Hai guys, ada yang kangen sama gue? *gaaaak* okeh, lanjut.
Karena sekarang sedang musim UTS jadi gue bakal ngasih tau kesalahan kesalahan lo saat menyontek yang menyebabkan lo jadi ketauan sama doi *eh ketauan sama guru.1. Lo nyontek lewat buku
Nah, ini adalah kesalahan paling besar dan sedikit tolol menurut gue. Karena apa? Lo sama aja ngumpanin guru, buku lo bisa dengan gampang ketauan sama guru.
Dengan lo nyontek lewat buku, iya sih jawabannya lebih lengkap, tapi, kemungkinan lo bakal ketauan itu 95%2. Lo berisik
Kadang gue bingung, kenapa temen-temen gue kalo nyontek itu berisik banget, pas ketauan guru baru kicep.
Nah, untuk lo yang suka nyontek, kerjasama ataupun minta jawaban sama temen, seharusnya harus bisa ngecilin suara lo biar gak mancing perhatian guru, karena kalo lo berisik waktu nyontek, guru pasti tertarik, "apa sih yang membuat anak murid saya berisik saat ujian?"
Ya kecuali kalo pengawas lo tidur, ataupun budek dan gak perhatian, mungkin lo aman.3. Terlalu banyak tingkah
Nah, waktu lo minta jawaban sama temen lo, lo itu kebanyakan tingkah, itu yang mengundang perhatian pengawas lo buat ngedatengin lo.
Nah, kalo mau nyontek, bok yak yang kalem kalem aja atuh. Jangan grasak grusuk, gue tau lo pasti khawatir takut ketauan guru kalo lo bawa contekan ataupun nyontek sama temen, ya tapi itu resiko lo.Okeh intinya, daripada lo nyontek, menurut gue, lebih baik lo ngerjain sendiri, kenapa?
Orang tua ngebiayain lo sekolah bukan buat dapet nilai bagus, tapi biar anaknya dapet ilmu yang bisa kepake dimasa yang akan datang.
Mungkin buat lo yang nyontek lewat kertas kecil yang dibawa dari rumah ataupun yang dari buku langsung, lo bakal dapet nilai gede. tapi gue kadang bingung sih sama temen gue... udah nyontek lewat buku yang segede gaban, tapi nilainya tetep kecil, sebenernya apa sih yang dia contek dari buku itu?
Tapi gue lebih mending ngeliat orang yang nyontek lewat contekan, buku, ataupun mbah gugel, daripada orang yang nyontek sama temen. Kenapa?
Karena temen lo yang usaha tapi lo tinggal nyalin.
Kalo temen yang kita contekin juga nyontek?
Oy, nyontek itu usaha juga loh,, walaupun dengan cara yang salah(?)Nih ya, coba lo yang ada diposisi orang yang dicontekin, lo ngerjain susah payah, trus tiba-tiba temen lo bilang, " Oy bro, lo yang ini udah belom?"
"Udah kok gue."
"Wah liat dong."
Nah, lo nyesek gak? Kalo gue sih nyesek ya, apalagi kalo temennya minta maksa, kayak gini.
"Oy bro, lo yang ini udah belom?"
"Gue ngasal bro." << alasan lo biar gak dicontekkin.
(((Percuma))
"Gapapa ngasal bro, dari pada gak dijawab."
Setelah nilai keluar dan jawaban yang lo kasih ketemen lo salah, temen lo nyalahin lo. Nah temen kayak gini nih yang minta ditebas.
Ada juga yang maksanya kayak gini.
"Oy bro, lo udah belom yang ini."
"Belom gue bro." << alesan buat gak dicontekkin.
((Percuma))
"Yaudah deh yang nomor lain aja, sini ljk lo dong." << dan ljk lo langsung diambil sama temen lo.
^
^
Itu adalah penyimakan yang terjadi dikehidupan sekolah gue.
Bit*h please...
Lo udah nyontek, maksa lagi.
Emang lo siapa?Intinya, daripada lo nyontek dengan segala trick mending lo belajar buat ulangan, sekecil apapun nilai yang lo dapet nanti, tapi kalo itu hasil dari otak lo sendiri, lo pasti bakal ngerasain ada yang beda dari nilai gede yang lo dapet dari hasil nyontek.
Bukannya gue munafik ataupun sok baik ya..
Jujur gue dulu waktu sd selalu nyontek dan kerjasama, entah karena kena angin apa, pas gue masuk smp, kalo ulangan gue gak pernah nyontek sama sekali, bahkan gue sampe buat prinsip, "Mendingan kosong, daripada ada jawaban tapi bukan jawaban sendiri."
Dan gue rasain perbedaannya, gue lebih dapet hasil dari nilai ujian gue, walaupun hasilnya gak sebagus waktu gue sd, tapi nilai gue di smp lebih gue bangga.
Intinya, gue itu mantan tukang nyontek yang udah tobat tapi sekarang malah dicontekin (?) //skip//Tapi dari semua tipe orang mencontek yang ada, gue paling benci sama orang yang nyontek jawaban dari temen.
Okeh, sekian dari penyimakan gue, dan part ini kayaknya kebanyakan curhat gue deh, sorry ya...
Jangan lupa vommentnya, dan buat lo yang gak terima sama pendapat gue, lo bisa kok komen, gue akan selalu menghargai pendapat lo, ya mudah mudahan sih :v
Yang setuju sama gue, boleh dong kasih vote sama komennya *kedip kedipin mata*oh iya, selamat hari raya idul adha ya! ^^
Sampai berjumpa dipenyimakan selanjutnya ^^ jaa *-*)/
KAMU SEDANG MEMBACA
(GNLB) Gerakan Nyimak Lebih Baik
RandomOkeh, jadi gue adalah salah satu anggota GNLB yang diketuai oleh @kenny_chung Nah, gue itu gak terlalu suka ngomentarin orang kalo masalahnya gak penting banget, kalo penting bakal gue komentarin *abaikan* //skip// jadi, nyimak adalah sesuatu kegiat...