Perubahan tubuh pada masa puber

956 14 0
                                    

1. Perubahan ukuran tubuh

Perubahan fisik utama pada masa puber adalah perubahan ukuran tubuh dalam tinggi dan berat badan. Di antara anak - anak perempuan, rata - rata peningkatan per tahun dalam tahun sebelum haid adalah 3 inci, tetapu peningkatan itu bisa juga terjadi dari 5 - 6 inci. Dua tahun sebelum haid peningkatan rata - rata adalah 2,5 inci. Jadi peningkatan jeseluruhan selama dua tahun sebelum haid adalah 5,5 inci. Setelah haid, tingkat pertumbuhan nenurun sampai kira - kira 1 inci setahun dan berhenti sekitar delapan belas tahun.
Bagi anak laki - laki, permulaan periode pertumbuhan pesat tinggi tubuh di mulai raa - rta pada usia 12,8 tahun dan berakhir rata - rata pada usia 15,3 tahun, dengan puncaknya pada 14 tahun. Peningkatan tinggi badan yang terbesar terjadi setahun sesudah di mulainya mada puber. Sesudahnya, pertumbuhan menurun dan berlangsung lambat sampai usia 20 tahun atau 21 tahun. Karena periode pertumbuhan yang lebih lama, anak laki - laki lebih tinggi daripada anak perempuan pada saat sudah matang.

2. Perubahan proporsi tubuh

Perubahan fisik pokok yang kedua adalah perubahan Proporsi tubuh. Daerah - daerah tubuh tertentu yang tadi nya terlampau kecil, sekarang menjadi terlampau besar karena kematangan tercapau lebih cepat dari daerah - daerah tubuh yang lain. Ini tampak jelas pada hidung, kaki, dan tangan. Barulah pada bagian akhir masa remaja seluryh daerah tubuh mencapai ukuran dewasa, meskipun perubahan besar terjadi sebelum masa puber usai.

3. Ciri - ciri seks primer

Perubahan fisik pokok ketiga adalah pertbuhan dan perkembangan ciri - ciri seks primer, yaitu organ - organ seks. Pada pria, gonad atau testes yang terletak di dalam scrotum, atau sac di luar tubuh, pada usia 14 tahun baru sekitar,10 % dari ukuran matang. Kemudia terjadi perumbubanpesatvselama 1 atau 2 tahun, setelah itu pertumbuhan menurun. Testes sudah berkembang penuh pada usia 20 atau 21 tahun. Segera setelah pertumbuhan pesat testes terjadi, maka pertumbuhan penis meningkat pesat. Mula - mula meningkat adalah panjangnya, kemudia disertai secara berangsur - angsur denan besar nya.
Kalau fungsi organ - organ reproduksi pria sudah matang, maka biasanya mulai terjadi basah malam/mimpi basah, biasanya kalau anak lali - laki bermimpi tentang seksual yanv menggairahkan, kalau kandung kemih penuh atau mengalami sembelit, kalau ia memakai piyama yang ketat tau kalau ia terselimuti dengan hangat. Banyak anak laki - laki tidak menyadari apa yang terjadi sampai ia melihat bercak - bercak pada alas tempat tidur atau piyama.
Semua organ reproduksi wanita tumbuh selama masa puber, meskipun dalam tingkat kecepatan yang berbeda. Berat uterus anak usia 11 atau 12 tahun berkisar 5,3 gram, pada usia 16 tahun rata - rata berat nya 43 gram. Tuba fallopi, telur- telur, dan vagina juga tumbuh pesat pada saat ini.
Petunjuk pertama bahwa mekanisme reproduksi anak perempuan menjadi matang adalah datang nya haid. Ini adalah permulaan dari serangkaian pengeluaran darah, lendir, dan jaringan sel yang hancur dari uterus secara berkala, yang akan terjadi kira - kira setiap 28 hari sampai mencapai menopause, pada akhir 40 atau 50 tahun.
Periode haid umum nya terjadi pada jangka waktu yang sangat tidak teratur dan lama nya berbeda - beda pada tahun - tahun pertama. Periode ini dikenal sebagai tahap kemandulan remaja. Dalam tahap ini tidak terjadi ovulasi, atau pematangan dan pelepasan telur yang matang dari folikel dalam indung telur. Oleh karena itu, anak perempuan disebut mandul (sementara). Bahkan setelah mengalami beberapa periode haid, masih diragukan apakah mekanisme seks sudah cukup matang untuk pembuahan.

Faktor - Faktor Psikologi PerkembanganTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang