Kuningan tuh udah nggak sedingin dulu.
Uwa Yaya bilang waktu aku kecil dinginnya Kuningan tuh mirip-mirip sama musim semi di Belanda. Dulu Uwa Yaya ikut sama Abah dan Ema di Belanda. Akhirnya mereka pulang ke Indonesia pas Ema hamil aku. Teh Bintang udah SD waktu itu. Abah kerja di perusahaan minyak di sana. Kata Abah uangnya lebih banyak di Belanda daripada di Indonesia. Tapi karena waktu itu Ema sakit kista, jadi Abah pulang ke Indonesia dan nggak balik ke Belanda.
Jujur, yah, aku tuh iri pisan sama Teteh. Teteh pernah ngerasain di Belanda bahkan bisa pake bahasanya. Ngobrol cas cis cus sama Ema sambil cekikikan di depan aku. Aku diajarin, sih. Cuman ya susah karena di sini kalo bisa sesuatu yang beda pasti bakal diliatin dari atas ke bawah. Kayak nggak normal gitu.
Aku cuman pengen normal-normal aja, terus suatu hari ke Belanda kayak Abah, Ema sama Teteh. Katanya banyak bunga liar di jalanan dan cantik-cantik. Nanti bagus buat ditempel di buku jurnalku. Tapi sebenernya di buku yang ini udah disiapin halaman-halaman buat cerita tentang sekolah baruku.
Sekolahku yang paling bagus di Kuningan. Kalo berangkat tinggal naik angkot sekali aja. Rutenya lewatin Alun-Alun Kuningan yang banyak tokonya. Ada juga toserba besar yang biasanya punya barang-barang baru, tapi nggak selengkap di Cirebon atau Bandung. Pagi-pagi aku suka beli nasi kuning dulu buat bekal, ada di depan sekolah deket Ema Yuyun yang jualan sorabi. Sebenernya nggak suka-suka banget, tapi temen-temenku juga beli itu. Pengen sama aja, sih, hehehe.
Sekolahku nggak dua tingkat, tapi punya lapangan dan banyak kelas yang cukup besar. Warnanya dominan biru langit dan putih, tapi kalo kena bola sepak bakal jadi ada bercak-bercak coklatnya. Ada banyak bunga-bunga di tamannya. Aulanya juga besar, kok. Ada banyak matras buat latihan senam lantai dan semuanya bersih. Aku paling seneng belajar senam lantai. Kayang, sikap lilin, roll depan, roll belakang, pokoknya semuanya juga bisa dapet A.
Yang susah dapet A itu kalo ditanya soal materi cari teman. Udah dua bulan aku masuk sekolah, seringnya ngumpul bareng geng di pojok depan kelas karena aku duduk sebangku sama Tiara. Dia itu sering menang lomba se-Jawa Barat bahkan Nasional dari jaman SD. Walaupun baru ketemu di SMA, tapi aku udah lama tau tentang dia. Awalnya minder euy duduk sebelahan sama Tiara. Soalnya Tiara cantik dan banyak temannya. Nah, teman-teman SMP aku masuk sekolah yang beda. Makanya aku di sini kayak anak ayam lagi cari induk baru. Alhamdulillah Tiara mau ngajak aku main. Tapi ...
"Urang pinjem yah PR maneh. Cig kadieukeun."
Ada ketawanya, sih, tapi tiap hari begitu terus. Awalnya cuman Tiara, lama-lama Shinta, Bobby, Ajeng, Ratri, Yana sampe Tommy yang duduknya jauh juga jadi suka minjem PR. Ya aku pikir udahlah, ya. Nggak rugi apa-apa juga. Mereka jadi mau makan bekal sama aku. Nggak rugi, kok, Alana. Baik itu bawa berkah kata Abah.
"Keren kelompok Tiara. Materi presentasinya bagus. Tapi, itu yang rambutnya digerai, saha namina? Alana, nya'? Ngomong atuh, sedikit pisan perasaan. Diperbaiki ya di presentasi selanjutnya."
Nggak cuman sekali dapet komentar kayak gitu, berkali-kali. Atuhlaaah, aku tuh kerjain presentasi sambil ngantuk terus asam lambung naik gara-gara minum kopi item punya Abah. Tapi, yang dapet nama selalu orang lain, karena Tiara maunya lebih banyak ngomong, dan aku nggak bisa ngomong apa-apa.
"Udah, maneh kan suka malu. Urang aja, Al."
Katanya tuh gitu. Satu semester begitu terus tapi ranking aku bisa di urutan ke delapan. Alhamdulillah dapet jajan dari Teh Bintang yang udah di Jakarta. Dibeliin buku jurnal lucu warna maroon. Jadi aku tuh mikir, atuh misalnya aku lebih baik lagi, aku bisa dapet ranking lebih bagus, kan?
Tapi, Tiara nggak suka aku mulai ngomong di depan, jadi dia pindah tempat duduk sama Ajeng. Aku pindah sama Ghea di baris ketiga. Ya udah, tuh, hidup damai sedikit. Kuningan hujan terus, jadi aku kalo pulang harus nunggu dijemput Mang Ujang, supir Abah yang suka anter Abah ke Jakarta kalo lagi ada proyek. Mobilku tuh mobil biasa, kok. Tapi reaksi Tiara nggak pernah biasa.
"Widih, anak orang kaya."
Aku cuman bisa senyum terus nangis di kamar pas sampe rumah. Sambil beres-beres baju seragam mikir ulang, apa ya salah aku sampai Tiara begitu? Kayaknya aku nggak pernah ngapa-ngapain, deh. Mungkin aku aja yang kurang baik sama Tiara karena dia sama orang lain kayaknya baik-baik aja.
Jadi aku nggak pernah ambil pusing soalnya sore itu jauh lebih pusing. Semua toko nggak punya kertas asturo warna kuning, padahal besok harus bawa buat pelajaran prakarya. Aku tuh nangis di Warmindo deket sekolah. Kok bisa ya warna asturonya tiba-tiba diubah? Grup kelas di LINE langsung heboh karena Azki, ketua kelasnya, ngabarin kalo Bu Wiwin minta ganti warna. Tapi, hatiku tuh sakit karena inget jelas siapa yang kotak pensil, tas, dompet, buku, sampai botol minumnya selalu warna kuning.
Mutiara Delima Rahayu.
Padahal dulu dia selalu suka warna pink sampai aku bawa buku catatanku yang gambar Hamtaro dan warnanya kuning. Terus, Hangga yang paling ganteng di kelas pun muji katanya bagus karena dia juga suka Hamtaro. Tanpa sadar tiba-tiba semua warna pink itu berganti jadi kuning.
Bingung banget.
"Kumaha atuh isukan?"
Nangis aja deh aku mah. Udah nggak ada tenaga keliling-keliling naik angkot buat cari asturo kuning. Mie goreng itu aku lihatin aja tanpa aku makan sama sekali. Nggak napsu. Pusing mikirin besok karena Bu Wiwin teh mirip tetangga di rumah. Ngomongnya suka nyelekit.
"Mie rebusna hiji, Bu. Nuhun."
Suaranya berat tapi nadanya lembut pisan. Dia duduk di samping aku sambil megang segulung kertas yang sedari tadi aku tangisi. Asturo kuning!
"Eh, kenapa? Kok nangis?" tanya cowok itu agak panik waktu matanya ketemu mataku. "Ada apa?"
"Itu ... punten ..."
"Kenapa?"
"Itu ..." Aku tuh nunjuk asturonya aja, soalnya bingung harus ngomong apa.
Tapi, dia edan, sih. Keren pisan. Kayaknya anak baik soalnya dia ambil tisu di depannya terus dikasih ke aku sambil bilang, "jangan nangis, ya."
"I-iya ... tapi ..."
"Oh, kamu anak 10 IPS 2, bukan, sih? Alana, ya?"
LOH KOK TAU NAMA AKUUUU?
"Iya ... kok tau?"
"Iya, kamu yang kalo senam lantai suka dapet nilai A, kan? Pak Aziz suka cerita di kelas. Kamu kenapa nangis?"
"Oh ... itu ..." Aku nunjuk asturonya lagi.
"Oh ini?" Dia ketawa kecil. "Aku beli buat pelajaran Bu Wiwin, eh tiba-tiba diganti warnanya jadi warna hijau. Kamu mau?"
Aku cuman bisa ngangguk sambil meraih kertas asturo dari tangannya. Sejak hari itu aku makin percaya kalo dunia itu sebenernya baik, kok, cuman aku aja harus berusaha lebih keras lagi. Karena pasti ada orang-orang baik yang akan nolong aku.
Dan makan mie instan bareng aku.
Dan ajak pulang bareng aku.
Dan kerjain PR bareng aku.
Kayak Reza.
***
Hai, aku Tipluk! Salam kenal!
Selamat datang di cerita pembuka dari ceritaku selanjutnya, It Was Until It Wasn't.
Kita akan kenalan sama Alana sebelum memulai petualangannya di It Was Until It Wasn't!
Aku akan coba nulis pake POV 1 supaya kita lebih kenal sama Alana.
Semoga suka, yaa!
To be continued...
KAMU SEDANG MEMBACA
It Was Until It Wasn't : Alana
Teen FictionAlana kira pertemuan di Warmindo dengan Reza sore itu akan menjadi cerita manis di masa SMA. Sayangnya, dunia nggak sebaik itu pada Alana. Sebuah opening cerita dari Alana, bagian dari novel It Was Until It Wasn't. Segera hadir untukmu. Disclaimer :...