⋆。‧˚ʚ*ੈ✩‧₊˚༺☆༻*ੈ✩‧₊˚ɞ˚‧。⋆
「 ✦ 𝕰𝖕𝖎𝖑𝖔𝖌𝖚𝖊 ✦ 」
⋆。‧˚ʚ*ੈ✩‧₊˚༺☆༻*ੈ✩‧₊˚ɞ˚‧。⋆
𝕰𝖕𝖎𝖑𝖔𝖌𝖚𝖊 adalah bagian penting dari sebuah cerita atau kisah. Namun, terkadang banyak yang tidak menyedari keberadaan epilog karena pengemasannya yang seolah dibuat terpisah dari cerita utama. Padahal secara garis besar, epilog adalah bagian cerita dalam suatu karya film, buku, sastra, atau sejenis yang menunjukkan kesimpulan atau pesan dan amanat bagi penikmatnya. Kata dasar epilog ini diambil dari bahasa Yunani, yaitu epilogos. Kata epilogos ini memiliki arti sebagai sebuah kesimpulan.
Dalam banyak versi, epilog tak jarang juga disebut sebagai sebuah outro yang merupakan salah satu elemen penting pada sebuah karya dengan menampilkan beberapa kejutan di akhir ceritanya. Selain itu, epilog juga umumnya bersifat retoris. Hal tersebut berarti epilog akan mengajak para pembaca, pendengar, atau penonton untuk menangkap pesan moral di balik cerita yang kaya akan nilai kehidupan.
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), epilog memiliki arti sebagai sebuah bagian penutup pada karya sastra, yang memiliki fungsi untuk menyampaikan inti sari cerita atau menafsirkan dan menjelaskan maksud dari alur cerita tersebut. Melihat dari pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan jika epilog adalah bagian yang kedudukannya sangat penting dalam suatu karya. Meski perannya sangat penting, tetapi ternyata tidak semua karya sastra itu memiliki epilog atau bagian penutup akhirnya.
Oleh sebab itu,, penerapan dan penggunaannya sangat bergantung pada pilihan dan gaya yang digunakan oleh masing-masing penulis. Selain itu, jika dikaitkan dengan keberadaan konflik dalam sebuah alur cerita, maka dapat dikatakan jika epilog adalah bentuk dari penyelesaian masalahnya. Oleh karena itu juga, epilog ini selalu berada atau diletakkan pada bagian akhir cerita. Sebagai sebuah penutup kisah atau cerita, epilog dapat dituliskan dengan atau tanpa dialog. Jika menilik pada bagian isinya, epilog merupakan segala ungkapan, kata, atau dialog yang berisi tentang amanat cerita.
KAMU SEDANG MEMBACA
𝐊𝐞𝐥𝐚𝐬 𝐍𝐨𝐯𝐞𝐥 𝐂𝐚𝐦𝐩 𝐇𝐮𝐧𝐭𝐞𝐫 𝐀𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐚𝐧 𝟐
Ficción General𝕮𝖆𝖒𝖕 𝕳𝖚𝖓𝖙𝖊𝖗: 𝓙𝓮𝓵𝓪𝓳𝓪𝓱𝓲 𝓓𝓾𝓷𝓲𝓪 𝓒𝓮𝓻𝓲𝓽𝓪 𝔂𝓪𝓷𝓰 𝓛𝓾𝓪𝓻 𝓑𝓲𝓪𝓼𝓪! Selamat datang di 𝕮𝖆𝖒𝖕 𝕳𝖚𝖓𝖙𝖊𝖗--tempat di mana imajinasi kalian berlari bebas dan petualangan menanti di setiap sudut! Apakah kalian siap untuk...