Cerita ini berawal dari Barbie yang mulai berjalan dari sepinya malam dan suara jangkrik memasuki tempat tidur adiknya Kelly. Setelah masuk, Barbie mendapati adiknya tidak ada di tempat tidur. Lalu ia keluar dan melihat adiknya merasa gelisah berada di kampung semalam untuk pertama kalinya. Dia mulai mengingat cerita sambil melihat rasi bintang, yang mulai setelah menemukan Cygnus. Lalu Barbie pun mulai bercerita.Pada suatu hari Odette menari di bakery ayahnya.Odette merasa senang karena dia tahu bagaimana menari tarian balet yang sangat sulit untuk dipraktekkan. Adiknya, Marie juga ditampilkan sebagai pengendara kuda cepat. Bergeser dari rumah Odette, menuju ke halaman istana Pangeran Daniel, ia seorang pemanah yang hebat, dan penuh semangat, ia lebih suka menjelajah daripada menikah. Sifatnya ini membuat ibunya cemas, sampai suatu ketika ibunya memberikan undangan pesta, untuk mencari siapa yang akan menjadi istri Pangeran.
Sebuah unicorn yang bernama Lila tiba di desa dan berhasil melarikan diri dari pemburu jahat dan berjalan ke dalam Hutan Enchanted.Dengan rasa penasaran Odette pun mengejar unicorn itu. Odette terus mengikutinya, menyebrangi jurang dengan batang pohon besar sebagai jembatannya. Sampainya di hutan, Lila terperangkap, sehingga Odette mencoba mencari sesuatu yang cukup baik untuk membebaskan unicorn itu. Dia melihat sebuah kristal ajaib dalam rongga pohon terdekat, lalu membawanya keluar.
Little apakah dia tahu bahwa kristal itu dimaksudkan untuk menolong siapa pun dari kutukan untuk mengalahkan penyihir jahat Rothbart.
Ratu Peri, yang sedang menonton datang ke Odette danmengatakan bahwa dia adalah orang yang dipilih untuk membersihkan kejahatan yang mengganggu hutan, Ratu Peri adalah sepupu dari Rothbart. Odette, tidak ingin ikut campur dalam situasi, menolak. Ratu Peri mematuhi dan mengirimkan Lila untuk mengawal keluar dari hutan. Tiba-tiba, Rothbart muncul di hutan dengan putrinya, Odile dan ternyata Odette disihir menjadi angsa.
Ratu Peri mampu membalikkan sebagian efek mantra, di mana Odette mempertahankan bentuk manusia pada malam hari, tapi siang hari dia dipaksa untuk tinggal sebagai angsa.
Odette juga memenuhi elf lain dari hutan: Carlita yang disihir sebagai musang, Ivanyang disihir sebagai landak serta beberapa orang lainnya. The Fairy Queen juga memberikan Odette mahkota dengan kristal di dalamnya yang akan melindunginya dari Rothbart.
Rothbart mengirimkan umpan kepada Pangeran Daniel agar ia pergi ke hutan, dan bertekad untuk mendapatkan dia untuk berburu Odette.Odette bertekad untuk menemukan solusi untuk masalah ini dan pergi ke perpustakaan ajaib untuk menemukannya. Ayah dan adik Odette, mulai mencari dia setelah mengetahui bahwa Odette hilang.Namun, mereka tidak dapat menemukan buku dan Odette pun berkecil hati.
Namun, Daniel terpesona oleh keindahan angsa dan memutuskan untuk membiarkannya hidup. Mereka berdua segera jatuh cinta ketika ia melihat bentuk aslinya. Mereka menari dengan anggun dan setelah Odette berubah menjadi angsa.
Daniel meminta Odette untuk datang ke pestanya, tapi pada awalnya ia menyangkal sampai ia akhirnya meyakinkan dia untuk datang. Segera, Erasmus-troll yang bertanggung jawab atas perpustakaan-tiba, setelah menemukan buku. Dia mengungkapkan kepada mereka bahwa solusinya adalah cinta sejati, yang membuat semua orang sadar bahwa Daniel dapat menyelamatkan mereka semua. Namun, jika Daniel jatuh cinta pada gadis lain, kristal ajaib akan kehilangan kekuatannya.
Ratu Peri mengajarkan Odette bagaimana menari waltz, tapi terganggu ketika Erasmus diculik. Mereka berhasil menyelamatkan dia, tapi Rothbart belajar dari apa yang akan menjadi keuntungannya. Jadi, di bawah mantra dia membuat Odile terlihat seperti Odette di mata Daniel.
Odette dalam bentuk angsa terbang ke kastil untuk memperingatkan Daniel tentang trik, tapi tidak mampu untuk masuk ke dalam. Di dalam istana, Pangeran Daniel janji cintanya pada Odile, berpikir dia menjadi Odette yang menyebabkan Odette jatuh ke tanah, kristal pun kehilangan kekuasaan dan dia terluka melemah.
Rothbart mengungkapkan kebenaran dan ia dan Odile melarikan diri. Daniel berjalan setelah mereka dan Ratu Peri mencoba untuk menghidupkan kembali Odette, yang nyaris hidup. Namun, ternyata Rothbart menyihir Fairy Queen menjadi seekor tikus, dan mencoba untuk membunuh Odette dan Daniel. Mereka berdua jatuh, sampai tangan mereka terjalin.
Pada saat itu, kekuatan kristal meledak keluar, menghentikan Rothbart, karena mereka berdua benar-benar jatuh cinta. Mereka terbangun dan semua kejahatan Rothbart itu dibatalkan. Akhirnya, Odette dan Pangeran Daniel mengakui cinta mereka satu sama lain.Semua orang dari desa dan hutan Enchanted merayakannya. Hal ini menunjukkan bahwa Odette dan Daniel akan menikah dan akhirnya bahagia. Rothbart mendapat makanan penutup hanya karena ia sekarang menjadi Jam Cuckoo sementara Odile adalah pembantu.
Pada akhirnya, hal tersebut memberikan Kelly tekad baru dan dia berjanji dia akan berpartisipasi dalam lomba hari berikutnya. Dia menguap dan pergi ke tempat tidur, dengan Barbie tersenyum di belakangnya.
___Tamat___
Maaf kalau ada yang salah ketik
Maaf kalau jelek juga ceritanya
Diberi suara ya...