Tante Ita pun nganggep serius omongannya mama. Makin jelek aja image gue di depan orang yang baru gue kenal selama 5 menit ini.
Setelah menambah durasi basa-basi kurang lebih 5 menit lagi, gue pun akhirnya berhasil kabur dari lingkaran sesat itu. Serem, dah, ibu-ibu kalo ngumpul. Malah gibahin temennya yang lain, padahal anaknya lagi nikahan. Kacau!
Dan ternyata, bapak gue udah daritadi balik duduk ke meja yang tadi. Hebat betul beliau.
"Yasmin ngga mau ngambil makan?" Tanya bapak gue santai, berpaling sejenak dari yutup yang ditontonnya.
Gue cuman diem, menganalisis. Alah, pasti orang satu ini mager ngambil makan dan lagi asik nonton review mobil di beranda yutup-nya.
Gue menghela napas, mengalah. "Iya tak ambilin."
Gue pun melihat ke sekeliling. Jika di suatu kondangan terdapat keramaian di satu titik, bisa dipastikan kalo itu adalah tempat makannya. Maka cuslah gue menuju target destinasi, mulai mengambil peralatan makan dan kemudian mengantri untuk mengambil makanan yang tersedia.
Sepertinya yang nikahan orang kaya bukan main! Ada banyak menu yang tersaji disini. Mulai dari masakan Perancis, Italia, dan juga Indonesia???? Saking amazed-nya gue sama menu makanan yang terlalu bervariasi ini, gue pun memutuskan untuk mengambil beberapa menu yang sekiranya cocok dan cukup untuk 'mengganjal lapar' bapak gue. Karena bapak gue tuh pemilih banget soal makanan, ga mau sembarang makan makanan berat kalo ternyata they taste so bad.
Setelah mengambil dua menu ringan, gue kembali ke meja tempat bapak gue nongki nontonin mobil. Ternyata masih asik nonton yutup beliau. Saking asiknya, ampe ga sadar kalo gue udah naro itu piring dengan sejuta menu di depannya.
Bapak gue menyingkirkan hapenya sejenak, menatap lamat-lamat makanan pada piring di depannya. Gue cuman bisa duduk tegang di hadapannya, udah kayak peserta Master Chef yang masakannya lagi dicobain Chef Juna. Beliau pun mengambil garpu, menyodok sepotong garlic bread dan mencocolnya ke cream soup.
Gue menelan ludah tegang. Kalo udah review makanan kayak gini, bapak gue bisa lebih jahat dari Gordon Ramsay soalnya.
"Terlalu kentel soup-nya, ini juga terlalu keras. Kasian papa susah ngunyah ini," itu adalah omelan pertama papa soal makanan di kondangan ini.
Papa kembali menyendok spaghetti carbonara dengan garpunya, perlahan memakannya dengan sangat elegan. Meski wajahnya keliatan santai ketika ngunyah, sedetik kemudian, beliau kembali menatap gue dengan tajam.
"Makanan apa ini! Mateng aja belom!"
Dan kemudian, papa nunjukin ke gue kalo beberapa helai spaghetti-nya ada yang masih kaku. Gue ikutan menggeleng, parah banget sih bro!
"Udah Pa ga usah diabisin, aku ambilin nasi aja gimana? Keknya tadi ada bebek deh," tawar gue, menyingkirkan piring tadi dari hadapan papa sebelom doi ngobrak-ngabrik meja.
Papa cuman ngangguk. "Tolong sekalian ambilin minum ya, Yas. Papa seret nih makannya."
Nah kan salah lagi gue.
Sesuai janji gue ke papa, gue kembali ke meja tempat hidangan disajikan. Gue mengambil piring yang baru, mengambil menu yang udah biasa dimakan sama orang Indo aja biar ga banyak komen kayak tadi spaghetti dan temennya.
Ngomong-ngomong, bapak gue adalah pecinta bebek nomor satu. Meskipun kedengerannya udah biasa makan bebek, justru karena udah biasa makan itulah yang gue takutin kalo papa malah bakal makin ngamuk kalo ternyata bebeknya juga kurang masak. Biar mengurangi kemungkinan amukan itu, gue pun ngide aja dengan menambahkan sepotong daging yang keliatannya enak banget itu.
Tapi ketika gue lagi milih-milih daging yang paling gede, tiba-tiba aja ada orang yang nahan tangan gue dari meletakkan daging tersebut di atas piring.
Gue sontak menoleh, sedikit offended, apalagi setelah melihat kalo orang yang nahan gue barusan adalah laki-laki. Itu berarti, dia baru aja megang lengan gue.
Dia diem, gue juga diem. Mata kita sama-sama menyipit, seolah menilai satu sama lain, yang sebenernya itu ga sopan samsek. Dia tinggi dan berpakaian rapi, cakep juga kalo kata gue. Tapi dari cara dia ngeliat gue yang seolah-olah ngehina gue itu, gue tau ni orang ga secakep keliatannya.
"Saya kira mbaknya muslim," itu adalah ucapan yang dia lontarkan setelah kurang lebih 3 detik diem doang.
Gue menatap bingung. Ngaco apa? Udah jelas gue pake kerudung gini?
Dia masih ga ngomong apapun, cuma menunjuk ke sebuah tulisan menggunakan dagunya. Ga sopan, asli. Tapi kemudian, gue baru nyadar kalo palang tersebut bertuliskan 'Contains pork / Mengandung babi'. Dan sedetik kemudian, gue reflek ngelempar itu daging dan capitannya kembali ke asalnya.
Gue yang baru sadar kalo gue terlihat sangat bodoh pun mencari alasan. "Saya kira ini nikahannya orang muslim? Kenapa ada daging babi juga disini?"
Tapi orang itu cuma mengangkat kedua bahunya, seolah-olah ga peduli. "Ini Bali, mbak, semua orang bisa aja hadir disini. Tinggal mbaknya aja mau toleransi atau engga."
Dan setelah mengatakan hal itu, dia pergi begitu aja, seolah-olah menjadi orang paling hebat. Dari cara dia jalan, dia ngomong, dan dia naruh kedua tangannya di saku ketika dia jalan, gue langsung tau kalo dia adalah orang yang sangat sombong.
Gue masih mematung speechless, tapi baru inget kalo bapak gue udah nungguin daritadi makanannya. Setelah gue mengambil air di gelas, gue pun kembali menghampiri papa. Idih ternyata malah balik nonton review mobil. Mama malah udah duduk di samping papa, sambil makan salad buah di depannya.
"Aku lama ya?" kata gue berusaha bertindak seolah-olah gue ga abis ribut sama orang.
Papa cuman natap sekilas, nge-pause tontonannya. "Emangnya disana rame ya?"
Gue ngegeleng. "Engga kok pa, cuman tadi nyari air agak muter-muter dulu."
Boong. Gue abis ribut ama orang. Tapi mungkin kalo bukan karena dia, gue udah ngasih makan daging babi ke bapak gue sendiri.
"Yas, kamu liat orang yang itu ga?" Mama tiba-tiba nunjuk ke seorang laki-laki berpakaian rapi yang lagi berdiri sambil megang gelas di tangannya.
Gue cuman mengangguk. "Kenapa emang?"
"Itu loh, anak cowoknya Tante Ita yang tadi dibilangin."
Gue auto melotot. Dih? Itu orang yang mau dikenalin ke gue sama emaknya? Awikwok skali!*
KAMU SEDANG MEMBACA
arunika
Romantik"Saya kira mbaknya muslim." Cuman 1 kalimat, tapi udah cukup bikin Yasmin Adiba tersinggung bukan main kalo aja dia ga punya adab terhadap lawan jenis. Kirain cuma bakal ketemu sekali, tapi yang namanya emak-emak ada aja kelakuannya buat dapetin men...