Keesokan paginya, angin di Pulau Tiru terasa berbeda. Matahari yang biasanya hangat kini diselimuti awan gelap yang bergerak perlahan, membawa hawa dingin yang tidak biasa. Udara terasa berat, seolah pulau ini sedang menyembunyikan sesuatu.
Di meja makan penginapan, mereka semua duduk diam, masing-masing terjebak dalam pikirannya. Suara derit pintu saat Pak Joko masuk memecah keheningan. Dia berjalan pelan, meletakkan secangkir kopi di atas meja, sebelum duduk di depan mereka dengan pandangan serius.
"Simbol-simbol yang kalian temukan di gua itu," Pak Joko memulai tanpa basa-basi, "mereka adalah bagian dari sejarah lama pulau ini. Orang-orang tua di sini pernah percaya, harta karun yang tersembunyi di pulau ini dilindungi oleh lebih dari sekadar jebakan. Ada kekuatan yang lebih tua, kekuatan yang menjaga keseimbangan pulau ini."
Maya mengerutkan kening, berusaha menghubungkan apa yang dikatakan Pak Joko dengan apa yang mereka lihat kemarin. "Apa maksud Anda? Kekuatan apa yang menjaga harta itu?"
Pak Joko menghela napas panjang, menatap mereka satu per satu. "Dulu, ada cerita tentang penjaga pulau ini. Mereka bukan manusia biasa, tapi roh penjaga yang ditempatkan untuk melindungi rahasia pulau ini. Banyak yang menganggap itu hanya mitos... tapi setelah apa yang kalian temukan di gua, aku tidak yakin lagi."
"Jadi," ucap Alex, "kalau kita terus mencari, kita akan menghadapi lebih dari sekadar jebakan?"
Pak Joko menatapnya dengan pandangan yang dalam. "Aku takut begitu."
Di luar, angin kembali bertiup kencang, membawa serta perasaan dingin yang merayap hingga ke dalam penginapan. Tidak ada yang bicara untuk beberapa saat, tenggelam dalam pemikiran masing-masing tentang langkah apa yang harus mereka ambil selanjutnya. Hawa pulau yang mencekam perlahan mulai terasa nyata, seperti sesuatu yang diam-diam mengintai dari balik pepohonan lebat di luar sana.
"Kita harus kembali ke sana," Alex akhirnya memecah keheningan. "Apa pun yang menunggu kita, kita tidak bisa berhenti di sini.”
KAMU SEDANG MEMBACA
PETUALANGAN DI PULAU TERPENCIL
AdventureSaat merencanakan liburan santai di sebuah pulau terpencil, Alex dan teman-temannya tidak menyangka bahwa mereka akan terjebak dalam sebuah misteri kuno yang telah lama terlupakan. Penemuan tidak sengaja memicu serangkaian peristiwa yang mengungkap...