Bab 51

11 1 0
                                    

Permaisuri kekaisaran berbicara dengan lembut dan sangat lembut. Telinga Yinzhen berkedut. Matanya perlahan melebar dan dia mengangguk dengan berat. Kegelisahan di wajah mudanya menghilang dan berubah menjadi kegembiraan murni.

Dia menelepon ibunya, matanya yang hitam berbinar. "Putramu tahu, dan putramu akan bersikap baik kepada adik keenamnya!"

"Ibu tenang saja," kata permaisuri kekaisaran dengan hangat, membelai rambutnya. Ia kemudian menatap bunga-bunga dan pohon-pohon yang layu di luar jendela dengan ekspresi bahagia.

Setelah lama mencari, matanya berkedip, dan dia berkata dengan santai, "Kalau begitu, ibu ingin menanyakan sesuatu kepadamu. Apakah Yinzhen lebih dekat dengan kakak laki-lakinya yang kedua atau adik laki-lakinya yang keenam sekarang?"

Yinzhen tertegun sejenak. Ia mengatupkan jari-jarinya dan berpikir sejenak sebelum berkata dengan serius, "Kakak kedua memperlakukanku seperti adiknya, dan aku memperlakukan adik keenam seperti adikku sendiri. Ibu, ini tidak bisa dibandingkan."

Permaisuri kekaisaran terkejut. Dia lalu melengkungkan bibirnya dan tersenyum. "Ya! Kau benar, mereka memang tidak bisa dibandingkan."

Pangeran keempat memahami pepatah bahwa ada perbedaan antara seorang raja dan menterinya.

Sudah setahun sejak dia memasuki ruang belajar. Dia sudah menghafal 'Kitab Tiga Karakter' dan 'Aturan untuk Siswa' dengan saksama, serta konsep-konsep seperti bakti kepada orang tua, persaudaraan, etiket, dan keadilan. Itulah ajaran-ajaran yang sering dibicarakan oleh para guru.

Yinzhen meremas-remas jarinya dan ragu-ragu. "Kakak kedua... Apakah kakak kedua benar-benar berpikir begitu?"

Tidak, bukan itu masalahnya. Kakak laki-lakinya yang kedua tidak pernah bersikap merendahkan. Dia tidak hanya mengajarinya dan bermain dengannya, tetapi juga memberinya seekor kuda poni. Bagaimana mungkin dia memperlakukan adiknya sebagai seorang bangsawan, seperti yang dikatakan ibu?

"Kakak keduamu masih muda. Siapa yang tahu bagaimana jadinya nanti..." Permaisuri kekaisaran menelan kata-kata yang belum selesai, tersenyum tenang, menundukkan matanya. Senyumnya menunjukkan sedikit ejekan. "Tetapi dengan Tuan Suo di sini, itu belum tentu terjadi."

Suaranya sangat lembut, dan menghilang di aula.

Permaisuri kekaisaran memahami kepribadian Yinzhen. Anak ini keras kepala. Dia cukup keras kepala ketika memutuskan sesuatu di usia muda dan tidak mudah goyah. Namun, itu tidak masalah. Seiring berjalannya waktu, Yinzhen akhirnya mengerti apa yang dimaksudnya, dan perlahan-lahan semakin menjauh dari putra mahkota!

"Kamu hanya perlu mengingat kata-kata ibu." Permaisuri kekaisaran memegang tangan Yinzhen dengan penuh kasih sayang dan tersenyum tipis. Dia menahan batuknya dan berkata, "Lihatlah aku. Kita hampir selesai makan. Aku seharusnya tidak menyebutkan hal-hal ini. Inang Zhen, pergilah ambil sepiring kue kastanye. Pastikan kuenya panas, agar tidak terlalu sakit di perut pangeran keempat."

Perawat Zhen berdiri di samping dengan hormat. Ketika mendengar perintah itu, dia segera menjawab dan pergi sambil tersenyum.

*******

Selir Hui sangat cemas beberapa hari terakhir ini.

Baru beberapa hari sejak selir mulia melahirkan pangeran kesepuluh. Urusan istana masih ditangani oleh ketiga selir. Karena Selir Rong akan menjegalnya dari waktu ke waktu, kata-katanya penuh tekanan. Tugas-tugas yang dulu begitu mudah tidak lagi mudah. ​​Itu sangat menyebalkan.

Di sebelahnya ada Selir Yi, yang sedang menonton kesenangan itu. Riasan dan pakaian yang dikenakan Selir Yi setiap hari membuat wajah Selir Hui yang sudah kuyu tampak semakin buruk. Dia jelas tujuh atau delapan tahun lebih tua, tetapi dia tampak seperti seseorang yang dua generasi sebelum Selir Yi.

Permaisuri Favorit Melakukan Pemogokan Setiap HariTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang