CHAPTER 0

3 0 0
                                    


Play now : Taylor Swift - imgonnagetyouback 


Sebentar lagi liburan selesai. Gue udah masuk semester 5 yang artinya ini adalah tahun ketiga kuliah. Well, ga ada yang istimewa dari liburan dua bulan lebih tanpa pulang kampung. Sebagai anak rantau, pulang kampung adalah hal yang mewah buat gue dikarenakan harga tiket yang ga murah. Semakin naik semester pastinya banyak juga hal-hal ga terduga yang sebelumnya gue kepikiran bakal gue rasain. Bisa ga bisa dan mau ga mau gue harus nerima kenyataan bahwa gue bukan anak kecil lagi. Perasaan kedip mata doang gue udah 20 tahun!

Somehow gue ngerasa ngga siap buat jadi orang dewasa. Ngerasa masih kekanakan dan ga cukup "kompeten" seperti orang-orang yang sudah beranjak dewasa lainnya. Semakin hari pasti ada aja bahan buat ngebandingin diri sendiri sama orang. Mereka yang lebih pinter, lebih sukses, dan lain sebagainya. Kayak sekarang, gue jadi gampang banget ngebandingin diri gue sama temen-temen. Temen gue udah banyak banget achievementnya. Lolos pertukaran mahasiswa, penelitian bareng dosen, magang di perusahaan, udah punya kerjaan bahkan ada juga yang udah punya bisnis sendiri. Sementara gue? Kan, mulai lagi nih ngebandinginnya.

Gue nulis disini karena pengin aja sih. Dari dulu plan buat nulis cerita bersambung di platform ini ga pernah kesampaian sampe idenya juga hilang. Jadi siapapun yang nemu cerita ini, thanks ya udah mau baca. Padahal gak guna menurut gue. Awalnya sih gue mau nyerah aja buat ga usah pernah nulis. Tapi kapan lalu gue nonton videonya Maxwell-cast CoC, ajang perlombaan mahasiswa pinter. Kalo ga tau boleh search aja di internet. Nah, Maxwell bilang, ga ada hal yang telat selama mau memulai. Jadilah akhirnya gue mau mulai buat nulis chapter 0 curhatan gue ini sebagai anak rantau. Toh kalo gue nunda lagi, ntar semakin telat ga sih?

Mungkin kedepannya ini cerita isinya cuma curhat dan bacotan gue sehari-hari. Bisa juga isi kepala gue yang rasanya penuh tiap hari. Oiya, gue kayaknya gak bakat ngarang (maksudnya menyusun ya) cerita. Bisa aja gue bakalan nulis kalimat yang ga enak buat dibaca. Gue minta maaf ya. I hope you can understand. Semoga hari-hari lo asik ya. Gue sih berharap yang terbaik terjadi di kehidupan lo. Hal berat apapun yang mungkin lo hadepin, semuanya pasti bisa kelar dengan baik. Tolong percaya sama diri lo sendiri, okay? Ga usah peduli biarpun seluruh dunia alam semesta ga percaya sama lo, yang penting lo percaya sama diri sendiri. Good luck!

Oke, biar ini chapter gak singkat amat, gue mau cerita sesuatu. Lebih tepatnya ngeluarin salah satu isi pikiran aja sih.

Orang-orang tuh selalu punya hal-hal yang buat mereka enjoy ya. Maksud gue, something yang menjadi favorite mereka. Punya hobi dan tau apa yang mereka suka. Ya mungkin bisa aja satu dua orang yang baca ini spontan menjawab "gue engga tuh". Tapi most of the time tiap gue ketemu orang, gue ketemunya orang-orang yang punya gambaran jelas tentang apa yang mereka suka. Dan itu buat gue merasa iri karena gue gak bisa seperti mereka. Gue sering ga tau tiap ditanya sukanya apa. Sesimple makanan kesukaan aja gue suka bingung jawabnya.

Harusnya gue ngerti ga sih sama diri gue sendiri? Maksud gue, gimana orang mau ngerti sama gue sedangkan gue aja masih ga ngerti sama diri sendiri.

Udah coba cari-cari hal yang buat gue merasa enjoy ngelakuinnya tapi masih belum ketemu sampai sekarang. Atau mungkin belum waktunya? Gue juga ga tau. Apapun itu, gue cuma excited di awal doang. Gue ngga se-excited orang-orang. Rasanya kosong dan sama aja. Gue ga punya semangat kayak orang yang nungguin album baru Taylor Swift, war tiket konser Coldplay, atau yang masih berharap One Direction buat comeback. Gimana ya caranya buat punya excitement yang konsisten? Yang tau, boleh tolong komentar dong hehe :) 

Gue jarang tau apa yang gue suka, tapi gue tau apa yang gue ga suka. Karena menurut gue lebih gampang untuk bilang sesuatu yang tidak gue sukai daripada mendeskripsikan yang disuka. Sebenernya masalah ga sih kalo kita terus menerus ga tau sukanya apa? Gue ga tau jawaban pasti dari pertanyaan ini, tapi menurut gue sih masalah ya.

Selain karena terus-terusan bingung mikirin jawaban ketika ditanya orang, alasan lain gue bilang ini masalah adalah karena gue bingung mau dengan cara apa buat mengurangi stress gue atau rehat sebentar dari apa yang buat gue jenuh (kehidupan misalnya). Gue gak punya hobi yang pasti. Orang-orang mungkin kalau stress bisa rehat sebentar dan ngelakuin hobi. Misalnya pergi mancing, berkebun, jalan-jalan nyari hidden gem café, melukis/gambar dan lain sebagainya. Mereka pasti excited banget. Mau mancing, gue orangnya ga sabaran nunggu. Ga serajin itu buat berkebun, ga terlalu suka buat pergi keluar rumah (gue suka main tapi ga sesuka itu buat jalan-jalan terus), gambar ga bisa dan nyanyi pun suara gue sangat lumayan untuk gangguin orang tidur (alias jelek).

Kehidupan tu gini ga sih? Yang paling penting dan jadi inti dari semuanya ya tetap hidup. Ga peduli ada kejadian apa, pokoknya hidup. Gue sampe sekarang masih belajar buat sedikit demi sedikit paham sama diri sendiri. Seenggaknya gue bisa menemukan fakta tentang diri sendiri yang sebelumnya ngga pernah kepikiran. Kalo lo udah tau apa yang lo suka, udah tau hobi lo apa, that's good. Atau kalo lo sama kayak gue, gapapa sih. Jalani aja hidup lo kayak biasa. Terserah sih mau jalaninya gimana, semua orang punya pilihannya masing-masing. Tapi gue cuma mau bilang, jangan segampang itu buat nyerah. Ga ada yang salah sama berharap. Berharap besok lebih baik dari hari ini. Berharap punya kehidupan yang sesuai dengan yang lo mau sambil mengusahakannya. Segini dulu ya buat chapter 0-nya. Thank you udah baca chapter yang ga guna ini. Gue harap lo selalu menemukan hal yang bikin lo senyum setiap hari dan merasa sejuk di tengah dunia yang panasnya ga ketulungan ini :)  


see you in the next chapter! 


Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Oct 03 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Catatan Harian Orang GalauTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang