Special side story. Amor Fati (4)

387 9 0
                                    

Ada sedikit cahaya di dalam kamar hotel, yang ditutupi oleh tirai anti tembus pandang. Heiner hanya menyalakan lampu di ruang lemari saat dia bersiap untuk pergi. Itu adalah hari rapat komite.


Dia mengenakan kemeja, melilitkan dasi di lehernya, dan mengikatnya. Begitu dia mengikatnya, dia merasa agak kosong.


Annette selalu mengikatkan ikatannya untuknya. Heiner tidak ingin mengganggunya, tapi dia bersikeras.


Faktanya, bahkan pada pernikahan pertama mereka, dia telah mencoba mengikat ikatan suaminya dengan tangan yang kikuk. Dan saat dia mulai terbiasa mengikat dasinya, revolusi pun terjadi.


Setelah Revolusi, Annette mengunjunginya dari waktu ke waktu, tetapi Heiner selalu melewatinya dengan pakaiannya yang bagus.


Ketika hal ini terjadi berulang kali, dia berhenti datang menemuinya.


Dalam keheningan, terdengar gemerisik kain. Heiner mengenakan setelan terbaiknya dan mengancingkannya, mengingat pertama kali dia mengikatkan dasinya setelah pernikahan kedua mereka.


"Bolehkah aku melakukannya untukmu?"


Pertanyaan hati-hati itu menyiratkan banyak waktu yang telah berlalu.


Heiner membungkuk padanya saat dia melilitkan dasi di lehernya. Saat dia mengangkat kepalanya lagi dan bertemu dengannya dari dekat, mata birunya menunjukkan sedikit ketegangan.


Setelah dua belas tahun, Annette tidak hilang. Tangannya sedikit tidak terampil dalam membuat simpul dan memasukkan dasi ke dalam, tapi tidak sekikuk yang pertama kali.



Dia menatapnya dengan senyum kecil saat dia menaikkan simpulnya dan mengencangkan dasinya, dan bibir Heiner bergerak-gerak untuk waktu yang lama sebelum dia menciumnya, tidak bisa berkata apa-apa lagi .......


Dia membuka ritsleting jaketnya dan sekarang berpakaian lengkap. Heiner mengeluarkan topi bowlernya, mengambilnya, dan mematikan lampu.


Saat dia meninggalkan ruang ganti, dia memainkan simpul dasinya. Heiner telah memberitahunya bahwa dia tidak harus melakukannya sendiri, tapi dia sebenarnya menyukainya.


Pada saat-saat kecil inilah dia diingatkan bahwa mereka adalah pasangan. Betapapun kecilnya tindakan tersebut.


Ya, mereka adalah pasangan.


Heiner mengingatkan dirinya akan fakta itu.


Perasaan lega dan puas setelahnya masih terasa asing. Mungkin dia tidak akan sepenuhnya percaya sampai dia meninggal.


Tapi tidak apa-apa. Jika itu adalah mimpi, dia tidak bangun sampai dia meninggal.


Di ruangan yang gelap, seorang wanita terbaring di tempat tidur. Heiner mendekat dengan langkah pelan dan menarik selimut hingga ke bahunya.


Tubuh kecil itu naik dan turun secara teratur, mengikuti alur napasnya.


Annette biasanya bangun pagi, tapi dia tidak mudah bangun sejak tiba di Lancaster dengan kereta api kemarin, mengunjungi berbagai tempat di sana-sini.


Heiner menuliskan beberapa kalimat pada buku catatan di meja samping tempat tidur, memperhatikan wajah tidurnya sejenak, lalu meninggalkan kamar.


***


Annette terbangun karena suara telepon berdering. Sambil mengerutkan kening, dia memeriksa arlojinya dengan bingung dan menyadari bahwa sekarang sudah lewat jam sebelas.


Telepon berdering lagi. Dia melompat dari tempat tidur dan bergegas menjawabnya, lalu menyadari bahwa teleponnya terbalik.



[⋯⋯⋯⋯⋯ Ini meja persewaan yang menelepon tentang paket Anda].


Hampir bersamaan dengan suara karyawan itu, Annette melihat sebuah buku catatan di meja samping tempat tidur. Itu tertulis dalam tulisan tangan khas suaminya yang memanjang dan vertikal.



{Aku pergi tanpa membangunkanmu. Temui aku di Alun-Alun Menara Jam jam lima sore. Jika terjadi sesuatu, hubungi saya di ekstensi di bawah.}




[Apakah kamu ingin aku membawanya ke kamarmu sekarang?]



Annette tidak tahu paket apa yang dimaksud oleh petugas meja depan, tapi dia menjawab ya; sepertinya dia mengharapkan sesuatu.


Tidak lama kemudian bel pintu berbunyi. Begitu dia membuka pintu, dia dihadapkan pada segunung tas belanjaan berlogo department store La Louis.


Staf membawa tas ke kamar dengan kereta. Lalu, entah dari mana, dia menawarkan selembar kertas dan pena.


"Aku hanya ingin kamu menandatanganinya di sini."


Annette dengan gugup mengambil pena dan menandatangani.


Setelah karyawan itu pergi, dia melihat tumpukan tas belanjaan di lantai depan pintu depan rumahnya. Sepertinya mereka berasal dari semua toko.


"Apakah dia memesan......?"


Dengan setengah gugup, dia membuka salah satu tas. Di dalamnya ada sepasang baju wanita yang terlipat rapi. Matanya melebar.


Dengan hati-hati mengangkatnya, dia melihat gaun lengan pendek berwarna biru muda dengan ikat pinggang di bagian pinggang. Itu adalah salah satu pakaian yang dibawa petugas dari department store kemarin.


Annette menahan gaun itu, membuka lipatannya, dan memasangnya kembali. Dia membuka tas belanjaan lainnya, satu per satu.


Jas, gaun, celana, blus, topi, syal, sarung tangan, sepatu ------. Dia mendongak dari tas terakhir, sedikit bingung.


Apa yang harus dilakukan....


Setelah berpikir sejenak, Annette masuk ke kamar mandi terlebih dahulu. Saat dia perlahan-lahan mencuci dirinya dan keluar dari kamar mandi, tas belanjaannya masih ada di sana, memamerkan volumenya yang besar.


Dengan sedikit ragu, dia mengeluarkan kembali gaun biru muda dari tas pertama yang dia buka. Pola padat pada kain itu terlihat mewah.


Sesaat kemudian, Annette berdiri di depan cermin besar.


Gaun katun itu pas di tubuhnya. Kelimannya, yang didesain lebih sempit di bagian dada dibandingkan yang biasa ia kenakan, memiliki lipatan vertikal yang mengacak-acak lembut saat ia bergerak.


Annette melepas sandal kamar tamunya dan dengan hati-hati memasukkan kakinya ke dalam sepatu baru yang dibawanya. Sepatu putih dengan lis hitam di bagian ujung kaki sangat serasi dengan gaun itu.


Di cermin, dia melihat dirinya berpakaian mirip dengan wanita bergaya yang dia lihat di jalan kemarin. Entah kenapa, dia memilin rambutnya, merasa malu.


Annette mondar-mandir di depan cermin, lalu mencoba menyanggul rambut panjangnya. Dia tertawa kecil ketika memikirkan pria yang memerintahkan semua ini untuknya.


***


Perjalanan ke penata rambut di depan hotel agak impulsif. Annette memotong rambut sebatas pinggangnya, yang telah dia kenakan selama lebih dari 30 tahun, sejak kecil yang tidak dapat dia ingat.


Staf bertanya apakah dia ingin dikeriting, tapi dia menolak. Itu adalah perubahan kecepatan, belum tentu sebuah tren.


Setelah meninggalkan salon, Annette dengan canggung menyampirkan rambut pendeknya ke bahunya. Berat rambutnya tidak asing lagi.


Entah kenapa, dia tidak ingin kembali ke hotel, jadi dia menuju ke kedai kopi. Ketika dia tiba, ada beberapa pelanggan di dalam.


Dia duduk di dekat jendela lantai dua dan memesan kopi dan makanan penutup. Di bawah teras putih terbentang jalan persegi Lancaster.


Annette dengan santai menyesap kopinya dan membaca salah satu koran yang disediakan. Isinya penuh dengan berita terkini dari ibu kota, ditulis dalam cetakan besar. Tentu saja tidak ada cerita tentang dia.


Betapa santainya perasaannya, berkeliaran di sekitar Lancaster sendirian.


Dia masih mengenakan topinya di ibu kota, tapi tidak terpikirkan dia akan melakukannya lagi.

Dia sangat menyadari berapa lama waktu telah berlalu.


Setelah menghabiskan waktu cukup lama di kedai kopi, membuka-buka koran dan majalah, Annette bangkit dari tempat duduknya sebelum pukul lima dan menuju ke tempat pertemuan terdekat.


Alun-alun menara jam juga cukup ramai. Penduduknya terasa jauh lebih padat dibandingkan saat dia tinggal di Lancaster.


Annette duduk di bangku di depan menara jam. Orang-orang melintasi visinya.


Seorang ayah dengan seorang anak yang kehausan, seorang lelaki yang bergegas membawa tas kerja, sepasang kekasih berpegangan tangan, siswi berseragam..........


Pong. Gelembung sabun pecah, terbawa angin entah dari mana. Annette menoleh mengikuti suara tawa.


Di satu sisi alun-alun ada seorang lelaki tua dan sekelompok anak-anak dengan jaring. Orang tua itu mencelupkan jaringnya ke dalam keranjang besar berisi cairan, lalu menjentikkannya sekali, hampir pelan.


Gelembung sabun besar terbentuk dari setiap jaring hidung. Anak-anak tertawa terbahak-bahak dan mengejar gelembung-gelembung itu.



Awan surut, dan matahari sore bersinar terang. Annette menutup matanya. Cahaya berwarna pelangi yang tertinggal di permukaan gelembung sabun berkedip-kedip di bawah kelopak matanya.


Wow!




Dia membuka matanya perlahan. Kerumunan orang melintas di depan matanya, dan di kejauhan, melalui kerumunan, seorang pria yang dikenalnya sedang berjalan.


Untuk sesaat, waktu seakan berhenti.


Duduk di bangku cadangan, Annette menatapnya dengan tenang. Itu adalah hal yang aneh. Dari semua orang yang melewati alun-alun, dia terlihat sangat menonjol seolah-olah dia memiliki warna kulit.


Dia semakin dekat. Annette melepas topinya dan bangkit perlahan dari tempat duduknya. Rambut pendeknya berkibar-kibar tertiup angin.


Mata Heiner semakin lebar. Dia membeku di tempatnya sejenak, masih beberapa langkah lagi. Dia tampak seperti anak laki-laki yang terkejut. Annette dengan malu-malu menyelipkan rambutnya ke belakang telinga.


"Apakah itu...aneh?"


Di saat yang sama, anak-anak yang masih mengejar gelembung sabun pun tertawa terbahak-bahak. Karena itu, dia tidak yakin apakah dia mendengarnya.


Heiner berdiri diam selama beberapa detik, lalu ragu-ragu, lalu kakinya terangkat lagi. Jarak diantara mereka telah tertutup.


Dia tanpa berkata-kata mengulurkan lengannya. Annette hendak meletakkan tangannya di atasnya ketika dia terlambat menyadari bahwa ujung telinganya agak merah.


Seperti pria muda yang mengajaknya kencan pertama pada suatu hari di musim panas.


Annette tidak bisa menahan tawanya. Dia bisa merasakan dia menatapnya. Dia tertawa lama sekali, tidak peduli.


Gelembung sabun berisi pelangi tertiup angin musim semi.

My Beloved Oppressor Special Side StoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang