Sanggabuana ( Jawaban )

5.9K 222 17
                                    

Sanggabuana ini puncak nya ada 2. Tempat gw itu salah satu puncak nya. Kalo kata kuncen nya itu satu lg puncak nya harus ikutin jalan yg mau ke arah cianjur.

Kalian pasti pernah denger istilah gunung kembar kan? Pada negative pasti pikiran nya hahaha...
Jadi gunung kembar itu emang ada loh. Gunung sanggabuana dan gunung putri tuh disebut gunung kembar sama warga sekitar situ. Karena klo dari jauh kita ga akan tau mana sanggabuana mana putri. Persis sama banget.
Dan sanggabuana juga kaki nya ada di beberapa tempat.
Ada jalan turun ke bogor, purwakarta dan cianjur. Lembah elang itu juga katanya ada nya di perbatasan gunung putri sama sanggabuana. Dua gunung itu emang nyambung. Kalo dari puncak sanggabuana keliatan juga koq puncak nya gunung putri.

Di pumcak yg gw tempatin ini banyak banget makam. Tapi menurut gw sih ini cuma maqam doang alias ga ada jasad nya disitu.

Maqam yg terkenal disini itu maqam nya pangeran cakrabuana alias sanggabuana alias raden walangsungsang anak dari prabu siliwangi.

Mungkin juga disini beneran ada makam yg beneran makam. Ini sih menurut logika gw aja ya, ini gunung trek nya wow banget dengan tanjakan 2 jam nya yg terkenal curam. Bawa keranda mayat dr bawah ke puncak gunung? Hebat banget kan? Tapi semua itu mungkin aja terjadi dgn kesaktian orang2 jaman dulu apalagi jaman nya siliwangi. Kalo menurut yg gw denger dr warga dan kuncen jasad yg dikubur di puncak itu dibawa dengan cara terbang ato lompat. Malah menurut cerita pangeran cakrabuana kesitu dengan cara lompat dari cirebon dan bertapa disitu.

Balik ke cerita gw, setelah di puncak gw bahagia nya setengah mati. Gw bertiga nyari tempat buat rebahan karna kita ga bawa tenda soalnya rencana kita cuma buat trekking setelah summit attack istirahat sebentar langsung pulang. Dan juga karna diatas itu ada pondok2 yg gw sebut maqam itu. Jadi ya tidur aja disitu ga usah repot2 bawa tenda.

Kita pun milih pondokan yg dipojok karna kebetulan ada saung nya gitu. Kita ga tau didalem situ ada maqam siapa. Soalnya cuma ada 3 kuburan tanpa nama aja. Popo dan agung milih tidur diluar di saung sedangkan gw milih tidur di dalem aja karna masih ada tempat buat orang2 ziarah. Toh apa salahnya juga gw tidur disitu? Kalopun itu bener kuburan bukan maqam kan yg di dalem kubur udah mati ga akan mungkin bangun. Kalo jin iseng mah tiap hari juga liat makanya gw bodo amat karna gw udah cape udah ngantuk banget.

Belum lama gw tidur samar2 gw denger popo ngobrol di saung sama kakek2 yg nanti nya gw tau dia kuncen disitu. Obrolan nya ga begitu jelas tp kayanya mah cuma basa basi doang sih karna ge denger suara popo kaya suara males2an gitu jawab nya.

Gw agak aneh dengan aura di depan tempat popo ngbrol sama kakek itu. Karna gw kan sambil merem ya kan gw lagi kebangun karna denger suara ngobrol tp males buka mata apalagi gerak. Gw rasain aura yg kenceng banget. Akhirnya gw putusin bangun dan gw liat popo lagi masak air buat seduh kopi nyuguhin si kakek itu. Sambil ngopi dan ngobrol basa basi gw berusaha fokus pengen tau ini aura darimana dan punya siapa. Ga lama setelah itu si kakek tiba nyeletuk (pake bahasa sunda jadi langsung gw translate aja ya)

"nyari apa dik? Sampe segitu nya" celetuk si kakek.

"ga nyari apa2 koq bah lagi ngopi aja ini" timpal gw (oh iya gw panggil si kakek ini abah)

Si kakek malah ketawa.
"nih adik liat sendiri aja ya"

Tiba2 langsung gw liat di badan si kakek itu kaya ditumpangin sama makhluk yg pakaian nya kaya raja2 gitu. Badan nya gagah, mukanya bisa dibilang ganteng umur 40an. Pokoknya keren lah ga jauh beda ma gw (no offense please)

Saat itu juga suara si kakek berubah jadi berat dan lantang dgn aksen/logat sunda yg kental dan bahasa sunda yg nyampur dgn sunda buhun (sunda jaman dulu)

"kenapa baru sekarang kesini? Bukan nya kalian udah mau kesini dari beberapa bulan yg lalu?" tanya si kakek yg udah trance itu.

Gw ma popo bingung sambil ngeliat satu sama lain. Dipikiran kita kayanya sama mikirin dari mana dia tau kita mau naik dr beberapa bulan yg lalu.

"hahahahahahahahaha" si kakek tertawa melihat ekspresi kita.

"aneh kenapa saya bisa tau?" lanjut su kakek.

"iya dari mana abah tau?"jawab popo

"hahahaha...... Saya selalu ada memantau kalian karena kalian anak cucu turunan saya" jelas si kakek sambil tersenyum.

Gw sama popo makin aneh dong. Secara, gw sama popo beda bapak lain ibu kenapa bisa satu turunan coba. Kalo masih ada hubungan kerabat bisa jadilah ya kita nih satu turunan.

"hahahahaha... Kenapa? Kalian aneh kan kenapa kalian saya sebut turunan saya? Lagi2 si kakek pun ketawa.

Dasar si popo nih orang nya cuek dan asal celetuk apa yg lagi ada di pikiran nya, tiba2 dua nyeletuk "bah, jangan suka liat pikiran kita atuh"

"hahahahaha" si kakek hanya tertawa.  Lalu beliau menjelaskan silsilah kita berdua yg ternyata akurat banget.
Dimulai dari silsilah keluarga gw. Dia tau nama bokap, nyokap, kakek, buyut pokoknya semua lah. Dilanjut silsilah popo dan sama tepat semua.

Diantara silsilah yg disebut si kakek ternyata gw ma popo itu emang ada yg sama. Leluhur kita itu kakak adik. Maaf ya ga gw sebutin karena jujur gw punya prinsip yg udah mati ya udah mati aja nunggu hari pembangkitan nanti di alam kubur. Jadi gw anggap yg lagi masuk di badan si kakek itu jin khair leluhur kita. Dan dari dulu ampe detik ini kalo ada jin kasih imformasi ke gw jarang gw langsung iya-in ato pasti gw cerna dulu ga langsung telan bulat2. Karena sifat jin emang jahil dan takut menyesatkan. Karena sampe detik ini gw belum percaya kalo gw ada turunan dari yg disebut si kakek.

"3 maqam di dalam ini punya si a, si b dan si c" lanjut si kakek (maaf juga gw ga bisa sebutin ya)

"nah si A itu keluarga kamu (tangan nya nunjuk ke gw) dan dia yg kamu gendong dari bawah tadi sampe kesini makanya tadi kamu dijalan terasa berat karena beliau ingin anak turunan nya hebat dan tidak mengeluh karena naik gunung ini seperti kehidupan. Beban seberat apapun dan jalan sesulit apapun pasti akan hilang kalo sudah waktu nya. Kaya kalian tadi naik jalanan nanjak belok2 ditambah berat bawa perlengkapan. Capek, pegel, kesal tapi semua hilang kan pas kalian sudah sampai sini" jelas si kakek.

Omongan si kakek ngena banget ke gw. Karena pas waktu itu gw posisi kerja baru habis kontrak. Gw nganggur sementara istri lagi hamil. Tabungan makin lama makin tipis. Intinya mah lagi stres ma beban hidup gw lah. Karena kerjaan gw waktu itu menjanjikan banget buat gw yg cuma lulusan SMA karna 2x DO di universitas bisa kerja di on-shore.

Obrolan kita lumayan lama hampir sejam. Dan ga gw tulis semua nya deh karena banyak hal sensitif.

*lanjut next ya. Udah gw susun koq tinggal edit doang takut ada typo. Ada yg nanya ini semua real engga? Menurut gw ini real. Karena gw ada di tempat yg gw ceritain dan gw yg ngalamin. Buat yg tau gw siapa bisa liat di ig gw tim indigo activity ada foto waktu kita di gunung sunda. Disitu ada ada popo, jordan dll. Udah ya udah adzan eike mau shubuhan dulu. Minggu depan ya update nya buat yg penasaran kenapa popo ga mau cerita waktu dia lagi bil air

INDIGO ACTIVITY ( Kisah Nyata )Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang