*ADEGAN PERTAMA*
Dafi (Korban)
Alya (Pelaku penipuan Korban)
______________________*SHOOT 1*
Di ruang kelas pada suatu hari.
Dafi dengan ponsel di genggamannya yang sedang menampilkan layar permainan game online sembari terus melontarkan gerutuan kepada anggota Team hingga habis kesabaran.
Dafi : "tim, guguk! ini akun juga jelek banget, sumpah."
Dafi yang terbawa suasana dan sudah tidak berselera untuk melanjutkan permainan nya itu pun berakhir memutuskan untuk keluar dari aplikasi tersebut dan menggerakkan jarinya untuk memindai aplikasi lain yang tidak lain tidak bukan adalah aplikasi X.
Di aplikasi X tersebut, Dafi mengutarakan perasaan kesalnya terhadap teman satu Tim dan akun game yang ia punya karena keduanya tidak kompak mengalahkan musuh. Beberapa menit setelah mengirim cuitan berisi makian itu, Dafi menerima notifikasi pesan masuk dari aplikasi X.
Alya: "kenapa bro? toxic banget kayaknya."
Dafi: "kacau, gara² tim beban + akun gembel gak bisa ngapa-ngapain, mati terus."
Balas Dafi tak lupa mengirimkan tangkapan layar dari hasil akhir permainan game online yang tadi ia mainkan.
Alya : "ye kocak, topup lah makanya, beli akun."
Dafi : "gila, mahal anjir, langsung tepos dompet gua yang ada."
Alya : "mahal? beli di i lah, di akun nya udah ada skin Epic sampe Lightborn cuma 100rb-an + biaya tambahan jadi 120rb-an kurleb."
Dafi : "busettt, sedekah?"
Alya : "udah u gausah pusing, sekarang langsung topup di i aja."
Dafi : "iyadah, gua beli akun. berapa?
Alya : "angjaz kece, langsung i proses setelah u tf"
Dafi : "oke, tunggu."
Tanpa kecurigaan dan pikir panjang karena sangat tergiur atas penawaran akun X tidak dikenal ber-username 'Alya' itu. Tak lama kemudian, Dafi pun men-transfer uang sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak.
Dafi mengirimkan bukti transfer kepada Alya, dan Alya membalas pesan Dafi hanya dengan sebatas dua buah emoticon jempol.
Alya : "oke, masuk. tunggu beberapa jam, i proses sekarang."
Dafi : "oke."
_______________________*SHOOT 2*
1 jam..
2 jam..
3 jam..Dari jam 10.00 AM hingga 18.00 PM yang berarti sudah 8 jam lamanya Dafi keluar masuk aplikasi game online untuk mengecek pembaharuan pada karakter Hero nya, tapi tetap tidak terlihat tanda-tanda karakter baru yang terbuka.
Dafi mulai mengirim beberapa pesan di aplikasi X kepada akun ber-username 'Alya' tadi untuk menanyakan bagaimana kabar dari proses pembaruan karakter yang telah ia beli.
Sama perihal nya dengan karakter game yang tidak kunjung terbuka, deretan pesan yang Dafi kirim pun sama sekali tidak ada yang mendapat balasan.
Dafi : "sial! gua kena tipu." ujarnya
Dafi : "ini banyak korbannya, dan sekarang gua juga termasuk? :D"
Dafi cemas bebek memikirkan nominal uang sebesar hampir 200rb yang hangus begitu saja karena telah menjadi korban penipuan aplikasi X, Dafi menyesal tidak mencari tahu tentang akun tersebut yang ternyata tengah ramai di bicarakan.
Dan sekarang ia tengah memikirkan bagaimana cara mendapatkan kembali uang yang hangus itu.
Sementara Alya di seberang sana.
Alya tengah memainkan permainan yang biasa ia mainkan di ponsel, juga bersama dengan beberapa temannya yang di ketahui memiliki pekerjaan serupa sebagai pelaku penipuan atau scam game yang mengharuskan untuk melakukan topup.
Alya : "eh kocak, biru jangan ngalangin!"
Khanza : "LU JUGA, JALAN NYA JANGAN MENGSONG."
Alya : "5 detik lagi, KHANZA MINGGGGIIIIR!"
Keduanya terus saja saling meneriaki satu sama lain sedari tadi, hingga tenaga mereka habis dan berakhir beristirahat sebentar yang kemudian di lanjut dengan keduanya kembali melakukan pekerjaan 'tidak baik' nya.
Bagaimana jika akun mereka sudah ramai di bicarakan? Mudah saja, Alya dan Khanza akan langsung bersegera membuat akun X baru dan mulai melancarkan aksi nya lagi. Dan heran, keduanya selalu saja dengan mudah mendapatkan korban. Tamat-
Dampak penipuan, seperti:
_Kerugian finansial, Trauma mental dan fisik, Kehilangan peluang, Ketakutan dihakimi atau diejek, Menolak melaporkan kejahatan._
Cara Mencegah penipuan, seperti:
_Menghindari mengangkat telepon dari orang yang tidak dikenal
Tidak memberikan informasi pribadi
Menghindari mengunduh file apk dari orang yang tidak dikenal._Penyebab terjadinya penipuan, di antaranya:
_Perjanjian jual beli
Perjanjian jual beli yang tidak jelas melalui media sosial dapat membuat korban terperdaya._
_Ketidaktaatan hukum
Masyarakat yang tidak taat atau tidak peduli dengan hukum dapat menjadi pelaku penipuan. _
_Motif
Keinginan untuk memperoleh uang tanpa harus bekerja keras dapat menjadi motif seseorang untuk melakukan penipuan._