LDR

2.1K 84 40
                                    

Tumpukan kertas bertinta hitam berserakan di sudut ruangan, buah tangan tangan dosen terukir dengan bijaksana menimpah tinta hitam dibawahnya. Buku-buku tebal tergeletak acak sebagai referensi pribadi, meja belajar pun beralih fungsi menjadi tempat semedi.

Inilah keadaan para pejuang skripsi, dengan wajah pucat, lingkaran hitam di sekitar mata dan hati yang patah. *curhat.

Mereka layaknya zombie atau bahkan lebih parah lagi, mereka sudah menyerupai smeagol, tokoh mengerikan dalam film The Lord Of the Ring seraya berkata "My Precious" kepada sebuah cincin dengan posesifnya dan mata yang berbinar.

Ini mengenaskan sekali sumpah *elbeye

Belum lagi mereka harus menghadapi pertanyaan-pertanyaan
menyebalkan.

"Kapan sidang?" *kicep, karena ragu sekaligus gak tau mau jawab apa

"Udah beres yah si teteh mah kuliahnya?" *kicep

Belum lagi hubungan yang berantakan karena terlalu fokus sama si "itu".

Skripsi maksudnya. Ehe

Belum lagi, dikerjain dospem. Dospem php. Jahara.

Tapi saya ucapkan terimakasih banyak kepada siapapun pencetus skripsi di dunia ini (serius, ini bukan satir)

Karena apa?

Disaat skripsi itu dianggap... Musuh kali ya. Saya disini duduk manis jhihi, duduk manis dan mulai bercengkrama lagi dengan skripsi, menjalin kemesraan seperti saat dulu waktu saya mengejar sidang proposal . Saya mencoba untuk menjalin hubungan baik sama skripsi. Seperti ideologi jurusan saya "Menciptakan hubungan baik untuk memperoleh benefit atau citra positif" Eaaaaa

Nggak gitu juga sih, kadang gedek. BANGET!!! Ya namanya juga manusia. Ada titik jenuhnya.

Tapi beneran, kita tuh harus deket sama skripsi. Harus kenal sama skripsi, kalau bisa jadiin pacar *jones. Biar sayang aja gitu.. *abaikan

Yaa.. Gimana ya. Kalau gak kenal sama skripsi, maksudnya kalau kita gak ngerti penelitian kita apa, tujuannya kemana, gak mau nyoba ngertiin teori, metodologi dll..

Mending matik aja deh sanah. Bye.

Hahaha.

Jangan perlakukan skripsi layaknya pasukan Orc yang ingin menyerang East of Middle Earth atau Bumi Timur. Skripsi tuh gak salah.. Enggak.. *drama

Kalau hati kita udah benci banget sama skripsi, gimana mau nyentuh si neng skripsi coba?

Neng skripsi? Aa kek, Abang kek, Mas kek. Dasar lesbi 😭

*abaikan

Jadi.. Buat siapapun, yang sedang atau akan menghadapi skripsi. Mulailah dengan menyebut Nama Tuhan, buka hati kita, berdamailah dengan diri sendiri lalu percayalah kalau skripsi itu cuma hal kecil, hal sepele yang akan segera terlalui sebagai batu loncatan untuk fase kehidupan selanjutnya..

(terima kasih skripsi, terimakasih pencetus skripsi). Yakali klinik tongfang 😒

Santai namun serius. Tapi Jangan terlalu santai juga, ntar tau tau dah 5 tahun kemudian, mit amit ya Allah. Jangan terlalu serius juga, muka lu udan boros, ntar makin boros hahahaha. Ampoon.

Doa, sabar, dan yang paling penting usaha. Eaaa

Ada nih satu cerita tentang kakak kelas, dia bimbingan kan, baru keluar tuh SK skripsi. Pas bimbingan pertama dia udah di "abisi" dospem. Ganti judul lah apa lah.

Ngedown banget kayaknya, pada akhirnya dia gak lanjut lagi bimbingan. Angkat tangan, dia nyerah. Dan sekarang? Entah, dia menghilang bersama angin ~

Kita jangan gitu ya, jangan. Sayang banget. Jangan gampang nyerah.

Ada juga nih yang bimbingan udah 5 kali pertemuan, tapi masih mentok di BAB I, gak di acc terus. Akhirnya? Dia LDR (Lelah Disiksa Revisi). Dia nyerah. Padahal kan gak ada yang tau, bisa aja di bimbingan ke 6 di acc.

Buat kasus yang satu ini, jangan gampang nyerah dan selalu percaya sama harapan. Meski kadang harapan itu ngasih rasa sakit, tapi rasa sakit bikin kita makin kuat dan makin kebal. Eaaa

"Masa lalu kita tidak sama dengan masa yang akan datang"

Saya kutip dari Hellen Keller : "Ketika satu pintu tertutup, pintu lainnya terbuka. Tetapi kita seringkali mengamati pintu yang tertutup itu terlalu lama sehingga kita tidak melihat pintu lain yang terbuka".

Jangan putus asa,
Jangan pernah putus asa !
Karena masa depan itu ada.

Jhihi

Kalau buat trik cepet di acc skripsi nih. Kalau revisian, bawa aja draft yang kemaren disuruh revisi, jangan semuanya.. Biar efektif dan gak ngulang ke pembahasan yang udah-udah. Buat saya sih itu berhasil dan cepet acc, tapi tergantung dospemnya juga. Kalau perfectionis dan idealis mah, yaudah gimana lagi. Hahaha

Jangan sekali-kali ngebangkang kalau lagi bimbingan, kecuali punya pegangan yang kuat. Misalnya bawa buku referensi, liatin deh tuh sama dospem. Kalau gak punya dan gak ngerti, mending manut aja deh gak usah mendebat. Dospem itu kan pasti ngerasa ilmunya lebih tinggi dari kita kan, ga akan nerima kalau di bangkang.

"Draco dormiens nunquam titillandus"(Jangan pernah menggelitik naga yg sedang tidur). Itu motto sekolah Hogwarts di Harry Potter. Kita harus bisa baca mood dospem pas mau bimbingan and all you need is manner, no matter fake atau tulus. Mereka ingin di puja, puja kerang ajaiib... Huh dasar.. SCREW YOU!

Gunakan wajah innocent, sok berbinar, jadi penjilat ke dospem juga gak apa apa. Anjir haha..

DAN PEGANG TEGUH INI

"SKRIPSI YANG BAGUS ITU ADALAH SKRIPSI YANG SELESAI"

Jangan gunakan judul yang high bangeeet tapi gak sepadan sama minat kita. Biasanya ini yang bikin ngehambat, karena gak ada passion jadi ya... Susah.

Pakai aja judul yang sederhana dan bersahaja. Eaaaa

Kumpulin mood, buat kerjain skripsi.. Liburan sesekali biar gak jenuh. Piknik teh, piknik.

Dan jatuh cintalah. Jhihi. ketika kita jatuh cinta, kita bakal semakin hidup. Ada motivasi buat cepet beres. Lucky me. Ehe

Satu lagi, enggak tau kenapa nih. Bullyan emang bikin kita ngedown dan takut, tapi jatohnya... kalau buat pribadi nih, jatohnya pengen ngebuktiin kalau kita bisa lulus tahun ini. Jadi ada positifnya itu bully an. Beneran sumpah. Buat saya itu pecutan. Banget!

Jangan telen bulat bulat bully-an ya... jangan baperan. Sikapi bully an dengan positif.

Yakin aja. We can do it!

Dan akhirnya setelah masa masa perjuangan itu terlalui.. Here we are ... Lega sekali rasanya ACC SIDANG MEEN!!

Puji Tuhan. Saya bersyukur sekali.

Sebentar lagi akan mengucapkan selamat tinggal pada skripsi yang akan di renggut dan diserahkan ke penguji.

Saya rindu momen satu tahun lalu saat penelitian baru dimulai, saat kami berkenalan dengan teknik penulisan. *drama

Good bye Skripsi.

Selamat bertemu dengan thesis dan Disertasi. Hahaha makin pusing.

Selamat menjadi dewasa 😏

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jun 03, 2016 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Good BYE SKRIPSITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang