Bab 3: Langkah Awal Di Tengah Keraguan

41 28 2
                                    

Hari-hari setelah pertemuan kedua gua sama Reva terasa kayak rutin yang baru. Setiap kali gua masuk kafe, gua nungguin momen ketika Reva muncul. Obrolan ringan yang gua punya sama dia bikin gua ngerasa nyaman dan terhubung, tapi juga ngebuat gua mikir tentang apa yang bakal terjadi ke depannya.

Suatu sore, gua lagi duduk di meja tepi jendela dengan kopi gua, sambil nulis di notebook. Gua udah nyoba nulis beberapa puisi, tapi belum ada yang bikin gua puas. Gua suka nulis buat ngungkapin perasaan gua, tapi kali ini gua ngerasa ada sesuatu yang belum bisa gua ungkapkan.

Gua ngeliat jam di dinding kafe. Reva sering datang sekitar jam empat sore, jadi gua udah siap-siap ngadepin saat-saat menegangkan itu. Ketika pintu kafe terbuka, gua langsung nengok, dan benar aja, Reva masuk dengan senyum cerianya.

Dia nyamperin meja gua lagi. "Halo, Rangga."

"Halo, Reva. Gua udah pesen kopi, mau ikut?" tanya gua sambil nunjuk ke arah tempat pesanan.

"Terima kasih, tapi gua udah pesen cappuccino di barista," jawabnya sambil duduk.

"Gak masalah, kita bisa sharing cerita aja." Gua tersenyum, nungguin dia duduk di kursi.

Dia mulai buka buku yang dia bawa, dan gua ngerasa ada yang beda dari ekspresi dia. "Ada yang lagi bikin lu kepikiran?" gua nanya, penasaran.

Reva mendongak, lalu menghela napas. "Sebenarnya, gua lagi mikirin tentang masa depan. Kadang gua ngerasa bingung tentang apa yang harus gua lakuin setelah lulus nanti."

Gua paham perasaan itu. "Gua juga pernah ngerasa gitu. Kadang semua terasa gak jelas dan bikin stress."

"Benar," kata Reva. "Kadang gua mikir, apa gua udah siap buat menghadapi semua itu, atau apa gua cuma terjebak di zona nyaman gua."

Gua ngeliat matanya yang penuh keresahan. "Gua ngerti banget. Kadang keputusan besar emang bikin kita bingung. Tapi kadang kita perlu coba hal baru buat nemuin jalan kita."

Reva ngangguk. "Gua tahu, tapi kadang rasanya berat banget."

"Kadang kita perlu dukungan dari orang-orang di sekitar kita," gua bilang. "Gua sih yakin, lu pasti bisa ngejalanin semua itu dengan baik."

Dia tersenyum lembut. "Terima kasih, Rangga. Gua suka ngobrol sama lu. Lu bikin gua merasa lebih baik."

"Kapan aja," gua jawab. "Kalau lu butuh teman buat ngobrol, gua selalu ada."

Percakapan kami berlanjut dengan obrolan santai tentang masa depan, hobi, dan rencana-rencana kecil yang kami punya. Gua ngerasa, makin banyak gua ngobrol sama Reva, makin gua ngerti tentang siapa dia dan apa yang bikin dia kuat.

Saat gua siap-siap pulang, Reva tiba-tiba nanya, "Jadi, lu ada rencana buat akhir pekan ini?"

Gua mikir sejenak. "Gua pikir, gua bakal nulis beberapa puisi lagi dan mungkin jalan-jalan ke tempat baru."

"Kalau gitu, boleh gak gua ikut?" tanya Reva. "Gua pengen juga coba hal baru."

Gua terkejut dan senang. "Tentu aja. Gua seneng banget kalau lu mau ikut."

Reva tersenyum. "Makasih, Rangga. Gua nggak sabar buat eksplorasi bareng."

Gua pulang dengan perasaan yang campur aduk-senang, bersemangat, tapi juga ada rasa gugup. Akhir pekan ini bakal jadi langkah awal baru buat gua dan Reva, dan gua gak sabar nungguin apa yang bakal terjadi selanjutnya.

Dengan langkah yang lebih ringan, gua menuju rumah, mikirin hari-hari yang bakal datang dan kesempatan-kesempatan baru yang mungkin nunggu di depan.

Kamu Istimewa Bagaikan SenjaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang