Bedah Buku
Indonesia 2075
Karya
• Blurb •
Negara akan melakukan apapun demi kesejahteraan rakyatnya. Bahkan jika itu berarti bermain dengan ruang waktu.
Melawan takdir pasti akan membawa petaka bagi dunia. Namun gadis itu justru mengajak petakanya menempuh perjalan ke Bandung.
Dengan Sry sebagai logika dan Pandu sebagai rasa. Tamasya keluarga mereka bertujuan untuk meluruskan takdir di dunia yang sudah hancur.• Review •
1. Hedj
Opening scene, yang dibuka dengan sangat menegangkan. Betapa tidak, ketika saya mendapati adegan percobaan super collider versi futuristik, pikiran saya segera mengantisipasi apa yang bakal terjadi akibat dari penciptaan lubang cacing tersebut, apa konsekuensi dibaliknya? Untungnya itu tidak begitu buruk.
Cerita ini memberi perspektif yang segar dan orisinil dengan setting (yang saya pikir) Indonesia di masa depan, jarang sekali ditemukan dalam fiksi ilmiah yang sering kali didominasi oleh kultur-kultur Barat. Sry, protagonis utama sebagai seorang ilmuan jenius dengan rasa bersalah dan kesedihan karena kehilangan sang kakek, berjuang dengan dilema emosional dan masa lalunya.
Selain itu, penggunaan tema lingkungan dan overpopulasi memberikan relevansi sosial yang kuat. Menurut saya, mengaitkan cerita ini dengan isu-isu di dunia nyata, membuatnya lebih dari sekadar hiburan, tetapi juga refleksi terhadap tantangan yang dihadapi umat manusia terutama masyarakat Indonesia.
World-building dikemas dengan pondasi yang kokoh dan kaya, kelihatan jika penulis melakukan riset yang tidak main-main dan berhasil mengeksekusinya dengan dunia yang kaya dan karakter yang kompleks. Ada adegan di mana Sry berdialog dengan versi Aki Pandu dari dimensi lain tidak hanya menghadirkan momen refleksi, tetapi juga menjelaskan bagaimana konsep multiverse dalam cerita ini.
Hingga mencapai bab 3, alur cerita masih mengalir dengan lancar meski agak terasa lambat. Saya rasa itu cukup dapat dimengerti, mengingat kompleksnya aturan dunia dalam cerita yang disajikan.
Overall, Indonesia 2075 sejauh ini berhasil mengeksplorasi norma sosial yang unik di masa depan, seperti larangan kata-kata tabu, hubungan antar karakter, serta petualangan yang tak terduga.
Penulis berhasil menggabungkan unsur-unsur fiksi ilmiah dengan cara yang menarik, elemen-elemen emosional karakternya, serta tema-tema masa depan yang mungkin kita hadapi. Nice.
2. Gilang Gazi
Indonesia 2075 membuka jagad dunianya dengan pendekatan yang ringan berupa isu kekeluargaan sekaligus mengugah campur aduk pergolakan rasa yang begitu dekat dengan keseharian. Cacing rama selaku penulis berupaya mengulik kerinduan, mempertanyakan penyesalan dan memancing egoisme para pembaca bila dihadapkan dengan ikatan kuat dengan seseorang berarti bagi kita. Dalam hal ini, Sry Candy – nama yang teramat unik dengan Pandu - sang kakek, meski sayangnya kita masih belum mendapat informasi banyak mengenai alasan kuat sang cucu terobsesi menemui kakeknya kembali.
Namun, mari kesampingkan hal tersebut. Karena kendati perlu waktu untuk tahu, kamu bisa merasakan bagaimana Cacing Rama sangat Passionate sekali dalam menulis cerita ini. Story telling bersahaja dengan pemaparan plot yang lugas dan cepat, diracik dengan banyak easter egg pop culture yang berhasil memangkas habis sekat dengan para pembaca. Dunia dalam cerita pun dibangun dengan cara-cara unik, sebuah moderinasasi identitas budaya lokal tanpa menghilangkan esensi dan maknanya. Interaksi antar karakternya juga dinamis nan menyenangkan, meski sang penulis masih terlalu canggung untuk memainkan rasa pada setiap deskripsi dan interaksi mereka. Hal tersebut juga yang sebaiknya menjadi catatan penting untuk Cacing Rama : Jangan ragu untuk mengeksplorasi dan show secara detail emosi setiap karakter. Beri mereka pendalaman emosi yang layak dengan menciptakan momentum emosional.
What a fun ride, this is will be the good one story.
Semangat sampai tamat!
Salam manis,
Scifer
KAMU SEDANG MEMBACA
Recensio Book
RandomKali ini, Black Pandora Club menghadirkan kemudahan bagi kalian para pembaca Wattpad untuk mengenal karya-karya master piece dari para member BPC, hanya dengan melalui satu "portal teleportasi" saja. Eits, tunggu dulu. Portal teleportasi? Yaps! Kont...