---o---O---o---Jam istirahat pertama udah lewat 10 menit. Sisa waktu 20 menit gue gunain untuk lari-larian di koridor sekolah, buru-buru nyari toilet paling deket – buat boker! Ini gara-gara ketoprak setan yang tadi gue makan di kantin. Emang sih mintanya pedes, cuma ya ga sampe sakit perut gini juga! Gila, itu ketoprak cabenya berapa sih? Lagian juga, ini toiletnya dimana sih, manaaa?!
Eh, ada temen sekelas tuh di depan gue, lagi jalan kesini. Buru nyamperin lah.
"Oioioi, Jang! Toilet dimana paling deket?! Gue kebelet nih! Seriusaaan! Het, kalo ditanya buru jawab woy!"
Mungkin karena gue ngomongnya rapid gini tanpa jeda sama spasi, temen gue ini gelagapan sendiri—bingung mau jawab apa. Akhirnya, doi nunjuk lurus ke belakang, tanpa ngomong sepatah kata pun.
"Nuhun, Jang!" Dan gue langsung cabut lurus ke arah yang ditunjuk doi.
Tapi dari arah belakang, temen gue teriak, "hati-hati! Toilet situ angker!"
Ckiiiiiit! Otomatis gue ngerem pas denger kata "angker". No way... sekolah gue yang lama udah angker banget, masa yang ini juga? Tapi kondisi perut gue yang lagi di aduk-aduk gini maksa gue buat ngelawan rasa takut. "Ah, bodo amat lah Jang!" teriak gue. "Kentut gue bau kok, setan juga ga berani deket-deket. Bhay!"
Ini kondisi serius. Jauh lebih serius dari sekedar kebelet boker. Udah seminggu gue sekolah disini, tapi masih belom hafal juga letak-letak bangunannya; kecuali kelas gue dan kantin. Kelas buat belajar, dan kantin buat cabut pelajaran. Simpel kan jalan pikiran gue? Eh tapi kata temen gue tadi, si Jajang, ada empat toilet di sekolah ini: masing-masing satu di lantai dua dan tiga, dan dua di lantai satu. Dan toilet yang gue tuju ada di lantai dasar ini.
Sampe depan toilet, gue diem. Bengong. Cengo. Mangap selebar-lebarnya, yang kalo rahang gue lentur mah bisa kali ini mangap sampe lantai.
Seharusnya gue balik aja! Mundur teratur! Balik arah! Kabur! Cih. Mana bisa disebut toilet yang layak pake kalo kotor, banyak sampah, gelap, sumpek, becek, dan pintunya jebol gini! Ini toilet paling kaco yang pernah gue liat. Untungnya sih baunya masih wajar (dikit).
Meski gue berkali-kali protes dalem hati, tapi gue tetep masuk ke dalem. Ironis.
Pas buka bilik WC yang engsel pintunya udah jebol, gue bengong lagi. Kondom bekas pake berserakan dimana-mana. Kondom bro! Shit men, gue jadi penasaran ini penjaga sekolahnya kerjanya apa coba? Emang ini toilet ga pernah dibersihin? Parah. Paaa~rah!
"Setan juga ogah kayaknya bersarang di sini mah," gerutu gue. Gue geleng-geleng kepala sambil tolak pinggang. Mumpung lagi sendiri, gue mau tengil gayanya. "Jorok banget si ini orang-orang. Idih...."
"Iya. Jorok ya mereka."
Gue ngangguk. "Bener banget! Jorok!"
Terus gue bengong. Ntar dulu. Siapa yang ngomong tadi? Gue pun langsung balik badan, dan..., "Hyaaaaa—ppff...." Mulut gue langsung dibekep pake tangan, otomatis teriakan gue ketahan.
"Sssshhh.... Jangan berisik," omel yang lagi bekep mulut gue. Cewek.
Perlahan-lahan, gue mulai bisa nguasain diri lagi. Seketika gue langsung ngenalin si cewek; si cewek nyebelin yang banyak nanya dan annoying pas gue telat di hari pertama pindah sekolah ke sini. Cewek yang bikin gue bete pas di gerbang sekolah. Cewek yang (katanya) 'punya' angkatan kelas tiga.
"Udah?"
Gue ngangguk, pelan. "Ho'oh. Bentar... lo beneran orang kan?"
Sebelah alisnya naik. "Emang aku keliatan kayak setan?"
KAMU SEDANG MEMBACA
The MAD Trip
Romance"Ketika satu liburan mengubah semuanya, dan membuatmu percaya bahwa tiap orang bisa mewujudkan mimpinya." Semesta selalu punya cara unik nan ajaib untuk mengubah hidup manusia. Dan untuk Ebi, perpanjangan tangan semesta itu hadir lewat sebuah libura...