Gue merengut heran, bertanya-tanya dalam hati. Manda bilang mau beef burger, oke di beliin. Tapi gue kira dia cuma minta satu, eh taunya minta beliin sepuluh biji—sebelas sama yang dia makan. Bagus gue bawa duit, kalo kagak? Masa mesti nyuci piring atau gadein KTP sih?
Dan bego nya gue, nyanggupin aja ngebeliin segitu banyak burger. Padahal, padahal... itu duit jajan gue buat seminggu. Mau bilang apa nanti sama Nyokap? Walah, mampus ini mah.
"Emang lo mau makan segini banyak burger?" tanya gue.
Manda geleng-geleng, terus masukin semua burger yang masih terbungkus ke dalem kantong plastik putih. "Buat dibawa kok, ga semuanya dimakan sendiri. Makasih ya Kak, udah ditraktir," bales Manda sambil senyum.
Gue mulai ngerasa nyesel karena udah sok-sok'an ngajak dia makan dan traktirin. Gue... jadi ngerasa kayak om-om idung belang yang lagi di kerjain sama cewek yang baru kenalan di mall. Di ajak shopping, belanja ini-itu, lalu di suruh bayarin. Ah udahlah, nyesel udah ga ada gunanya. Mending di ikhlasin, asal Manda seneng.
Gue sih cuma makan nasi sama ayam paketan, dengan minum cola. Sementara Manda, lebih suka makan burger dan kentang goreng. Katanya sih, makan nasi panas bikin gemuk, soalnya masih mengandung banyak glukosa. Wih, calon anak IPA nih.
"Emang kentang goreng sama burger ga bikin gemuk? Kan itu makanan yang digoreng," protes gue. Lah iya, emang bener. Minyak itu mengikat lemak coy, jadi sistem pencernaan kita ga bisa gampang menyerap lemak. Yang ada malah bikin lemak numpuk. Gini-gini, dulu SMP gue juga belajar Biologi.
"Iya sih, tapi kan aku sukanya sama french fries dan burger, bukan suka nasi. Suka-suka dong," bales Manda.
"Berarti emang lo aja yang ga doyan nasi. Gue sleding lu, ahelah!"
Kesel gue. Aturan dari tadi mah dia ga usah bilang kalo nasi bikin gemuk. Bilang aja ga suka nasi, ribet amat. Gue ga suka yang ribet-ribet, bikin pusing aja. Sama definisinya kayak cewek di depan gue ini, ribet. Nanti kalo gue kuliah, gue mau ngambil jurusan Bahasa. Terus, gue mau dapet titel sampe Professor. Kalo udah jadi Professor, gue mau ngajuin definisi baru ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tepatnya, ke bagian ini:
Rumit: Manda, ribet, repot, mempersulit.
"Eh, ngomong-ngomong, lo kemana aja dua minggu ini?" tanya gue, ganti ke topik utama. "Biasanya beredar di sekolah."
Denger pertanyaan gue, Manda langsung keselek. Panik, gue buru-buru nyodorin cola ke dia.
"Uhuk, uh.. Ka Febri! Masa dikasih–uhuk, cola sih?"
Eh iya ya, kok gue bego? "Eh-oh, aduh, iya ya. Yaudah, mi-minum aja dulu. Darurat!"
Gue pun buru-buru ke kasir, mesen teh botol sambil bertingkah panik. Pas udah dikasihin teh botolnya, langsung gue balik ke meja terus nyodorin ini botol ke Manda.
"Gimana, enakan?"
Manda mendesah pelan. "Lumayan, udah ga keselek sih. Tapi tadi itu bener-bener ga enak, bikin aku susah nafas." Dia terus melotot ke gue. "Kak Febri mah, bikin kaget aja! Baka!"
Gue melongo. "Ba-baka? Hooo... udah berani ngatain seniornya bego, gitu?"
"Mmh, maaf... aku kelepasan. Namanya juga manusia, tempatnya salah dan lupa," bales Manda, beralibi.
"Ya iya, emang. Kalo bener mulu mah kalkulator."
"I-iya, gitu deh. Ya pokoknya maaf, ya?"
Di bilang begitu, gue langsung pasang senyum licik. "Iya, jadi kita impas ya. Gue juga minta maaf soalnya tiba-tiba bikin keselek. Tapi, masih berlaku kan pertanyaan gue?"
KAMU SEDANG MEMBACA
The MAD Trip
Romance"Ketika satu liburan mengubah semuanya, dan membuatmu percaya bahwa tiap orang bisa mewujudkan mimpinya." Semesta selalu punya cara unik nan ajaib untuk mengubah hidup manusia. Dan untuk Ebi, perpanjangan tangan semesta itu hadir lewat sebuah libura...