Resensi Cerita Mereka: Introduksi [DITUTUP]

2K 165 85
                                    

Sejak Written In Action mendirikan akun cabang Indonesia melalui WIA Indonesia, sudah semakin banyak cerita-cerita bergenre aksi, fantasi, petualangan, dan sci-fi yang maju dan turut berpartisipasi dalam kampanye. Setiap cerita memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan untuk itulah resensi ada.

Kamu penulis? Pernah 'gak sih, merasa enggak pede dengan tulisanmu; merasa kayak ada sesuatu yang salah, kurang tepat, enggak sreg, 'tapi kamu enggak tahu apa? Atau kamu pembaca yang suka gatal ingin mengoreksi tanda baca yang salah, penggunaan kata yang tidak tepat, 'tapi takut komentarmu dibalas dengan, "Halaah, kayak yang bisa nulis lebih bagus aja!"?

Penulis, bisa jadi di luar sana ada pembaca yang sebenarnya suka ceritamu dan ingin memberi kritik dan saran yang membangun, 'tapi dia enggak yakin dengan respons yang bakal dia dapat. Pembaca, bisa jadi di luar sana ada penulis yang diam-diam bersedia menerima komentar sepanjang atau sesingkat apa pun, asalkan isinya produktif dan bisa membantu dia menjadi penulis yang lebih baik lagi. Tragis, 'kan, kalau kedua tipe penulis dan pembaca ini enggak pernah ketemu?

Resensi Cerita Mereka hadir sebagai dukungan intrakomunitas Written In Action, di mana siapa saja dapat meresensi cerita siapa pun partisipan kampanye yang bersedia. Written In Action hadir sebagai suatu bentuk motivasi agar semakin banyak orang menulis cerita dengan genre aksi, fantasi, petualangan, dan sci-fi di Wattpad; sekarang giliran para partisipan mendukung kampanye ini lebih jauh dengan saling membangun melalui kritik dan saran yang produktif.

Written In Action Indonesia akan menerima resensi atas cerita-cerita yang dipublikasikan di Wattpad dan mengikuti kampanye Written In Action. Jika kamu ingin meresensi sebuah cerita dan ingin resensimu kami terbitkan, pastikan cerita yang kamu resensi memiliki tagar #writteninaction dan #wiaindonesia. Pastikan pula resensimu mengandung poin-poin kelebihan dan kekurangan cerita yang diresensi, bukan hanya kelebihan atau kekurangannya saja.

Berminat? Teruskan membaca untuk info lebih lanjut bagaimana kamu bisa berpartisipasi dalam program Resensi Cerita Mereka!

Kami mencari resensi yang:

1. Jujur dan tidak berpihak. Artinya, kami tidak menginginkan resensi yang hanya memuji-muji penulis atau hanya menghina-dina karya penulis. Resensi memang bersifat subjektif, tetapi kami harap peresensi dapat mengesampingkan sejenak apa pun relasi yang ia miliki dengan penulis, baik relasi tersebut bersifat baik maupun buruk.

2. Memuat poin kelebihan dan kekurangan cerita.

3. Sebaiknya resensi memuat pula saran dari peresensi untuk penulis.*

4. Kritik yang dimuat dalam resensi sebaiknya tidak bersifat ad hominem (menyerang penulis secara personal alih-alih karyanya yang dipublikasikan).

*Ini bukan poin wajib. Selama kritik yang diberikan jelas maka seharusnya penulis dapat menarik sendiri kesimpulan berupa apa yang sebaiknya dia perbaiki. (Contoh: "Cerita ini buruk sekali dan amat sulit dibaca" dibandingkan dengan, "Banyaknya salah ketik dan penggunaan tanda baca yang keliru membuat cerita sulit dibaca".) Namun, jika peresensi ingin menyisipkan saran, itu amat diterima.

Kalau kamu ingin resensimu dimuat di buku ini, silakan kirim surel pada tim Written In Action Indonesia di writteninactionina[at]gmail[dot]com dengan subjek Resensi Cerita [JUDUL] oleh [NAMA PENULIS/AKUN PENULIS]. Resensi ditulis di fail MS Word yang ditautkan/attach pada surel (bukan ditulis di badan surel) dengan format:

JUDUL:
NAMA PENULIS/AKUN PENULIS:
GENRE:
STATUS: [tamat/ongoing]
JUMLAH BAB:
RATING: [1-5 bintang, boleh menggunakan desimal]
SINOPSIS SINGKAT: [boleh dikopi dari Wattpad atau dirangkum oleh peresensi dengan bahasanya sendiri]
RESENSI:
PERESENSI: [nama/akun Wattpad]
KUTIPAN FAVORIT: [opsional]

Nanti admin kami akan menyeleksi resensimu. Resensi yang nirfaedah (karena hanya berisi caci-maki, puji-pujian, dll.) tidak akan dipublikasi. Kalau resensimu terpilih, tim Written In Action Indonesia akan mengontak penulis yang karyanya kamu resensi dan menginformasikan mengenai resensi atas ceritanya. Jika penulis setuju resensi atas karyanya dipublikasi, maka resensimu akan kami terbitkan dan kami akan memberitahumu via PM. Akunmu pun akan mendapat dedikasi pada bab resensi tersebut. Namun jika penulis tidak setuju resensi untuk tulisannya diterbitkan, kamu akan mendapat pemberitahuan mengenai hal tersebut melalui PM dan resensimu sayangnya tidak akan kami publikasikan.

Kami ingin agar seluruh pendukung kampanye Written In Action dapat turut berpartisipasi, bukan hanya penulis. Program ini terbuka untuk siapa pun, baik penulis ataupun bukan. Penulis dilarang meresensi karyanya sendiri. Peresensi memiliki opsi untuk meresensi secara anonim. Penulis tidak akan diberi tahu identitas peresensinya jika peresensi memilih untuk tetap anonim. Tim Written In Action Indonesia tidak akan menyebar informasi pribadi peresensi seperti alamat surel baik peresensi memilih untuk meresensi secara anonim ataupun tidak. Tim Written In Action Indonesia juga tidak akan melakukan pengubahan pada resensi yang terpilih kecuali revisi-revisi minor.

Punya pertanyaan? Silakan tanyakan di kolom komentar; nanti akan admin jawab pertanyaanmu satu per satu.

Resensi Cerita Mereka [DITUTUP]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang