BOOK IS MY LIFE

123 7 0
                                    

Perkenalkan namaku Kayla. Aku sudah berumur 15 tahun dan menduduki bangku SMA. Aku termaksuk orang yang mudah bosan dan sangat aktif. Aku hanya tinggal bersama ibu dan kakak laki-lakiku. Dan asal kalian tau aku benci kepada.....buku?

Pagi ini aku keluar dari kamarku. Ku lihat ibuku sedang menyiapkan sarapan sedangkan kakakku sedang bermain hp, ah palingan dia sedang chat dengan pacarnya. Kalau kalian tanya kakakku kelas berapa jawabannya kakakku sekarang telah kuliah. Saat dimeja makan aku menyapa kedua orang yang ku sayangi itu. Lalu sesudah makan aku bergegas berangkat tantunya bersama kakakku. Aku berangkat menggunakan mobil.

Saat di sekolah aku masuk ke kelas. Terlihatlah ke-2 sahabatku yang sedang asik membaca buku. Aku lalu mendekati mereka ber-2. Lalu mengagetkannya. Mereka berdua yang sedang membaca dengan serius pun terkejut. Aku tertawa melihat kejadian itu lalu mereka marah walaupun aku sudah minta maaf kepada mereka. Dan akhirnya mereka pun memaafkanku dan memintaku supaya tidak mengulanginnya. Tetapi bukan hanya itu saja, mereka berdua juga memberiku hukuman. Dan kalian mau tau hukumannya itu apa....

Hukumannya adalah...aku disuruh baca buku novel yang tebalnya 250 halaman dan setelah selesai membaca aku disuruh meringkasnya... buku itu dipinjamkan oleh Agnes sahabatku, padahalkan mereka tau kalau aku sangat benci terhadap buku dan yang lebih mengagetkannya adalah aku disuruh membaca itu dalam waktu 1 minggu berarti waktuku 7 hari!!!??. Apa, sih! yang special dari buku? Malah jika membaca mereka sering tidak mendengarkanku karena sibuk membaca. Ya walaupun nilaiku kalah dari mereka berdua tapi aku tidak pernah mendapat nilai di bawah kkm.

Dan mulai besok aku libur 2 minggu 3 hari karena anak kelas 7, 8, dan 9 sedang ujian dan bergantian serta ada rapat guru. Besok adalah hari terenak dan terburuk bagiku...

Inilah hari hariku dimulai dengan membaca buku...

*Hari pertama*

Hari ini aku libur hari pertama serta hari pertama melakukan hukuman. Hari ini hari sabtu, cuaca diluar sangat cerah tapi tidak dengan suasana hatiku. Saat bangun tidur aku langsung kekamar mandi untuk mandi. Setelah itu turun sarapan. Saat di meja makan kakakku dan ibuku bertanya kepadaku "kamu kenapa, sayang? Kok lemes banget?" tanya ibuku. Lalu kakakku menyahut "ya, kamu kenapa, sih dek! Cerita dong sama kakak dan mom"

"Aku gak kenapa-napa kok mom, kak" jawabku. Tapi ibuku sama kakakku tetap memaksaku akhirnya aku pun menceritakannya, "jadi aku kan kemaren ngagetin Agnes dan Brendo yang lagi baca buku jadi mereka marah dan aku disuruh membaca novel yang tebalnya 250 halaman dan sesudah itu meringkasnya dalam waktu 1minggu alias 7 hari. Dan dimulai dari jari ini" mom dan kakakku yang bernama Aldino yang biasa ku panggil kak Dino, malah tersenyum lebar.

Karena kesal akupun menyelesaikan makanku dan segera naik kekamarku untuk memulai membaca. Saat mengambil bukunya aku bergindik ngeri melihatnya. Aku melihat sampulnya yang berjudul 'Adventure in another world' lalu aku membuka halaman pertama dan membacanya. Saat membaca sampai halaman 10 aku bosan karena ceritanya belum seru, tapi aku tetap melanjutkan membaca karena waktuku hanya 7 hari. Hari ini aku sudah mencapai halaman 25 dan ceritanya sungguh membosankan. Lalu aku mengambil buku kosong dan meringkas cerita yang ku baca.

*Hari kedua*

Hari ini hari minggu aku melanjutkan membaca lagi. Hari ini aku membaca sampai halaman 60. Ceritanya sepertinya mulai agak seru karena tokoh utamanya terbawa ke dimensi lain dan menemukan sebuah kerajaan dan........ . Sesudah membaca ia meringkas lagi ceritanya.

*hari ketiga*

Hari ini hari senin. Inget ya aku libur hari ini. Aku sudah membaca sampai halaman 98 dan ceritanya mulai agak seru. Si tokoh utamanya mulai diberi tau bahwa dirinya itu witch atau penyihir dengan sedikit teka-teki dan ia sudah tanpa sengaja menggunakan kekuatannya untuk membunuh beberapa anak buah penyihir jahat. Dan aku pun meringkas cerita yang baru kubaca.

*hari ke empat*

Hari ini hari selasa. Aku sudah membaca 150 halaman karena ceritanya seru. Aku jadi suka cerita ini. Dan jadi semangat membaca. Akupun melanjutkan jegiatan meringkasku setelah membaca.

*hari ke lima*

Hari ini hari rabu. Aku sudah membaca sampai halaman 193. Ceritanya semakin seru aku sangat suka membacanya. Dan aku jadi semakin penasaran kelanjutan ceritanya. Aku ingin sekali meminta mom membelikan buku cerita yang seperti ini. Sangat seru...

*hari ke enam*

Hari ini hari kamis. Aku sudah membaca sampai halaman 150 aluas telah selesai. Yey. Aku membacanya cepat karena cerita itu sangat seru. Aku suka sekali. Setiap kali aku melihat buku itu aku menjadi semangat. Aku ingin cepat-cepat mengambil buku itu dan membacanya. Entah mengapa aku merasa senang dan tenang. Dan saat aku selesai membacanya ada perasaan lega karena pertempuran tersebut berakhir bahagia.

Aku pun segera meringkas dengan cepat dan semangat. Ringkasanku aku robek dan aku ringkas lagi. Kata-kata yang tidak perlu aku keluarkan. Dan tidak lupa aku memberi amanat, kesan, dan pesanku terhadap cerita tersebut.

Lalu aku turun ingin menemui ibuku dan kakakku. Dan kebetulan mereka sedang berbincang-bincang di ruang keluarga. Aku turun dan berlari ke ruang keluarga. Aku memeluk mamaku dengan semangat."ma...!! Aku sudah selesai membaca cerita itu. Besok boleh gak aku izin sama mama pergi ke toko buku gra****a sama agnes dan brendo?"

Lalu mom menjawab " wah anak mom sudah mulai suka membaca ya? Kalo mau pergi aja beli apa aja sesukamu tapi inget harus dibaca sampai habis" "Janji!!?" Kata mom sambil menunjuk kelingkingnya dan aku pun menunjukan kelingkingku "janji" jawabku.

"Ehem..." kakakku berdehem.
"Sepertinya lagi pada asik sampai kakak menjadi obat nyamuk disini. Btw,selamat ya.. bagaimana menurut mu membaca? Kalau mau kakak mau kok meminjamkan novel horror" lanjut kakaknya. Dan merekapun tertawa bersama. "Ya. Terima kasih atas tawarannya tapi sepertinya aku belom siap buat ketakutan pas tengah malem" jawabku sambil terkekeh.

*hari ke tujuh*

Hari ini Brendo dan Agnes main kerumahku. Dan mereka senang sekali aku sudah suka membaca apalagi saat mereka mengetahui aku mengajak mereka ke toko buku gra****a.

Tidak lupa aku memberikan kepada mereka ringkasan yang ku buat. Setelah itu kita bersama-sama pergi ke toko buku gra****a. Disitu aku membeli 5 novel. 2 novel tentang persahabatan dan 3-nya bergenre adventure. Dan sejak saat itu seminggu sekali aku pergi ke toko buku.

Karena membaca nilaiku menjadi naik drastis. Aku juga mendapat ranking di kelas. Aku senang sekali. Aku juga kadang bersaing nilai dengan sahabatku.

Dan aku sekarang telah terkenal... mau tau mengapa? Karena aku berhasil menerbitkan novel buatanku sendiri dan novel itu menceritakan kejadian yang kualami atau bisa dibilang kisah nyataku dengan judul 'Book is my life'. Memang aneh orang yang sangat tidak menyukai buku menjadi suka malah sangat terhadap buku sepertiku malah sampai menerbitkan buku.

Aku duluan ya... aku ada jadwal dan harus mendatangi acara meet and greet buku buatanku. Dah....

BOOK IS MY LIFETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang