Chapter 136 : The Happy Prince

1 0 0
                                    

- 1 -

Jauh di atas kota, di atas tiang tinggi, berdiri patung Pangeran Bahagia. Seluruh tubuhnya disepuh dengan lembaran emas murni, matanya memiliki dua batu safir yang cemerlang, dan gagang pedangnya bersinar merah delima yang besar.

Dia memang sangat dikagumi. "Dia secantik penunjuk arah angin," kata salah seorang Anggota Dewan Kota yang ingin mendapatkan reputasi karena memiliki selera artistik; "hanya saja tidak begitu berguna," tambahnya, karena takut orang-orang akan menganggapnya tidak praktis, padahal sebenarnya dia tidak demikian.

"Mengapa kamu tidak bisa seperti Pangeran Bahagia?" tanya seorang ibu yang bijaksana kepada putranya yang sedang menangis meminta bulan. "Pangeran Bahagia tidak pernah bermimpi untuk menangis untuk apa pun."

"Syukurlah ada seseorang di dunia ini yang sangat bahagia," gumam seorang lelaki kecewa sambil menatap patung yang indah itu.

"Dia tampak seperti malaikat," kata Anak-anak Amal saat mereka keluar dari katedral dengan jubah merah cerah dan celemek putih bersih.

"Bagaimana kau tahu?" tanya Sang Guru Matematika, "kau belum pernah melihatnya."

"Ah! Tapi kami pernah bermimpi," jawab anak-anak; dan Sang Guru Matematika mengerutkan kening dan tampak sangat tegas, karena ia tidak setuju dengan anak-anak yang bermimpi.

Suatu malam, seekor burung layang-layang kecil terbang di atas kota. Teman-temannya telah pergi ke Mesir enam minggu sebelumnya, tetapi dia tetap tinggal, karena dia jatuh cinta pada si Buluh yang paling cantik. Dia bertemu dengannya di awal musim semi saat dia terbang menyusuri sungai mengejar seekor ngengat kuning besar, dan sangat tertarik dengan pinggang rampingnya sehingga dia berhenti untuk berbicara dengannya.

"Haruskah aku mencintaimu?" kata Burung Walet, yang suka langsung ke pokok permasalahan, dan si Buluh membungkuk rendah kepadanya. Jadi dia terbang mengitarinya, menyentuh air dengan sayapnya, dan membuat riak-riak keperakan. Ini adalah masa pendekatannya, dan berlangsung sepanjang musim panas.

"Ini keterikatan yang konyol," kicau burung layang-layang lainnya; "dia tidak punya uang, dan terlalu banyak saudara"; dan memang sungai itu penuh dengan alang-alang. Kemudian, ketika musim gugur tiba, mereka semua terbang menjauh.

Setelah mereka pergi, dia merasa kesepian, dan mulai bosan dengan kekasihnya. "Dia tidak banyak bicara," katanya, "dan aku khawatir dia genit, karena dia selalu menggoda angin." Dan tentu saja, setiap kali angin bertiup, si Buluh membungkuk dengan anggun. "Aku akui dia orang rumahan," lanjutnya, "tetapi aku suka bepergian, dan istriku, karenanya, juga akan suka bepergian."

"Maukah kau ikut denganku?" tanyanya akhirnya padanya; namun si Buluh menggelengkan kepalanya, dia begitu terikat dengan rumahnya.

"Kau telah mempermainkanku," teriaknya. "Aku akan pergi ke Piramida. Selamat tinggal!" dan dia terbang menjauh.

Sepanjang hari ia terbang, dan pada malam hari ia tiba di kota. "Di mana aku akan bermalam?" katanya; "Saya harap kota ini sudah membuat persiapan."

Lalu dia melihat patung di tiang tinggi.

"Aku akan bermalam di sana," serunya; "tempatnya bagus, dengan banyak udara segar." Jadi dia hinggap tepat di antara kaki Pangeran Bahagia.

"Aku punya kamar tidur emas," katanya pelan pada dirinya sendiri sambil melihat sekeliling, dan bersiap untuk tidur; tetapi saat dia meletakkan kepalanya di bawah sayapnya, setetes air besar jatuh menimpanya. "Aneh sekali!" serunya; "tidak ada satu pun awan di langit, bintang-bintang tampak sangat jernih dan terang, tetapi hujan turun. Iklim di Eropa utara benar-benar mengerikan.

- 2 -

Si Buluh dulunya menyukai hujan, tapi itu hanya keegoisannya."

Lalu setetes lagi jatuh.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Sep 14 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Short Story from CasesTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang