Kebiasaan buruk

0 1 0
                                    

Sekarang tuh hari jumat dan setiap hari jumat, semua siswa diwajibkan untuk sholat jumat berjamaah di masjid sekolah. Walaupun SMA Merpati banyak yang non islam, tetapi mayoritas murid cowoknya islam. Aturan itu udah diterapin sejak tiga tahun yang lalu oleh kepala sekolah yang kebetulan gelar pendidikannya agama islam.

Kai, Keenan, dan Bruno lupa kalo sekarang hari jumat, pas udah nyampe gerbang kok ditutup, nanya lah mereka ke satpam, satpamnya bilang sekarang udah jam 11, pulangnya nanti aja pas kelar jumatan. Dan si satpam langsung pergi dari pos menuju masjid yang ada di samping pos itu.

Kai dan Bruno sedang merancang strategi agar bisa bolos, maklum dua orang ini banyak setannya, kalo pas waktunya jumatan mereka sering kabur memilih keluar dari area sekolah sampai sholat jumat selesai, kalo yang ini jangan ditiru ya. Emang dasarnya mereka belum dapet hidayah aja, soalnya hidayah-nya masih di warung mbok Darmi lagi jaga warung, Hidayah anaknya si Mbok.

“Eh No kali ini kita sholat dulu ngga sih, udah lama gue ngga sholat jumat.” Kata Kai meminta pendapat temannya, padahal mah sholat tinggal sholat nanti yang lain juga ngikut, ngga kaya Keenan yang orangnya emang rajin ibadah, makanya hidup dia yang paling adem diantara mereka bertiga.

“Kebanyakan mikir buruan, gue tinggal ya.” Keenan yang ngga sabar pengen rebahin badannya di ubin masjid yang adem itu hendak meninggalkan kedua temannya, namun sebelum dia berbalik badan, tangan Bruno mencegahnya.

“Tungguin bentar Nan, gue beli es dulu, haus sumpah, pak Mamat kalo khotbah lama banget.” Belum sempat Keenan menjawab, Bruno udah lari ngibrit ke arah kantin, Kai yang hendak menyusul Bruno, lengannya langsung ditarik Keenan.

“Mau kemana Lo?” tanya Keenan yang agak curiga dengan gelagat Kai, curiga pura-pura nyusulin Bruno, padahal bolos ke warung si mbok.
“Hehehe, iya gue ngga kemana-mana ini.” Kai menekuk kedua tangannya dan jarinya membentuk tanda peace.

***

“Sumpah ya pak Mamat ngga haus apa ya kalo ceramah lama bener.” Dari arah parkiran sekolah sampai sekarang mereka di warung mbok Darmi, Bruno masih aja bahas pak Mamat yang kalo khotbah kaya ustadz lagi ceramah di indosiar.

“Eh tadi gue sempet tidur batal ngga sih?” Kai yang kebetulan duduknya di pinggir tembok sempat memejamkan matanya sebentar, dia kalo pak Mamat khotbah selalu ngantuk, makanya mereka lebih sering sholat jumat di luar daripada di sekolah.

“Udah sih Kai yang nilai kan Allah, diterima atau ngga nya terserah yang diatas aja hehe.” Kata Bruno sambil terkekeh.

“Mbok nasi uduk tiga ya.” Seru Kai saat mereka masuk ke dalam warung mbok, tempat makan di warung mbok tuh nyaman banget, kursi sama mejanya ada di dalam, tersedia kipas angin juga jadi ngga panas.

“Ini dia anaknya. Mbok cari kemana-mana ngga ada, jadi Mbok langsung pulang aja.” Mbok Darmi yang datang dari dapur menggaplok lengan Kai dengan pelan. Mbok membawa raport Kai dan memberikannya ke anak itu.

“Tadi Kai ke kantin Mbok sama anak-anak, terus langsung ke Aula deh. Makasih ya Mbok sekali lagi, udah ngambil raport Kai.” Kai memijat pundak Mbok Darmi sebagai rasa terima kasih, dia beneran bersyukur bisa kenal Mbok, Kai anggap Mbok Darmi kaya neneknya sendiri. Sebenarnya Mbok Darmi ngga tua-tua amat, tapi pas disebut seorang nenek, karena dia udah punya cucu juga.

“Boong tuh Mbok, wong Kai lupa kalo ada Mbok yang ngambilin raportnya, tadi juga Bruno yang ingetin Kai,” adu Bruno ke Mbok, Bruno duduk di kursi paling ujung, disusul Keenang duduk di sampingnya.

“Kalian ini kalo kesini ngga pernah ngga ribut ya, sebentar Mbok bikinin pesanan kalian dulu ya. Kaya biasa kan? Kerupuknya dobel semua? Sambalnya yang banyak?” mbok Darmi yang udah hafal pesanan mereka langsung membuat nya dan pergi ke arah dapur.

“Minumnya teh manis dingin Mbok, jangan lupa, Hidayah teh manis dingin ya.” Kebetulan pas Bruno teriak ke Mbok yang udah ke dapur, pas banget Hidayah lewat, Bruno sampe memelankan suaranya pas Hidayah datang. Hidayah tuh anak terakhirnya si mbok, Hidayah itu anaknya kalem banget, cantik, dan dia masih SMP kelas sembilan.

“Halah Bruno sok banget anjir pas Hidayah lewat, inget No, Hidayah ngga boleh pacaran kata si mbok.” Kai yang daritadi masih berdiri, langsung mendudukan bokongnya di kursi seberang Bruno.

“Syirik aja si Kai.” Bruno menatap sinis Kai, emang bener sih Hidayah di larang keras pacaran sebelum lulus SMA, kata si mbok, biarin Hidayah fokus sekolah biar jadi anak yang pinter, Hidayah ini cita-citanya jadi dokter, dan si mbok sangat mendukung cita-cita anaknya itu. Walaupun penghasilan hanya dari warung nasinya, namun mbok pantang menyerah untuk pendidikan anak-anaknya.

“Sabar ya No, pacarin Hidayah pas dia kuliah aja, kalo perlu langsung nikahin, hahaha.” Kai si tukang ledek ini ngga berhenti meledek Bruno.

“Kalo Bruno serius, keliatan anaknya buaya, ngga cukup satu cewek.” Fiks Keenan sekarang mulutnya ngikutin Kai, jadi bisa ngeledek orang lain dia. Bruno kenal Keenan dari dulu dia ngga kaya gitu, anaknya alim banget, kalo ngomong juga pas pentingnya aja. Tapi lihat sekarang cowok itu dengan terang-terangan ngatain Bruno buaya.

“Mulut nya pak, mulut, ntar si mbok ndenger bisa-bisa gue di black list dari calon mantu anjir.” Bruno menggeplak tangan Keenan gemas, Keenan hanya terkekeh pelan, seru juga ternyata saling ledek kaya gini, pantesan Kai sama Bruno tiap hari adu mulut terus.

“Gayanya calon mantu, jangan mau mbok. Jauh-jauh Hidayah dari bocah playboy kaya Bruno.” Mbok Darmi yang sedang berjalan ke arah mereka sambil membawa pesanan, Kai sengaja mengeraskan suaranya agar mbok Darmi ndengar.

“Apa ini playboy-playboy, siapa yang playboy?” tanya mbok yang ngga ndenger semua ucapan Kai, kebetulan ndenger pas bagian playboynya aja.
“Itu mbok, si Kai mau jadi playboy katanya.” Bruno tersenyum manis ke si mbok, sambil matanya melirik ke arah Kain, sedangkan kakinya yang ada di bawah meja berusaha menendang kaki Kai.

“Kai ngga boleh jadi playboy, satu cewek aja cukup ya.” Mbok malah jadi nasehatin Kai gara-gara ucapan Bruno, emang Bruno sialan.

“Siap Mbok, makasih pesanannya.” Kai mengiyakan saja daripada nanti obrolan mereka makin panjang, dan ngga makan jadinya. Perut mereka udah keroncongan banget, harus cepat-cepat di isi sebelum balik lagi ke sekolah untuk ekstra bulu tangkis.

“Sama-sama, diabisin ya, sebentar es teh nya lagi dibuatin sama neng Yaya.” Mbok pamit ke dapur karena ada pesanan lain.

“Udah pasti manis ini mah kalo yang buatin neng Yaya.” Bruno mesem, dia segera melahap nasi uduknya dengan rakus, Bruno ngga liat ada yang sedang meliriknya sinis sambil pura-pura memuntahkan isi perutnya.

***

SUPERIOR CLASSTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang