Chapter 2(Bagian 2) : Aku Ingin Menjadi Lebih Baik

13 12 1
                                    


-

-

Halo kembali lagi dengan bagian terbaru di chapter 2, selamat membaca.

-

Jangan lupa vote dan komen ya.

-

-

Kali ini pelajaran tentang sejarah. Aku berusaha untuk menyimak dan mencatat banyak hal penting yang disampaikan oleh guru.

"Pada kisaran tanggal 27 Juni 1596, ada seseorang yang bernama Cornelis de Houtman yang datang ke Indonesia, kalau tidak salah dulu itu namanya Nusantara ya masih belum Indonesia. Awalnya mereka datang kesini untuk membeli stok rempah-remah saja. Tapi, lama kelamaan mereka mulai berpikir untuk menguasai rempah-rempah di negara kita dan mulai darisanalah penjajahan terjadi."

"Beberapa tahun setelahnya, mereka mulai mendirikan organisasi yang bernama voc yang jatuh pada tanggal 20 Maret 1602."

Mendengar pelajaran sejarah mungkin terasa membosankan karena terasa seperti mengungkit masa lalu. Tapi meskipun begitu, ini adalah ilmu yang penting untuk menghormati para pahlawan di masa peperangan.

Tapi aku tahu kalau sejarah ada kemungkinan tidak sepenuhnya benar karena mereka dicetak oleh sang pemenang. Peperangan itu dimenangkan oleh Indonesia, jadi tentu sejarah itu dibuat oleh Indonesia dengan kebenaran yang belum tentu seratus persen.

"Sekarang ibu ingin bertanya kepada kalian. Apakah ada yang tahu apa alasan voc didirikan di Nusantara?"

Bu guru bertanya, tapi tidak ada satu orangpun yang mengangkat tangan karena mereka banyak yang tidak tahu jawabannya.

"Ayo angkat tangan, apakah tidak ada yang tahu jawabannya?"

Alih-alih mengangkat tangan, kami semua lebih memilih menundukkan kepala karena takut ditunjuk untuk menjawab.

Lalu melihat reaksi kami, Bu guru mulai menghela nafas panjang.

"Apakah memang seperti ini ciri khas murid-murid di Indonesia? Saat ditanyai pertanyaan tidak ada satupun yang bisa menjawab, padahal dari awal sudah ibu terangkan. Kalian itu memperhatikan atau tidak sih!!!!!"

Ini dia, akhirnya dia memarahi kami satu kelas karena tidak ada yang menjawab.

"Alasan utama didirikannya voc adalah mengamankan kontrol atas perdagangan rempah-rempah yang berlimpah di wilayah Asia Tenggara. Hal ini mencakup produksi, pengangkutan, dan pemasaran rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, dan lada."

"Hmmm benar. Baiklah terima kasih Leo karena sudah mau menjawab. Padahal nilaimu tidak terlalu bagus tapi kau bisa menjawab ya."

"Itu karena saya nau berubah bu."

"Bagus. Dan semuanya ibu harap mulai merubah cara belajarnya seperti Leo juga. Karena apa? Kalian itu adalah aset negara, seseorang yang akan membangun negara ini di masa depan nanti!!!"

Bel pulang sekolah akhirnya berbunyi saat Bu guru sedang mengoceh dengan kecepatan tinggi sampai membuat telinga kami seperti ditusuk.

"Baiklah pelajaran hari ini selesai, kalian semua boleh pulang."

Lima menit setelah Bu guru itu keluar, semua siswa di kelas menghela nafas panjang.

"Huuuuuuffffff. Ibu itu bukankah dia terlalu galak? Guru killer memang selalu ada di setiap sekolah ya."

"Yah kau benar. Sepertinya itu memang tidak bisa dihindari, tapi bagaimanapun kita sudah kelas tiga, mungkin karena itulah Bu guru itu terlihat galak."

"Apa hubungannya?"

Leo : Dia yang Seorang Idola[ TERBIT ]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang