Kadang gak enak juga yaa jadi anak psikologi. Harus bisa menempatkan diri disetiap kondisi. Harus professional, even bukan psikolog tapi gelar lulusan psikologi di mata orang luar bikin gue ngedorong diri sendiri buat bersikap selayaknya psikolog. Netral disetiap dengerin cerita orang lain. Mungkin mudah dilakuin kalau itu orang lain yang gak dikenal. Beda lagi kalau itu orang yang lagi lo suka. Boom nya lagi, dia cerita soal perasaan dia ke orang lain.
"Dulu aku sempet lost contact sama temen baik aku"
"Aku jaga hati buat dia"
"Tapi aku gak pacaran sama dia"
"Menurut Kak Gea, aku salah gak jaga hati buat dia"
Kalau jadi gue, apa yang akan kalian lakuin? Di posisi ini, gue bingung harus menempatkan diri sebagai siapa. Orang yang ada perasaan buat dia, atau sebagai anak lulusan psikologi. Pikiran gue penuh dengan scenario-scenario yang gue buat sendiri.
"Salah laahhh, ngapain lo jaga hati buat orang yang gak kasih feedback positif ke lo!!!!!"
"Dia itu gak suka sama looo"
"Harusnya lo sadar, disini ada gue yang nungguin looo!!!"
Sayangnya itu cuma ada di otak gue doang. Semua kata-kata itu gabisa gue ketik dan kirim ke dia. Jari-jari gue terlalu kaku buat ngetiknya.
Gue baca chat yang dia kirim berulang kali. Dan gue sadar, dia lagi butuh bantuan. Dia butuh temen buat cerita dan ngasih dia masukan. Gue gak mau egois. Akhirnya jari-jari cantik gue ngetik dan ngirim teks ini ke dia.
"Gapapa ki, gak salah kok kalau emang kamu mau jaga hati buat seseorang. Tapi menurutku kamu juga harus kasih batas waktu ki. Kamu liat responnya gimana. Kalau dia ngasih feedback positif, just go ahead. Tapi kalau engga, kamu harus tau kapan kamu harus berhenti. Kalau gak gitu kamu yang bakal sakit ki, itu sih dari aku ki"
Setelah ngetik kalimat panjang itu, gue sadar. Kalimat itu gak cuma berlaku buat dia, tapi buat gue juga.
Gue gabisa nyalahin dia buat setiap reaksi diri gue atas semua perlakuan dia siih. Hati mungil gue emang terlalu lembut, jadi kalau kesentuh dikit efek nya lumayan nyebelin buat gue. Gue suka waktu dia bilang bakal jagain gue, mau dengerin cerita-cerita random gue, video call sampai kadang kita sama-sama ketiduran. Dan kayanya mulai sekarang gue harus menata lagi hati gue. Gue gak boleh buang-buang banyak waktu di tempat yang gak nerima kehadiran gue. Tapi gue gak mau terlalu buru-buru juga. Gue akan nikmatin fase ini, sampai gue bisa lupain atau ngelepasin perasaan gue buat dia.
"Makasih ya kak, buat semua masukannya"
"Kalau semua keadaan udah baik, mau main sama aku gak?"
Chat terakhir dia yang bikin gue langsung berdoa, 'semoga saat itu tiba, gue udah selesai dengan semua masalah hati karena berondong nyebelin satu ini, aamiin'.
"HAHAHAHA. Boleh, kabarin aja yaaa."
YOU ARE READING
Brondong nyebelin
Short StorySituasi nya udah jelas, tapi karena ada campur tangan perasaan semuanya jadi rumit.