"Ada apa ini? Mengapa semuanya memakai pakaian berduka?"Arjuna awalnya mendesak kakaknya, Yudistira untuk kembali secepatnya. Akhirnya desakan itu membuahkan hasil, mereka kembali ke Hastinapura untuk membuktikan dosa Duryudana yang membuat mereka hampir mati dilautan api!
"Ibu? Mengapa kamu menangis?"tanya Arjuna yang memiliki firasat buruk, mata Arjuna menatap para tamu dan tidak melihat sosok adiknya.
"Dimana Gayatri?"Dengan langkah cemas, Arjuna saat ini telah tiba dihadapan Karna.
"Kami meminta mu menjaga Gayatri, sekarang dimana dia?"tanya Arjuna dengan nada dingin, Karna menegang kaku.
"Aku...aku.... tidak bisa menepati janji ku. Gayatri sudah mati"
"Bajingan!"Arjuna meninju wajah Karna dengan amarah menggebu-gebu.
"Tenang, Arjuna. Ini bukan salahnya, ini salah ibu. Ibu tidak bisa menjaga adik mu"Kunti mencoba melerai pertikaian keduanya.
"Aku meminta mu menjaganya! Kamu sudah menyanggupinya, mengapa dia masih terluka?!"Arjuna masih tidak menerima kematian adik kecilnya, dan akhirnya menghajar Karna.
"Tenanglah kakak Arjuna, Karna tidak bisa disalahkan untuk semua kejadian ini. Kematian Gayatri pasti ada hubungannya dengan mereka!"geram Nakula sambil menatap para Kurawa, Duryudana menunduk dengan perasaan bersalah.
Benar adanya, jika semuanya adalah ulahnya. Kematian adiknya, adalah karena rencananya. Dia adalah pembunuhnya!
"Aku tau itu, ini pasti kamu! Ulah mu kan?!"Bima segera bergegas untuk meninju Duryudana.
"Benar, aku yang membunuhnya! Aku penyebab kematiannya! Aku...."Duryudana berlutut karena tidak kuasa menahan kesedihannya.
"Aku membunuh adik ku sendiri"Duryudana menjambak rambutnya karena frustasi.
Pemukulan Bima tiba-tiba berhenti, semua mata menatap Duryudana dengan pandangan kebingungan, apa artinya?
"Aku membunuh adik kandungku sendiri, aku penjahat! Aku penjahat!!! Untuk itu, aku harus menebusnya dengan kematian ku!"Duryudana yang setengah gila, menatap api pemakaman itu dengan tatapan bertekad.
Pemakaman itu, dilakukan dengan membakar barang kesayangan Gayatri, karena jasadnya tidak ditemukan.
Meksipun begitu, Duryudana menganggapnya bagian dari Gayatri. Karenanya dia ingin bersamanya, ini bisa dihitung bentuk penebusan atas kesalahannya kan?
"Hentikan!"Bisma dengan sigap menangkap Duryudana.
"Tidak! Kakek, lepaskan aku! Aku ingin bertemu adik ku! Aku ingin meminta maaf!"
"Apa sebenarnya tang terjadi? Mengapa Duryudana berulangkali memanggil Gayatri adik?"tanya Yudistira kebingungan, Dursasana ragu-ragu untuk sesaat. Tetapi akhirnya memilih membongkar rahasia ini.
"Sebenarnya..."Dursasana mulai menceritakan kisah sebenarnya. Bahwa pada awalnya, mereka bertemu dengan sosok yang mencurigakan. Saat ditelusuri, mereka tau jika dia adalah Kirana!
Ibunya Gayatri, hanya saja setelah menyelidikinya lebih cermat, ada sebuah fakta tersembunyi!
Kirana ternyata bukan ibu kandung Gayatri! Lebih tepatnya, Gayatri pada awalnya adalah anak Ratu Gandari dan Raja Destarasta yang ditukar oleh Kirana dengan anaknya sendiri.
Hal ini terjadi karena Raja Destarasta selalu mengabaikan Kirana, menganggap Kirana hanya sebuah kesalahan.
Pada awalnya Kirana berpikir untuk memanjat tangga sosial dengan mencoba memikat hati Raja, siapa yang sangka, dia hanya dianggap aib olehnya. Dia dijauhi, bahkan bayinya tidak pernah sekalipun digendong oleh Raja.
Bagaimana hal ini tidak membuatnya marah?
Dia, Kirana! Demi menjadi seorang bangsawan, mengorbankan keperawanannya! Tapi apa yang didapatkannya?!
Dia diabaikan, dan dibuang?!
Karena itulah, dia bertekad untuk membalas dendam! Dia menginginkan anak Raja dan Ratu mengalami apa yang bayinya rasakan!
Selanjutnya, dia akan meninggalkan bayi Raja dan Ratu sendirian di istana ini, dia akan melarikan diri sehingga anak malang itu tidak memiliki siapapun untuk bergantung!
Rencana itu akhirnya berhasil, dia juga sudah memulai kehidupannya dengan kekasih barunya diluar kerajaan Hastinapura.
Hanya saja, sebagai seorang ibu. Bagaimana dia bisa jauh dari anaknya dalam waktu lama?
Akhirnya dia memutuskan untuk menjenguk Putrinya yang telah menempati posisi Gayatri, sayangnya dia ceroboh kali ini. Hingga semua rahasia tersembunyi itu terbongkar!
***
Bersambung ~
See you
KAMU SEDANG MEMBACA
Variabel Mahabharata
FantasyBagaimana jadinya jika kisah yang kita kenal selama ini, tiba-tiba berubah karena adanya suatu variabel? Apakah akan berakhir baik, atau sebaliknya? Entahlah... Siapa yang tau? Yang jelas, ini adalah kisah ku! Kisah ku sebagai adik bungsu dari para...