Prinsipnya masih sama, cuacanya cocok dan vegetasinya melimpah. Bahkan masyarakat nomaden di luar Tembok Besar punya cukup air dan rumput untuk beternak sapi dan domba, untuk kehidupan orang-orang di Dataran Tengah.
Melihat peperangan dalam sejarah, khususnya persaingan teritorial di luar Tembok Besar dan Dataran Tengah, persoalan kelangsungan hidup masyarakat tidak bisa dihindari.
Orang-orang nomaden menyukai kebebasan dan suka mengikuti arah angin untuk mencari kehidupan. Mereka belum tentu menyukai kehidupan bertani yang ditinggali masyarakat Dataran Tengah.
Lagi pula, jika mereka bisa bertahan hidup sendiri, mengapa repot-repot membuang tenaga dan sumber daya keuangan untuk pergi ke Dataran Tengah untuk merampok dan berperang?
Perubahan lingkungan eksternal tidak dapat dikendalikan oleh orang-orang di luar Tembok Besar atau di dalam adat istiadat. Begitu kelaparan terjadi, masyarakat pasti akan berperang untuk bertahan hidup.
Chi Yunzheng memberi tahu Ji Junqing hal ini dengan cara yang sangat sederhana. Setelah Ji Junqing memahami pengaruh di baliknya, dia mengerutkan kening untuk waktu yang lama, dia tidak merasa tenang.
“Perang bukanlah hal yang baik.”
Meski dia tidak tahu apakah cuaca tahun ini hanya kebetulan atau benar-benar akan berubah, tidak ada keraguan bahwa seluruh Dakang kini berada dalam kekacauan.
Ibu Suri bermain-main dengan kekuatan tetapi hanya ingin menikmatinya, pejabat istana hanya ingin mengambil keuntungan darinya, dan semua jenis orang dan penjilat di bawahnya menggunakan kenyamanan untuk mendapatkan keuntungan bagi diri mereka sendiri. Bahkan jika tidak ada perubahan dalam masyarakat sebesar itu, menilai dari situasi ini, negara akan hancur dalam beberapa tahun.
Hal ini juga terlihat dari laporan rahasia yang diberikan Chen Tan kepada Ji Junqing. Pada tahun-tahun sebelumnya, orang barbar hanya akan memprovokasi satu atau dua kali dan berhenti, namun tahun ini mereka telah memprovokasi orang-orang mereka di perbatasan lebih dari sepuluh kali.
Orang-orang barbar mungkin melihat Dakang lemah sekarang, jadi mereka sering mengujinya. Jika waktunya tepat, menurut temperamen orang Hu (barbar), mereka pasti akan menyerang Dakang.
"Beberapa hal tidak dapat diubah dengan kekuatanmu sendiri." Chi Yunzheng memegang tangan Ji Junqing dan menghaluskan kerutannya dengan ujung jarinya. "Kamu hanya perlu melakukan apa yang menurutmu benar. Sisanya serahkan saja pada Takdir .”
Ji Junqing memandang Chi Yunzheng dan tiba-tiba menundukkan kepalanya dan meringkuk di leher Chi Yunzheng.
"Aku pikir Tuhan terlalu baik kepadaku. Tuhan yang mengirimkanmu kepadaku." Suara berat Ji Junqing terdengar di telinga Chi Yunzheng.
Chi Yunzheng tersenyum, menyetujui pernyataan Ji Junqing.
Pasangan itu berdiri di pintu masuk desa beberapa saat, bahkan tidak bertemu dengan siapa pun yang lewat, Chi Yunzheng merasa sedikit bingung.
“Mengapa aku tidak melihat ada penduduk desa yang keluar masuk hari ini? Apakah mereka semua pergi ke ladang lagi?” Chi Yunzheng bertanya pada Ji Junqing di sampingnya sambil berjalan menuju desa.
Ji Junqing tidak tahu apa yang sedang terjadi, tetapi pendengarannya jauh lebih baik daripada pendengaran Chi Yunzheng. Saat dia semakin dekat ke rumah Nona Zhao, dia dengan tajam menangkap suara-suara berisik itu.
“Tunggu.” Ji Junqing meraih Chi Yunzheng dan menghentikannya untuk bergerak maju.
“Ada apa?” Chi Yunzheng berhenti dan menatapnya dengan bingung.
“Fufeng, lihat apa yang terjadi.” Perintah Ji Junqing tanpa menoleh ke belakang. Rerumputan di sampingnya bergerak tertiup angin, tapi tidak ada suara yang terdengar dari tempat kejadian.
Setelah beberapa saat, sosok Fufeng muncul di depan mereka berdua. Dia melaporkan kembali kepada mereka "Itu Nona Zhao, tidak tahu apa yang sedang terjadi pada penduduk desa, mereka bertekad untuk mengusirnya, mereka juga mengatakan jika dia menolak pergi, mereka akan membakar rumahnya."
“Apakah mereka gila?” Mata Chi Yunzheng melebar, marah dan cemas, dan dia segera melangkah maju.
Ji Junqing buru-buru mengikutinya dan berkata dengan santai. "Jangan khawatir, mereka hanya membicarakannya di siang hari bolong, mereka mungkin tidak berani melakukannya."
Chi Yunzheng masih marah, dia tahu terkadang orang bisa melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada di pikirannya. Jika seseorang tiba-tiba bertindak impulsif, sudah terlambat untuk menyesal.
Ji Junqing melihat bahwa dia benar-benar khawatir, jadi dia melangkah maju dan memeluk pinggangnya, dan langsung menggunakan Qinggong untuk menerbangkannya pada jarak tertentu.
"Nona Zhao, cepat keluar! Jangan salahkan kami karena bersikap kasar jika kamu tidak keluar!"
“Benar, tidak masalah kalau kamu sendiri yang merepotkan, tapi kamu tetap berani menampung buronan pemerintah. Apakah kamu ingin melibatkan seluruh desa kami?”
"Ya Tuhan, apa yang telah kita lakukan hingga bisa satu desa dengan wanita ini? Kepala desa, tolong katakan sesuatu!"
Kepala desa dipandangi oleh semua orang, jadi dia berdiri dan mengetuk pintu.
"Menantu perempuan dari keluarga Zhao, jangan bersembunyi di sana dan diam saja. Keluarlah dan biarkan kita semua bicara."
"Bicara? Apa yang ingin dibicarakan?" Pintunya tidak terbuka, tapi sarkasme datang dari belakang.
Semua orang menoleh ke belakang dan melihat Chi Yunzheng dan Ji Junqing berjalan berdampingan. Melihat penampilan utuh Chi Yunzheng, banyak orang yang mencemooh menatapnya.
"Apa yang terjadi? Bukankah dia telah melakukan kejahatan dan dibawa pergi oleh pemerintah?"
“Apakah dia tidak melakukan kejahatan apapun? Tapi orang yang membawanya pergi memang dari pemerintah.”
Penduduk desa saling berbisik dan menatap Chi Yunzheng dengan mata berbinar.
Chi Yunzheng melihatnya sekilas, hampir separuh orang di desa berkumpul di sini.
Dia tertawa dengan marah, "Kalian terus memikirkan reputasi desa, tetapi sekarang Nona Zhao dari desa yang sama sedang sakit parah. Sebagai tetangga, kalian tidak menunjukkan bantuan atau simpati, tapi kalian bahkan menambahkan penghinaan pada lukanya dan mencoba untuk mengusirnya, membiarkannya mati. Penduduk desa ini sangat luar biasa."
Wajah penduduk desa berubah, mereka semua sedikit tidak senang dengan ucapan Chi Yunzheng bahkan terlihat jelek.
"Karena kalian sangat ingin mengusir Nona Zhao keluar desa, maka saya akan membantu kalian, dan membawa Nona Zhao ke gunung untuk menunggu kematian. Setelah Nona Zhao pergi, saya pasti akan mempublikasikan perbuatan mulia kalian di Desa ini! Pada saat yang sama, saya juga akan bertanya kepada Bupati, kapan undang-undang menetapkan bahwa penduduk desa harus diusir dari desa jika mereka sakit?
Begitu kata-kata ini keluar, semua orang terdiam. Ancaman, ini hanyalah ancaman nyata!
“Kamu, bukankah kamu ditangkap oleh pemerintah?” Seseorang di antara kerumunan akhirnya bertanya pada Chi Yunzheng.
“Ditangkap?” Chi Yunzheng menatap pria itu dengan dingin, “Matamu yang mana yang melihat saya ditangkap oleh pemerintah?"
Hakim daerah mendengar bahwa saya dapat menyembuhkan penyakit Hualiu dan datang langsung kepada saya untuk meminta konfirmasi, tapi kamu di belakangku, menyebarkan kebohongan, oke, aku juga akan menuntutmu atas omong kosongmu nanti.”
"Kamu!" Kepala desa melotot marah, "Dokter Chi, kenapa kamu selalu ingin melapor ke pemerintah? Ini, bukankah ini hanya kesalahpahaman? Biarkan saja."
Chi Yunzheng mengangkat bahu, "Saya tidak bisa berbuat apa-apa. Siapa yang membuat anda begitu sombong dan tidak masuk akal? Siapa lagi yang bisa saya mintai bantuan selain pemerintah?"
Dia berbicara dengan sangat benar dan percaya diri sehingga wajah orang-orang yang hadir menjadi merah, tetapi mereka tidak tahu bagaimana membantahnya.
Kepala desa tersenyum canggung dan berkata, "Itu semua salah paham. Tidak ada yang ingin mengusirmu, dan tidak ada yang ingin mengusir menantu keluarga zhao."
Setelah dia selesai berbicara, dia menggosok tangannya lagi dan bertanya kepada Chi Yunzheng dengan ragu-ragu. "Hakim daerah benar-benar mencarimu karena penyakit Hualiu?"
KAMU SEDANG MEMBACA
DOKTER ILAHI CHI..YANG MULIA TOLONG SUJUD (PART 2)
Historical FictionPart 2 Di mulai dari Bab 201.. yah readers ^__^ part 1 bisa di search dengan Judul yang sama