Cuaca hari ini sangat cerah, secerah hati Kai. Kai bangun jam lima pagi, langsung mandi dan menyiapkan pakaian sekolahnya. Begitu Kai turun dari tangga, Kai heran karena ngga ada suara bising seperti biasanya. Kai bernafas lega saat melihat ke ruang tamu yang ngga ada siapa-siapa, artinya bokap Kai udah pergi lagi sebelum dia bangun.
Kai bukan anak orang miskin sebenarnya, rumah Kai dua lantai kok yang artinya sangat layak buat dihuni. Hanya saja keadaan yang mengharuskan Kai berjuang buat nafkahin dirinya sendiri. Ibu Kai udah meninggal dua tahun yang lalu, dibunuh oleh bokapnya sendiri.Bokap Kai sakit jiwa, bukan berarti gila, emang jiwanya udah ngga ketolong aja. Suami mana yang rela membunuh istrinya hanya karena sang istri melaporkan tindakan gila suaminya. Kalo bahas tentang bokap tuh bikin Kai badmood.
Daripada mikirin keberadaan bokapnya di mana, mending sekarang Kai buru-buru cabut dari sini sebelum Mario datang, bokap Kai.
Kai mengeluarkan motornya dari parkiran dan langsung otw ke rumah Bruno yang kebetulan ngga terlalu jauh dari rumahnya, hanya 1 kilo dari rumah Kai. Bruno anaknya mageran kalo bawa kendaraan sendiri, pengennya nebeng aja, padahal di rumahnya banyak mobil loh.
Pas nyampe rumah Bruno, Kai langsung turun dari motor dan masuk ke rumah Bruno setelah di suruh masuk. Kai yakin Bruno masih ngebo, atau paling ngga dia masih mandi sih. Kai udah sering banget kalo pagi bangunin Bruno dulu. Orang tua Bruno juga kalo ada Kai langsung disuruh masuk aja ke kamar anaknya, udah kaya rumah sendiri pokoknya mah.
“Tebakan gue salah sih, ternyata lo udah siap hehe.” Kai masuk ke kamar Bruno tanpa mengetuk, membuat Bruno yang sedang memasang sabuk terlonjak kaget.
“Kai anjir kebiasaan ngga ngetok dulu.” Bruno langsung berbalik badan membelakangi Kai.
“Halah gue udah sering liat juga.” Kai duduk di tepi kasur, saat cowok itu hendak merebahkan diri, Bruno langsung memukul muka Kai dengan bantal.
“Liat apa anjir, omongan lo ambigu banget.”
“Punya lo,” Kai bangkit dan tertawa ngakak, aneh banget padahal dia cuma iseng tapi Bruno nanggepinnya serius banget.
“Kai bangsat, turun anjir, kalo tiduran di kasur jangan sepatunya juga lo tangkringin.” Bruno kembali memukul muka Kai. Kai bangkit dan langsung berlari keluar kamar.
Bruno mengambil tas dan langsung mengejar Kai turun ke bawah.
“Pagi om, tante.” Sapa Kai ke orang tua Bruno.
“Hey pagi Kai, sini duduk sarapan dulu.” Nyokap Bruno mempersilahkan Kai duduk.
“Ngga usah tante, liat deh muka Bruno serem banget kaya mau makan Kai. Kai sarapan di sekolah aja, udah siang juga.” Kai ngeliat muka Bruno yang melotot sambil mesem seolah bilang Kai awas aja lo sarapan, gue berangkat sendiri bawa motor lo. Emang mereka berdua jarang sarapan di rumah juga sih, lebih sering sarapan di warung si Mbok.
“Yaudah kalian hati-hati ya, mau langsung berangkat sekarang?” tanya nyokap Bruno lagi.
“Iya mah, Bruno berangkat ya.” Bruno menyalimi tangan orang tuanya, diikuti Kai di belakangnya.
Mereka berdua langsung ngebut menuju sekolah, hari ini Keenan bilang langsung ketemu di sekolah aja ngga perlu nyamperin Keenan dulu seperti biasanya. Trio kadal sering berangkat bareng. Apartemen Keenan yang paling deket dengan sekolah, tempatnya strategis banget, deket dari sekolah dan tempat Kai bekerja, ngga jarang mereka bertiga main disitu sepulang sekolah atau tiap weekend.
***
Pas nyampe sekolah sekitar jam 6.45, udah mepet banget sama jam masuk sekolah yang pukul tujuh. Kai dan Bruno memilih untuk langsung ke sekolah tanpa belok ke warung Mbok seperti biasanya, mereka ngga mau hari pertama sekolahnya udah dapet pengurangan point.
Saat di parkiran udah ada Keenan yang menunggu di atas motornya. Mereka bertiga langsung masuk ke kelas karena bel masuk baru aja bunyi.
Bruno langsung menuju ke kelasnya yang ada di lantai tiga, cowok itu langsung lari ngibrit saat melihat bu Mona guru bk membawa rotan kecil di tangannya sambil menuding murid-muridnya agar segera bergegas masuk kelas menaruh tasnya dan balik lagi ke lapangan untuk mengikuti upacara.
Sedangkan Kai dan Keenan hanya tertawa ngakak melihat tingkah sahabatnya itu.
Upacara hari pertama masuk sekolah tuh lama banget, kepseknya sengaja ceramah panjang lebar agar murid-murid lebih giat lagi belajarnya daripada semester satu. Untungnya SMA Merpati kalo upacara di lapangan indoor jadi aman-aman aja ngga kaya cacing kepanasan.
Kai daritadi matanya fokus ke depan melihat kepsek yang lagi memberi amanat, natapnya serius banget kaya orang beneran ndengerin. Padahal mah pikirannya ngawang mikirin makanan yang ada di kantin, terutama soto bu Tutik yang baunya aja bisa nyampe sini.
Akhirnya upacara selesai juga, Kai langsung menarik tangan Keenan agar segera mengikuti langkah Kai. Kai kalo lagi laper suka rese, jalan aja sampe ngga fokus, sesekali dia hampir menabrak orang yang berada di depannya.
“Pelan-pelan Kai,” nasihat Keenan saat Kai hampir nabrak orang lagi. Keenan di belakang Kai hanya mengikuti langkah cowok itu yang gasrah-gusruh.
“Namanya orang laper.” Kai menengok ke belakang melihat Keenan yang ada di belakangnya. Berjalan mundur menghadap Keenan.
Bukk
Nah kan susah dibilangin sih, belum juga satu menit Keenan nasihatin cowok itu, sekarang Kai beneran nabrak orang.
“Sorry sorry,” Kai balik badan melihat seorang cewek yang mengaduh kesakitan. Bahu Kai dan cewek itu tabrakan tadi, suaranya cukup keras, ngga heran cewek itu sampe meringis.
Kai mengucek matanya guna memastikan cewek di depannya ini beneran teman sekelasnya.
“Zetta? Sorry Ta gue ngga liat tadi.” Kai hendak mengusap bahu Zetta yang tersenggol olehnya tadi, namun segera di tepis oleh cewek itu.
“Jalan tuh pake mata,” Zetta mengabaikan permintamaafan Kai, cewek itu memilih melanjutkan langkahnya disusul Audy temannya.
“Jalan pake kaki dong, masa mata.” Kai berusaha menyamai langkah Zetta. Keenan hanya mengikuti langkah Kai tanpa berkomentar apapun, pandangan Keenan terus mengarah ke arah seseorang yang berada di samping Zetta.
“Iya,” jawab Zetta singkat ngga mau meladeni.
“Ta ini gue dimaafin ngga?” kata Kai lagi.
“Jangan dimaafin Ta,” bukannya Zetta yang jawab, malah Audy yang keliatan sebel karena Kai terus mengikuti mereka berdua.
“Gue ngga ngomong sama lo ya cil.” Balas Kai sambil menatap sinis ke arah Audy. Posisi mereka sekarang tuh Zetta berada di tengah-tengah Kai dan Audy sedangkan Keenan hanya mengekor di belakang mereka.
“Kai ngga usah sok akrab sama Tata deh dia tuh alergi sama cowok.” Audy pindah posisi menjadi di tengah, buat ngelindungi Zetta yang keliatan ngga nyaman.
“Alergi?” tanya Kai heran, dia ngga paham sama ucapan Audy barusan.
“Intinya ngga bisa lama-lama deket sama cowok, apalagi cowoknya modelan kaya Kai.” Audy kayanya benci sama Kai deh, daritadi tuh tatapannya sinis banget.Tapi tunggu, kalo Zetta alergi sama cowok, kenapa pas malem waktu itu dia meminta Kai untuk mengantarkan pulang, halah ini mah akal-akalan si bocil Audy aja biar Kai cepat pergi dari hadapan mereka berdua.
“Boong banget, orang waktu itu aja gue sempet nganterin dia pulang kok.” Kata Kai santai.
Zetta menghentikan langkahnya membuat mereka bertiga ikut berhenti. Audy cukup kaget dengan pernyataan Kai barusan.
“Loh Ta kok ngga cerita?” Audy manyun, cewek itu menarik lengan Zetta tanda merengek.
“Ngga penting juga.” Ungkap Zetta tanpa memikirkan perasaan Kai sekarang. Kai yang barusan mendengar perkataan Zetta tadi hanya terdiam. Keenan yang paham situasi sekarang langsung menarik tangan Kai dan meninggalkan mereka berdua.***
KAMU SEDANG MEMBACA
SUPERIOR CLASS
JugendliteraturKetika murid ranking bawah naik ke ranking tiga besar, disitulah cerita ini di mulai. Namanya Zavier Kai, dia cowok yang cukup populer di SMA Merpati Putih, anak kelas unggulan. Dia ranking ke 28 dari 30 murid. Tempatnya begitu terancam terlempar ke...