Part 37

3.8K 53 1
                                    

Sikap mengalah seperti ini, seharusnya dapat merubah suasana tegang menjadi suasana yang lebih santai dan damai, tapi entah maksud tujuan apa yang sedang direncanakan Cang ciong sin kiam Sangkoan Yong, ternyata dia mulai mengutak atik kembali perkataan yang baru saja diutarakan ketua Bu tong pay Keng hian totiang tersebut.

Akhirnya setelah diadakan pembicaraan yang ramai diantara komplotan mereka, orang orang itu berkesimpulan kalau ucapan yang diutarakan Keng hian totiang barusan jelas berarti sebaliknya yakni secara diam mengumpat mereka, sebagai pengacau yang sengaja mencari gara gara dan tidak tahu pentingnya kerja sama.

Anggapan semacam itu segera ditanggapi sebagai suatu penghinaan yang mencoreng moreng wajah mereka, oleh sebab itu mereka bersikeras menuntut kepada Keng hian totiang untuk mencabut kembali perkataan yang telah diutarakan. Ci long siansu, ketua dari Siau lim pay ini menjadi repot untuk mendamaikan kembali ke dua belah pihak, namun sekarang diapun dapat merasa bahwa Cang ciong sin kiam Sangkoan Yong sekalian sesungguhnya lagi mencari gara gara.

Akhirnya dia berkata sesudah termenung sejenak :
"Harap saudara sekalian sudi memberi muka kepadaku, setelah persoalan ini beres kita semua harus membicarakan kembali pangkal persoalan yang sesungguhnya!"

Sambil tertawa dingin, Giok koay popo segera menegur :
"Toa ciangbunjin, apa kau sudah tak sabar lagi?"

Nada suaranya amat tidak bersahabat. Begitu mendengar perkataan dari Giok koay popo tersebut, bergidik hati Ci long siansu, ketua dari Siau lim pay ini, segera pikirnya dengan cepat :
"Aduuuh celaka, rupanya mereka pun sudah menaruh..."

Belum selesai dia berkata, Phu thian toa tiau Kay Poan thian telah maju selangkah ke muka sambil berkata :
"Kembali ke pangkal persoalan bukan masalah sepihak saja, entah apa maksud dari perkataan ciangbujin ini? Tampaknya kau hendak melimpahkan semua tanggung jawabnya dipihak kami? Hmmmm, bila siansu memang berpendapat demikian maka perkataan selanjutnya lebih baik tak usah dilanjutkan!"

Terbukti sekarang kalau mereka pun mempunyai pandangan negatif terhadap ketua dari Siau lim pay ini.

"Eeeehhh... eeehh.... harap kalian jangan salah paham!" buru buru Ci long siansu menggelengkan kepalanya berulang kali, "aku minta kalian jangan salah menanggapi perkataanku, lolap sama sekali tidak mempunyai maksud lain!"

Soh sim tocu dewi penyebar bunga Leng Cay soat segera tertawa melengking :
"Hwesio tua, aku percaya kalau kau tidak berpikiran untuk lebih condong ke satu pihak!"

Berhubung dia sudah cukup lama menjadi pendeta, lagi pula termasuk salah seorang yang tercantum gambarnya dalam lukisan Kun eng siang, maka caranya berbicara pun berlagak sok tua. Walaupun Ci long siansu merasa lagak berbicaranya kelewat besar, toh ia sempat menghembuskan napas lega juga setelah mendengar perkataan itu, katanya kemudian :
"Siancu mau tahu tentang keadaan lolap hal ini sungguh membuat lolap merasa lega hati!"

"Tapi" kembali si Dewi penyebar bunga Leng Cay soat berseru keras, "percaya tak dapat menggantikan kenyataan, semua orang telah menitipkan semua pengharapannya atas dirimu, semoga kau dapat memikirkan kepentingan diri segenap umat pesilatan dan melenyapkan pertikaian hari ini."

Untuk sementara waktu, Ci long siansu tidak dapat menduga apa maksud dan tujuan dari perempuan tersebut berkata demikian, ia menjadi tertegun kemudian baru ujarnya:
"Lolap hanya berharap kalian semua jangan bentrok sendiri hanya dikarenakan urusan sepele, tentang soal ini siancu tak usah kuatir....."

"Kalaucmemang begitu, aku hendak mengajukan sebuah usul untuk menyelesaikan pertikaian hari ini, asalkan kau dapat menundukkan perasaan mereka, aku tanggung kami semua tak akan menaruh curiga lagi terhadap pihak mereka."

"Lolap akan berusaha dengan segala kemampuan" kata Ci long siansu serius. "bila ada persoalan harap siancu utarakan secara terang terangan saja, daripada waktu yang larut akan menimbulkan ingatan jahat dari pihak Ban seng Kiong."

Pukulan Naga Sakti - Gu LongTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang