Pernah gak sih, kalian merasa hidup kalian selalu bermasalah. Aku sendiri sering merasa seperti itu, bahkan aku pernah berpikir mengapa tuhan tak pernah adil kepadaku. Seolah - olah tiada hari tanpa sebuah masalah. Terkadang juga datang masalah yang bertubi - tubi sampai aku merasa lelah. Aku pun sampai bertanya kepada Tuhan "Tuhan mengapa engkau tidak adil kepadaku? Mengapa aku harus menjalani hidup yang seperti ini?".
Ada masa dimana semuanya terasa berat bagiku. Masa itu adalah sebuah pengalaman hidup yang takkan pernah aku lupakan. Ya masa itu adalah dimana semua masalah datang silih berganti dari masalah keluarga hingga masalah pertemanan. Ketika ada satu masalah selesai muncul masalah lain, atau bahkan satu masalah belum terselesaikan muncul lagi masalah - masalah baru. Pernah gak sih kalian ngerasain hal itu?. Aku rasa sih kalian semua pasti pernah ngerasain. Bahkan aku sampai berpikir "Mengapa tuhan begitu jahat kepadaku".
Namun, seiring berjalannya waktu aku menyadari satu hal penting. Aku tersadar bahwa masalah yang aku alami saat ini bukanlah sebuah hal buruk. Aku mulai melihat dimana masalah itu bukan datang tanpa sebuah alasan. Mungkin saja Tuhan memberikan masalah ini agar aku bisa menjadi pribadi yang lebih kuat dan bijaksana dalam menghadapi sebuah masalah.
Aku mulai belajar untuk melihat sebuah masalah dari sudut pandang lain. Terkadang kita terlalu fokus pada satu masalah, sampai lupa dibalik itu semua ada pelajaran berharga yang mungkin tidak kita sadari. Tuhan mungkin memberikan kita ujian yang berbeda - beda. Tetapi selalu ada pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari hal tersebut
Sekarang, setiap kali aku terkena sebuah masalah aku bisa mengambil pelajaran berharga. Aku mulai merubah pikiran ku yang awalnya "Mengapa hal ini terjadi kepadaku" menjadi "Apa yang bisa aku pelajari dari masalah ini". Dan tau nggak sih, sekarang aku mulai merasakan perubahan dalam diriku membuatku lebih sabar dan Tangguh dalam menghadapi ujian yang Tuhan berikan serta aku bisa lebih memahami tentang arti bersyukur.
Jadi, kalau kalian sedang berpikir hidup kalian penuh masalah dan merasa Tuhan tidak adil. Cobalah untuk melihat dari sudut pandang lain. Mungkin saja itu cara Tuhan untuk membentuk kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Serta menyiapkan kita untuk sesuatu yang akan datang di kemudian hari. Dibalik sebuah masalah yang besar juga terdapat sebuah kekuatan yang besar.
"Kekuatan sejati tidak datang dari kenyamanan, tetapi dari cara kita menghadapi dan mengatasi setiap tantangan yang ada."
END
KAMU SEDANG MEMBACA
Temukan Kekuatanmu
Short StoryPernahkah kamu merasa hidupmu selalu dipenuhi masalah? Rasanya seperti tiada hari tanpa ujian, dan terkadang kita sampai bertanya, "Mengapa Tuhan tidak adil kepadaku?" Dalam tulisan ini, aku berbagi perjalanan pribadi yang penuh liku, dari masa-mas...