Zaman dahulu kala konon di sebuah hutan, terdapat siluman rubah yang memangsa manusia saat siang hari.
"Hah... Sudah lama sekali aku tidak makan manusia. Sekitar berapa tahun lamanya ya? Coba ada manusia datang." gumam seseorang yang jelas adalah si siluman rubah yang sedang berada di pohon, tiba-tiba terdengar suara dari balik semak.
'srak...srak...'.
"Suara apa itu?" kata si siluman rubah penasaran, rubah itu langsung melihat ke arah suara itu berasal, ternyata ada seorang manusia sedang mencari tempat berteduh.
"Aduh... Lelahnya ternyata susah juga mencari si rubah itu." katanya, si rubah yang mendengarnya terkejut sekali masa seorang manusia biasa datang mencari si rubah.
Si siluman rubah itu pun berubah menjadi rubah untuk mengetahui seberapa hebat orang itu dan menghampirinya, terlihat olehnya manusia itu sedang tertidur. Si rubah memandanginya.
"Huh, dia tertidur mungkin kelelahan kali ya?" Si rubah masih memandanginya, "Ternyata... tampan juga pemuda ini, tapi kok ....".
Kenapa ya dia mencariku kata rubah dalam hati.
Beberapa saat kemudian dia terbangun dan melihat seorang gadis cantik tidur di sampingnya. Sebenarnya si rubah yang lelah menunggu pemuda itu yang tak kunjung bangun ikut tertidur dan berubah menjadi seorang gadis cantik.
"Eh, siapa dia? Kenapa dia ada di sampingku. Kalau dilihat-lihat cantik juga!" Tanpa sadar pemuda itu mencium bibir si rubah yang telah berubah menjadi manusia.
Tiba tiba dalam sekejap angin bertiup kencang 'seer...seer' dan terdengar suara rubah mengaung 'aung aung aung' seperti menandakan akan terjadi bencana.
"wow... Kencang sekali anginnya apalagi ada suara rubah mengaung seperti ada sesuatu yang tidak beres" katanya penasaran.
Siluman rubah yang telah dicium oleh pemuda itu berubah menjadi rubah dihadapannya dan siluman rubah itu terbangun dari tidurnya.
"emm... haoh ,kenapa ini kok tubuhku berubah jadi rubah seharusnya kan kalau aku sedang tidur wujudku jadi manusia"kata si rubah yang kaget melihat wujudnya yang seharusnya berubah menjadi manusia.
Pemuda itu juga kaget melihatnya, "tunggu dulu kenapa gadis cantik itu jadi rubah. Apa aku telah membuat kesalahan"tanyanya yang ditujukan pada dirinya sendiri yang merasa bersalah , siluman rubah itu mencoba merubah wujudnya di hadapan pemuda itu yang masih belum disadarinya.
" wahai perwujudan manusia jadikan aku kembali ke wujudku yang semula... pampamzam",siluman rubah berubah menjadi manusia kembali"syukurlah aku dapat barubah lagi". Pemuda yang melihat siluman rubah berubah menjadi manusia makin kaget, "ah ..eh..ahh"katanya kebingungan dan langsung jatuh pingsan.
"wah!! Aduh... Aku lupa kalau ada manusia. Dia pasti kaget melihat aku berubah wujud."si rubah sangat bingung"Aduh!! Mampus aku bisa melanggar kesepakatanku ,dong!! Aduuh!?!"setelah mengumam sendiri siluman rubah membawa pemuda itu ke rumahnya dan membuatkan makanan untuknya.
Keesokan harinya lelaki itu bangun"uaah... Ini ada dimana? Lho, kenapa ada gadis rubah ini lagi? Apa aku bermimpi"pemuda yang merasa tak percaya mencubit pipinya keras dan terasa sakit yang menyatakan bahwa itu bukanlah mimpi.
Si siluman rubah pun ikut terbangun oleh suara pemuda itu keheranan. "emm... Kamu sudah bangun ya"kata rubah itu.
"wah ,dia bangun"kata pemuda itu dalam hati.
pemuda tadi sangat kaget dan lari keluar, "uaww"si rubah melihatnya lari ke sebuah pintu yang bukanlah pintu keluar ingin menghentikannya, "akh,tunggu jangan kesana!! Aduh mampus aku"