AMALAN DI AWAL MAJELIS ILMU

2.7K 7 3
                                    

Ada beberapa amalan yang dapat dibaca di awal majelis ilmu, di antaranya sebagai berikut :

Doa sebelum Duduk di Majelis Ilmu

Agar terhindar dari kesalahan dalam majelis, sebelum duduk, baik pengajar, pembicara, maupun siapa saja yang hadir di majelis, sebaiknya membaca ucapan berikut :

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَ
سَلِّمْ.

Bismillâhir-rahmânir-rahîm.
Allâhumma shalli 'ala sayyidinâ muhammadin wa 'ala âlihi wa shahbihi wa sallim.

"Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, serta kepada keluarga dan para sahabatnya."

Al-Imam Ali bin Muhammad Husain Al-Habsyi (Shahih Simthud Durar) mengatakan, barang siapa sebelum duduk di majelis membaca doa di atas, tidak dituliskan (ditetapkan) atasnya suatu kesalahan di majelis itu.

Doa Memulai Majelis Ilmu yang Dinisbahkan kepada Imam Al-Haddad

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مِفْتَاحِ بَابِ رَحْمَةِ اللَّهِ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ اللّٰهِ صَلَاةً وَ سَلاَمًا دَائِمَيْنِ بِدَوَامِ مُلْكِ اللّٰهِ.

Bismillâhir-rahmânir-rahîm
Allâhumma shalli wa sallim 'ala sayyidinâ Muhammadin miftâhi bâbi rahmatillâhi 'adada mâ fî 'ilmillâh, shalâtan wa salâman dâ'imaini bidawâmi mulkillâh."

"Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, kunci pintu rahmat Allah sejumlah yang ada dalam ilmu Allah dengan shalawat dan salam yang kekal dengan kekalnya kerajaan Allah."

Niat Belajar Susunan Imam Ali Al-Habsyi
Bagi mereka yang menghadiri majelis ilmu, ketika mulai duduk hendaknya mengucapkan niat belajar susunan Imam Ali Al-Habsyi berikut ini:

نَوَيْتُ حُضُوْرَ مَجْلِسِ الْعِلْمِ، نَوَيْتُ تَكْثِيْرَ سَوَادِ طَلَبَةِ الْعِلْمِ، نَوَيْتُ سِمَاعَ حَدِيْثِ رَسُوْلِ اللّٰهِ، نَوَيْتُ سِمَاعَ كَلَامِ الْعُلَمَاءِ بِااللّٰهِ، نَوَيْتُ النَّظَرَ إِلَى وُجُوْهِ الْعُلَمَاءِ بِااللّٰهِ. بِسْمِ اللّٰهِ.

     Nawaitu hudhûra majlisil-'ilm, nawaitu taktsîra sawâdi thalabatil-'ilm, nawaitu simâ'a kalâmillâhi ta'âla, nawaitu simâ'a hadîtsi rasûlillâh, nawaitu simâ'a kalâmil 'Ulamâ billah, nawaitun-nazhara ilâ wujûhil-'ulamâ billâh. Bismillâh.

     "Aku berniat menghadiri majelis ilmu. Aku berniat memperbanyak kelompok penuntut ilmu. Aku berniat mendengarkan mendengarkan Kalamullah, Aku berniat mendengarkan perkataan para ulama, dan aku berniat memandang wajah para ulama. Bismillah."

     Yang baik juga untuk diamalkan di awal majelis sebagaimana yang dipesankan oleh Al-Imam Ali bin Muhammad Al-Habsyi adalah membaca surah Al-A'la (Sabbihisma rabbikal-a'la.... dan seterusnya). Ketika sampai pada ayat sanuqriuka falâ tansa, hendaknya ayat ini diulangi tujuh kali, setelah itu melanjutkan surah itu sampai akhirnya.

DOA DAN DZIKIR MAJELIS ILMUTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang