mau dibawa kemana?

163 16 7
                                    

Jauh sebelum new sampai ke kosan, tawan dan off sudah duduk ganteng di kosan arm alias kos yang mereka jadikan basecamp sementara. Dulu, kosan papa jack cuma diisi arm dan kak leo, kating dari ilkom. Soalnya papa jack sama istrinya masih ikut tinggal di rumah itu. Sekitar 3 bulan setelahnya dan arm disibukkan dengan persiapan semester 2, barulah papa jack dan istrinya pindah. Sehingga kosan yang semula diisi dua orang itu pun bisa bertambah.

6 bulan lebih lamanya kosan papa jack cuma diisi oleh arm. Selepas kak leo lulus sebulan setelah papa jack tinggal di rumah baru, kosan itu sepi. Arm sih gapapa kalo serumah diisi dia doang, toh kalo malem off sama tay suka nginep disitu. Soal sewa pun arm juga yang bayarin semuanya, maklum anak orkay.

Kenapa off dan tay ga ngekos disitu aja? Awalnya sih mau-mau aja, tapi kalo mereka ngekos, apartemen mereka gimana dong?.
Awalnya arm juga gamau ngekos, tapi berhubung istri papa jack itu bestie mamanya, jadi arm disuruh ngekos disitu. Untung kosannya bagus, kalo enggak mah udah ditinggal kabur beli apartemen sama dia.

Arm enjoy aja bayarin semua biaya kos— yang lebih mirip rumah pribadi karena ditinggali dia sendiri itu. Bahkan kadang arm juga ngajak alice buat nginep. Enggak ya jangan berpikiran macem-macem soalnya emang pure nginep karena sahabatan (friendzone sampe sekarang ㅠ ㅠ). Karena off dan tay juga jadinya sering ketemu alice, maka jadilah mereka sahabatan dan satu geng sampe sekarang.

Alice yang punya pemikiran lebih luas dibandingkan dengan ketiga teman cowoknya itu akhirnya ngasih saran gimana kalo arm nyari anak-anak baru yang mau ngekos disitu. Awalnya arm mah gamau, soalnya menurut dia kalo dia nerima anak lain tandanya alice gabakal sering main kesini, peraturannya emang gaboleh ada cewek masuk sih, tapi karena arm sendirian di rumah itu ya diterobos aja sama dia. Toh kalo macem-macem gampang, ada rumah pak RT di depan sana, alice bisa tinggal teriak aja, kecuali sama-sama mau dan keenakan si. eh....

Sampai pada titik dimana arm masuk semester tiga, ada maba cowok yang dari penampilannya serampangan banget. Kalo dari penampilannya mah ga meyakinkan untuk dijadikan kos mate dan arm ga mau kalo sekosan sama orang gak bisa diatur.

Namanya gunsmile, maba yang dibawa off dan anehnya alice juga kenal. Setelah cerita panjang lebar ternyata gunsmile dulu pernah satu sekolah sama alice. Alice juga yang meyakinkan kalo baiknya arm nerima gunsmile ini. Awalnya ragu lah ya jelas, tapi ternyata emang beneran si gunsmile ini asik. Buktinya arm pernah dibuat ketawa ngakak sampe ikutan sedih pas gunsmile cerita soal keluarga dan ceweknya.

Setelah gunsmile masuk jadi penghuni kosan itu, dia bawa satu anak lagi. Bocahnya masih SMA, tapi udah lengket banget sama gunsmile soalnya mau masuk teknik juga. Namanya bright, bocah STM yang menurut arm ganteng, tapi masih gantengan arm lah. Arm awalnya kepo kok masih SMA udah mau ngekos? Alesannya biar nanti gausah cari kosan lagi. Untungnya beneran masuk universitas tempatnya dan gunsmile kuliah, kalo enggak mah ya nyaho.

Dua bulan sebelum masuk perkuliahan, bright yang jadi maba, gunsmile yang pas itu semester 3 dan arm semester 5, ada anak SMA lagi yang mau ngekos disitu. Namanya krist, anak lulusan SNBP yang aktif banget ikut kegiatan. Karena kayaknya krist lebih baik daripada modelan gunsmile dan bright yang lebih dulu ngekos disitu, tanpa pikir panjang si arm langsung setuju.

Arm kira cukuplah kosan papa jack isinya cuma 4 orang. Tapi kok kasihan ya sama krist sendirian di lantai atas. Soalnya 3 kamar bawah udah terisi semua, dan rumah papa jack termasuk besar kalo lantai dua cuma diisi krist doang. Kebetulan atau emang jodoh, alice yang pas itu jadi panitia ospek cerita kalo dia lihat anak gemes di fakultasnya dan mereka lagi cari kosan. Karena ini maba gemes-gemesannya alice, arm langsung setuju gitu aja. Dan akhirnya duo krucil new gun masuk ke kosan papa jack sampe sekarang.

Arm yang terbiasa menjadi tunggal sekarang harus jadi kakak, jadi abang, jadi bapak dan jadi teman buat anak-anak kosan. Awalnya dia mau ngeluh, mau egois, tapi jiwa perfeksionisnya meronta kalo ninggalin anak-anak kosan yang mirip iblis kecil itu. Akhirnya dengan segenap hati yang lama-lama berubah sayang arm beneran jadi sosok yang bisa mereka jadiin tuntunan. Dan arm menikmati perannya itu sampai sekarang, termasuk juga jadi bapak dadakan dari salah satu anak kosannya, si New, beruang kosan.

Jujur aja arm gak pernah musingin hubungan kedua temennya. Arm terlampau paham gimana sifat dan watak dari off dan tay, sama-sama susah serius. Udah khatam arm dengerin cerita gimana kedua sahabatnya itu bermain-main. Alice sebagai satu-satunya cewek diantara mereka udah sering ngasih tau, tapi alesan dari dua mulut neraka itu sih bilangnya cuma penjajakan sebelum ketemu yang beneran buat diseriusin.

Tay itu temen arm yang paling bisa diandalkan dibanding off (iyalah orang segeng isinya cuma 4 —_—).
Anaknya friendly abis, kayaknya kalo diabsen seluruh kota jadi temennya dia semua. Arm seneng dong punya temen banyak relasi gini. Tapi, cukuplah jadi relasi aja, soal hati jangan.

Track record tay bukan kayak off yang suka gonta-ganti pasangan, walaupun mantan tay juga lumayan lah kalo diitung. Kebanyakan putusnya sih gara-gara tay terlalu friendly dan ga punya waktu. Makanya arm agak khawatir pas tay bilang dia naksir sama new.

New itu kalo arm boleh jujur udah kayak adiknya sendiri. Iya semua anak kosan emang udah dianggap adik sendiri, tapi new beda. Dari hari pertama new datang trus keceplosan bilang naksir kak arm dan berakhir rebutan sama krist gun, arm udah mau jaga new baik-baik. Bukan karena apa, tapi new itu kayak boneka bulu yang gampang terurai kapasnya. Bahkan arm pernah marah ke tay gara-gara malemnya dia mergokin new nangis sambil angkat jemuran di loteng. Alasan nangisnya karena liat tay jalan sama lee, temen deketnya si tay. Sejak saat itu juga arm selalu ngewanti-wanti kalo emang beneran suka ya seriusin, bukan ditinggal gantung gini. Jawaban tay mah iya-iya aja, arm juga bingung soalnya tay keliatan naksir tapi masih kosong.

"Lo beneran mau ngajak new cari referensi kan?"
"Iya arm"

Arm numpuk kertas hasil coretan skripsinya trus beralih ke tay yang lagi ngetik sesuatu di laptopnya.

"Gue ingetin lagi—"
"Iya paham"
"Gue belum ngomong"

Tay malah ketawa, arm males nih soalnya tay tuh kayak off, suka susah diajak bicara serius.

"Awas lo peng kalo macem-macem bapaknya galak!"

Off dan tay tertawa trus tos-tosan didepan arm yang kalo dibiarin lama bisa berasap kepalanya.

"Arm, gue tau lo seperduli itu sama new, tapi perasaan suka gue juga beneran"

Sekarang arm yang diam. Dia udah sering lihat tay ngomong serius pas masih di mode kating teknik, tapi sekarang ketika temen baiknya itu ngomong soal perasaan, dia diem gitu aja.

"Gue harap main-main lo udah selesai ya tay"

Tay cuma jawab pake deheman trus nutup laptopnya.

"Emang mau lo ajak cari referensi dimana peng? Bukannya referensi bab 2 lo udah ada semua ya?"

Off kepo juga sih soal rencana temennya itu. Soalnya kalo off ada di posisi tay mah udah dia ajak gemes-gemesannya itu ke—

"Ke hotel"
"Si anjing!!!"

Dan tay dilempar bantal sambil digebukin oleh arm dan off.
.
.
.
.
.
.
.
.
Kalian bosen ya sama cerita ini?☹️
Mau konflik aja kah?

Origami | TayNewTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang