Ada yang ga biasa dengan cuaca pagi ini. Mendung seketika nyelimutin langit, nutupin matahari yang tadinya udah semangat-semangatnya bersinar. Ditambah semilir angin yang pelan-pelan berhembus, makin nambah suram suasana di tempat kita berdiri sekarang. Gue, Manda, Devi, sama Bang Agus kini lagi berdiri, terpaku di depan villa milik orang yang punya setengah pulau Payung ini. Kadang, angin ngegoda kita dengan bertiup pelan... ngegelitik tengkuk. Njirr, langsung merinding disko men.
"Heh, yang tadi semangat suruh buru-buru, masuk duluan gih!" celetuk gue ke Manda sambil nyenggol lengannya.
"Ish, aku teh ga sopan kalo main masuk aja," jawab dia. Terus Manda malah nunjuk Devi, sambil bilang, "Devi aja, kan dia adeknya. Bilang aja cariin kakaknya, gitu."
Panik, Devi langsung nolak--plus sama nada galak tercitra dari suaranya. "Kenapa aku sih?! Kalian mau korbanin aku, gitu?! Bang Agus aja tuh, kan dia lumayan kenal orang sini!"
Pas kita nengok ke belakang, ternyata Agus udah mundur beberapa meter jauhnya dari tempat kita berdiri. Dia jongkok, ngebelakangin kita bertiga sambil telunjuknya main pasir; bikin pola muter-muter dan pura-pura ga denger. Tour guide macam apa dia ini, hetdah.
"Oke," gue nelen ludah, "Gue yang maju." Sebelum Manda sama Devi nunjukkin rasa lega mereka, gue sela sama satu kalimat pamungkas. "Tapi lo berdua tepat di belakang gue ngikutin! Ga-mau-tau," kata gue.
Pelan... kaki ngelangkah pelan. Satu-satu. Anehnya, di tiap langkah makin deket sama pintu villa, angin berhembus makin kenceng. Ngehe kan? Ibaratnya, alam sengaja ngeledek kita bertiga dengan bikin suasana makin mencekam. Seremnya pas, dibikin pelan-pelan. Ketakutan meruap dari dasar hati, ngasih bisikan-bisikan bangsat tentang hal-hal serem yang bakal terjadi. Lebih bangsatnya lagi, gue dengerin mentah-mentah jadinya malah mikir yang engga-engga.
Udah. Cukup banget selama di sini gue mikir yang engga-engga. Ini bukan liburan namanya. Ini lebih kayak... perjalanan ngetes mental sama perasaan.
Kaki kanan gue mendarat mulus di anak tangga kayu yang pertama. Ada tiga anak tangga yang mesti dilangkahin sebelum pintu masuk. Dan yah... tiap langkahnya terasa berat. Semacam uji nyali. Semacam acara tipi yang gue tonton pas jaman puber dulu....
Ekspedisi... alam... gaib....
Oke. Sekarang gue udah di depan pintu. Gue minta maaf banget untuk alur yang lambat ini. Bukan karena mau bangun suasana ya, cuma... butuh lebih dari sekedar keberanian buat buka pintu. Seiring tangan gue yang perlahan lagi dalem perjalanan ngeraih gagang pintu, jantung berdegup cepet. Makin cepet. Eh, malah makin cepet lagi--kalah ini sih hentakan musik pas dugem. Seiring itu pula, bayangan-bayangan ga senonoh mulai berkelebatan di otak gue.
Gimana kalo Aurel diapa-apain disana? Eh tapi Aurel kan galak, ga mungkin dia diapa-apain. Tapi kalo dikasih obat bius terus diapa-apainnya pas ga sadar? Terus kalo ternyata pemilik villa ini psikopat yang suka ngumpulin daging toket buat dikoleksi gimana? Terus kalo toket Aurel dipotong dan disiram air keras buat diawetin? Ini bakal gawat!
Ya, ini-bakal-gawat. Baju-bajunya yang selama ini ngepress di bagian dada nantinya bakal terasa longgar tanpa adanya daging tebel yang neken serat kainnya.
Satu hal yang ga sanggup gue bayangin dua kali: Aurel bakal mati, dan dia mati tanpa toket.
Apa yang lebih buruk dari itu?
"Ah, untung-untungan aja lah!" Gue langsung puter tuas pintu, terus dorong pintunya. Eh tapi kok pintunya kok bergerak sendiri ke dalem, padahal gue kan belom dorong. Nah loh, gue ketarik ke dalem! Eh, eh, keseimbangan gue ilang!
Gue menghambur maju ke dalem kegelapan di dalem sana. Lebih gelap, kegelapan total. Tapi aneh, kenyel gitu ya. Kegelapan macam apa ini yang rasanya kenyel-kenyel di muka gue?
KAMU SEDANG MEMBACA
The MAD Trip
Romance"Ketika satu liburan mengubah semuanya, dan membuatmu percaya bahwa tiap orang bisa mewujudkan mimpinya." Semesta selalu punya cara unik nan ajaib untuk mengubah hidup manusia. Dan untuk Ebi, perpanjangan tangan semesta itu hadir lewat sebuah libura...