Ada banyak hal yang tidak semua harus diketahui, tapi jangan sampai fakta ditutupi. Kebohongan tidak bisa ditoleransi, membenci pembohong itu mudah sekali.
Mereka pulang, sampai rumah ketika tanggal sudah berganti karena bunda tidak ingin biarkan Kelvin dirumah sendirian.
Sudah pukul tiga pagi, tapi Andara belum bisa memejamkan mata. Tidak ada khawatir takut kesiangan karena kemarin sudah kelulusan.
Hubungannya dengan Devan memang terlihat datar dan terkesan seperti teman, tapi ketahuilah bahwa ini memang perjanjian dari awal, karena pendidikan tetap harus diprioritaskan.
Devan sudah dianggap anak oleh Ayah, Bunda. Sifat mereka juga berbeda, tidak suka hal-hal berbau romantis karena sejak kenal, Andara anggap Devan manusia gila.
Begitu hening dan ini nyaman.
Menenangkan ketika bisa mendengar detak jantungnya sendiri. Wallpaper dinding yang menyala di langit-langit kamar, mungkin satu persatu bintang-bintang itu lepas.
Devan bisa jadi orang yang paling paham dengan ketakutan dan hal-hal yang bisa menyakiti Andara. Laki-laki itu tidak sempurna, ego mereka dan segala hal tentang logika yang dianggap benar memang terkadang menyusahkan, tapi Devan bisa jadi manusia paling mengerti disaat orang lain menganggapnya baik-baik saja.
Suara adzan subuh dikumandangkan, ayah akan berangkat ke Masjid dan nanti jam delapan bunda akan berangkat ke Gereja.
Sedari awal orangtuanya teguh dan taat dengan agama masing-masing, tapi cinta mereka juga sekuat itu. Jelas pernikahan ini ditentang kedua keluarga, Tuhan mungkin juga marah.
Hingga Tuhan tegur dengan Kelvin yang dulu pernah dilecehkan kakak dari bunda, yang sekarang tidak Andara ketahui dimana keberadaannya.
Andara juga jadi manusia istimewa, dia tidak pernah ikut donor darah tapi selalu ambil darah sebulan sekali untuk disimpan di bank darah.
She have golden blood.
Warna darahnya tetap merah, walau dinamai darah emas. Ini karena darah ini begitu langka, hanya ada 46 orang yang diketahui memiliki keistimewaan ini namun hanya sepuluh orang yang donor secara rutin untuk disimpan di bank darah.
Darah emas adalah sebutan bagi manusia dengan darah Rh-null (Rhesus-null).
Kalian bingung, ya?
Baiklah, akan Andara jelaskan.
Pada permukaan setiap sel darah merah manusia memiliki hingga 342 antigen—molekul yang memicu produksi protein khusus tertentu yang disebut antibodi.
Nah, antigen inilah yang menentukan jenis darah seseorang. Sekitar 160 antigen ini dianggap umum, artinya mereka ditemukan pada sel darah merah kebanyakan manusia di planet ini.
Jadi, ketika seseorang kekurangan antigen yang ditemukan pada 99% manusia, maka darah mereka dianggap langka dan jika mereka kekurangan antigen yang ditemukan pada 99,99% manusia, darah mereka dianggap—sangat—langka.
Sistem Rhesus memiliki 61 antigen, beberapa manusia kehilangan salah satu antigen ini, bahkan ada yang kehilangan semua antigen 61 Rh, itulah yang dinamakan Rh Null.
Beberapa orang akan berpikir ini keren, tapi sungguh, ini berbahaya untuk mereka yang memiliki golden blood.
Darah Rh-null dapat diberikan kepada siapa saja dengan golongan darah Rh negatif. Itu sebabnya para ilmuwan sering mengatakan bahwa nilainya setara dengan emas.
Bahkan jika seseorang yang operasi dan menerima tranfusi darah emas, maka recovery lebih cepat daripada mendapat darah satu golongan.
Serius, darah ini mahal, satu kantongnya bisa dihargai sepuluh juta, tapi karena Andara punya banyak uang jadi dia tidak menjualnya.
Andara benar-benar dijaga walau terlihat bebas melakukan apa saja. Dia harus selalu berhati-hati karena pemilik golden blood tidak bisa menerima donor golongan darah lain.
Dengan kata lain, Andara tidak boleh mengalami kecelakaan ataupun penyakit yang membutuhkan transfusi darah.
Harus tetap hidup sehat dan berhati-hati!
Yang tau tentang hal ini hanya ayah, bunda dan dirinya sendiri. Kelvin saja tidak tau apalagi Devan. Andara hanya ingin hidup normal, tidak ingin ada kekangan atau pembatasan dalam segala kegiatan.
Ia menghela napas lagi. Ayah pasti sudah berangkat ke masjid dan bunda sibuk memasak di dapur.
Kelvin selalu mengantar bunda, tapi keduanya belum benar-benar tau ingin mengikuti siapa. Ayah dan bunda tidak pernah memaksa, Andara dan Kelvin dikenalkan keduanya. Bahkan jika ingin memeluk agama lain juga tidak apa.
Andara menoleh ke kanan, balkon seberang lampu kamarnya sudah menyala. Matanya terasa berat, ia yakin jika nanti jadi bengkak.
Apa hari ini ia jadi manusia kelelawar? Tidur di siang hati dan terjaga sepanjang malam. Padahal waktu di rumah Ali, ia rasakan kantuk, sepanjang jalan juga bertahan agar tidak tertidur, tapi kenapa jadi segar ketika sampai dirumah sendiri?!
◑◑◑
Direvisi pada
18042020
eunoiaelpis
KAMU SEDANG MEMBACA
Devandara
Teen Fiction"I know, i'm not enough. So i let you go, because it hurts to be half loved." ... Written in bahasa [#151 in Teen Fiction 20.07.17]