Sayonara.................
Ada beberapa alasan, orang mencuri sandal. Selain bagus, mahal dan ber-merk, situasi di sekitar lokasi penempatan sandal, sepi. Sudah diketahui khalayak ramai, tempat yang sering kehilangan sandal adalah masjid, kecuali masjid di komplek TNI atau Polri. Kalau di masjid atau musholla kantor Satpol PP, masih untung-untungan. Komplotan spesialis pencuri sandal masih bisa beraksi sandal masih berrani, sebab jika tertangkap hanya diminta menandatangani surat pernyataan tidak akan mengulangi lagi perbuatannya.
Ada banyak cara agar sandal tidak hilang, salah satunya dititipkan. Kemudian muncullah ide untuk mendirikan tempat penitipan sandal. Tak ayal ,di masjid-masjid musholla bahkan langgar berdiri jasa penitipan sandal. Selain upaya diatas, ada beberapa tips agar sandal tidak digondol maling. Baik itu di masjid, rumah, sekoalah, tmpat pekerjaan, pasar dan ditempat manapun. Berikut, tips yang harus dilakukan.
v Hindari memakai sandal bagus, mahal dan bermerk jika bepergi anke tempat umum yang ramai. Kecuali anda membawa bodyguard atau Satpam yang khusus bertugas menjaga sandal.
v Jangan taruh sandal anda saling berdekatan. Tempatkan sandal sisi kanan dan sisi kiri berjauhan, agar sipencuri kebingungan mencari pasangan sandal anda.
v Cara yang satu ini lebih aman dibanding cara yang lain, hanya saja anda kalau mengikuti tips tersebut harus mengeluarjan dana. Belilah gembok dan rantai untuk mengikat atau menggandrng sepasang sandalanda.
v Jangan lupa membawa tas kresek atau semacamnya, kemanapun anda pergi. Bungkus dan bawa sandal yang anda lepas, kemanapun pergi.
v Pasangi password atau alarm di sandal anda. Kalau perlu pasangi GPS atau alat pemantau, agar sandal anda yang hilang, terlacak posisinya.
v Beri tulisan di sandal anda dengan kata-kata yang mmbuat pencuri takut. Misalnya, sandal ini milik Polisi atau TNI. Awas, yang nyuri sandal ini saya santet. Atau sandal ini milik teroris, siapa yang memindah akan meldak.
v Pakai sandal yang jenis, ukuran, motif dan warna serta jenisnya tidak sama alias berbeda. Dan gunakan bakiak atau sandal yang terbuat dari kayu kemanapun anda pergi
v Dari semua tips di atas, cara yang paling ampuh agar tidak khilangan sandal adalah, pakailah sepatu kalau anda mau bepergian. Dipastikan tidak akan khilangan sandal.
Udah dulu ya..., tips dari kami. Semoga bermanfaat sehingga sandal anda awet tidak hilang hingga rusak. Salam Koplak.................
�