Barusan gue ditelpon sama sastra, diajakin buat nge-pes di rumah atha. Karena gue emang gak ada kerjaan, jadinya gue langsung berangkat aja bareng kean ke sana.
Gerbang dan pintu rumah atha nggak dikunci, gue bisa langsung masuk. Sampe di ruang tamu, yang menyambut kedatangan gue dan kean adalah teriakan kemenangan sastra, atha yang geleng-geleng —entah karena heran sama sastra atau pasrah karena kalah—, dan jung yang lagi selonjoran di atas sofa sambil liatin dua sodaranya yang heboh.
Gue yang mau ikutan duduk akhirnya menyuruh si jung untuk geseran dikit. Tapi bukannya geser, dia malah natap sinis dulu ke gue, trus bilang, "Lo duduk di bawah aja kali ah, mager gue kak."
Gue cuma bisa natap dia kaget. Buset, minta digaplok di tempat banget ya ini anak?
Tapi, baru juga gue mau duduk di karpet, eh tangan gue ditahan. "Bercanda buset," kata dia sambil ketawa. Gue pun akhirnya bisa ikutan duduk di sofa, sedangkan si kean malah selonjoran di karpet.
"Kak, pinjem hp dong," kata jung tiba-tiba pas gue lagi merhatiin si atha sama sastra yang lanjut main lagi.
"Untuk?"
"Gue mau ngecek status ppdb gue. Siapa tau peringkat gue naik gitu di website-nya."
"Lah hp lo kenapa emang? Lagian kan ada wifi?"
"Wifi-nya error, kuota dia ludes," kata atha sambil masih fokus main.
Pantes dah si curut kaga main hp dari tadi, kirain kesambet ini anak.
"Ya kenapa harus hp gue sih? Hp sastra gitu pinjemnya, kean gitu, atau atha, kan bisa?"
"Gue lagi main ah kak, jangan dipinjem-pinjem hpnya," kata kean sambil masih asik main di hpnya.
"Kuota gue dikit ah, jangan dipinjem-pinjem."
"Ya lo kira kuota lo doang sas, gue juga gitu, makanya gak mau minjemin," sahut si atha juga.
Gue cuma bisa geleng-geleng. Karena gue pasrah, akhirnya gue kasi aja tuh hp gue ke si jung dengan catatan kuotanya jangan dihabisin. Trus, pas gue beres bilang gitu, si kean nyaut, "Habisin aja kak, duitnya lagi banyak tuh." Anjir, kean bisa jadi setan juga rupanya.
❌
Pas gue lagi asik-asik main, ada notif yang masuk di hp gue. Gue akhirnya nge-pause game-nya dulu, trus ngecek notif yang masuk tadi.
Awalnya gue kira notif apaan kan, eh tau-taunya ada sms dari operator gitu. Katanya kuota gue sisa dikit gitu alias hampor habis. Anjir, kan kuota gue sisanya nggak lebih dari 500 mb ya Tuhan. Masa sekarang udah hampir habis aja? Mana masa berlakunya masih lagi seminggu kedepan pula.
Gue cengo, gak percaya kuota gue hampir ludes dalam hitungan jam. Padahal cuma buka website ppdb dah, masa sebanyak itu ngabisinnya? Lagian juga si jung udah berhenti mainin hp gue dari lima belas menit yang lalu, lagunya juga udah gak lanjut lagi, trus sekarang dia ketiduran di sofa. Itu kuota gue hilang ditelan bumi apa gimana?
"Kenapa bang?" pertanyaan atha memecah lamunan gue.
"Hah?"
"Nggak buset. Ini kuota gue hampir ludes, mana masa berlakunya masih seminggu kedepan. Masa gue beli lagi?"
"Kan banyak uang kak, beli lagi aja udah ah. Don't rich people difficult gitu deh," kata si kean yang masih asik selonjoran —tapi sekarang udah gak main hp, melainkan nontonin gue yang lagi main pes—.
"Ya lo kata kuota murah apa?" sahut gue kesel.
"Eh masa cuma dipake buka web ppdb ngabisin sebanyak itu dah? Gak mungkin kali ah," sahut sastra tiba-tiba.
"Iya juga ya sas, gak mungkin sebanyak itu habis pake buka web ppdb doang," si atha juga ikut-ikutan ngomong kaya si sastra, ck.
"Eh tapi bukannya dari tadi pas kita main dia muter lagu terus ya? Buka spotify kali tu anak?"
Lah, iya juga ya. Jangan-jangan si jung malah muter lagu lewat spotify dari tadi. Ya pantes aja kuota gue hampir ludes kalo begini caranya.
"Hah iya anjir, beneran buka spotify dia. Tumben pinter lo sas," kata gue setelah ngecek recent apps yang dibuka di hp gue.
Dia cuma ketawa lalu ngomong, "Wah iya dong, sastra gitu."
"Eh tapi gak dimarahin nih yang ngabisin kuotanya?" kean tiba-tiba ngelontarin pertanyaan yang jawabannya seharusnya gue lakuin dari tadi.
"AH IYA YA TAI," teriak gue kenceng yang malah buat si jung bangun tiba-tiba.
"Hah? Apaan yang iya?" tanya dia pas kebangun tiba-tiba.
"Lo yang iya anjir. Masa kuota gue lo abisin pake muter lagu di spotify doang? Gila kali lo dek??"
"Hehe, maaf, kelewatan," kata dia sambil nyengir ke arah gue, atha, sastra, dan kean. Sedangkan kita berempat cuma bisa geleng-geleng kepala, lalu memutuskan buat lanjut main aja.
Pusing gue lama-lama punya adik macem si jung.
KAMU SEDANG MEMBACA
Don't ✔
FanfictionDari sekian banyak hal yang gue tidak suka di dunia ini, gue paling menghindari yang satu ini; ditelpon adik-adik sepupu maupun adik kandung gue. ©2017