1. Kisah Nabi Adam 'Alaihis Salam

4.1K 138 6
                                    

Allah Subhanahu wa Ta'ala memberitahukan kepada para malaikat tentang penciptaan Adam'alaihis salam, Dia berfirman:

"Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." (QS. Al Baqarah: 30)
Yakni makhluk yang satu dengan yang lainsaling menggantikan.

Demikianlah Allah Subhanahu wa Ta'ala memberitahukan kepada para malaikat tentang penciptaan Adam sebagaimana Dia memberitahukan perkara besar sebelum terwujud.Kemudian para malaikat bertanya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala meminta diterangkan hikmah diciptakannya manusia, karena para malaikat mengetahui bahwa di antara manusia ada yang membuat kerusakan di bumi dan menumpahkan darah. Menurut Qatadah, mereka mengetahui demikian karena mereka melihat makhluk sebelum Adam, yaitu jin dan Hin (sekelompok jin atau golongan jin yang lemah). Menurut Ibnu Umar, dua ribu tahun sebelum Adam diciptakan, jin sudah ada (menempati bumi), lalu mereka menumpahkan darah, maka Allah Subhanahu wa Ta'ala mengutus satu pasukan malaikat, lalu mereka mengusirnya ke jazirah laut.
"Menurut para malaikat, jika hikmah diciptakannya manusia adalah untuk beribadah kepada Allah, maka sesungguhnya mereka telah beribadah kepada-Nya, mereka berkata,"Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?"

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,"Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."(QS. Al Baqarah: 30)

Dia mengetahui maslahat yang lebih kuat dengan menciptakan Adam dan keturunannya, karena akan ada di antara mereka yang menjadi para nabi dan rasul, para shiddiqin, para syuhada, para ulama dan orang-orang yang mengamalkan agama-Nya, yang mencintai-Nya, dan mengikuti para rasul-Nya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala menciptakan Adam'alaihis salam dari tanah di bumi dan airnya, lalu membentuknya dengan bentuk yang sebaik-baiknya, kemudian Dia tiupkan ruh ke dalamnya, maka jadilahdia sebagai manusia yang hidup yang terdiri dari daging, darah, dan tulang. Hari penciptaan Adam'alaihis salamadalah hari Jumat, Rasulullahshallallahu 'alaihi wa sallambersabda

,خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَآدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلَا تَقُومُ السَّاعَةُ إِلَّا فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ"
Sebaik-baik hari yang matahari
terbit padanya adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke surge, dan pada hari itu ia dikeluarkan darinya, dan Kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jumat."
(HR. Bukhari dan Muslim)

Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda,
إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى خَلَقَ آدَمَ مِنْ قَبْضَة
ٍ قَبَضَهَا مِنْ جَمِيعِ الْأَرْضِ فَجَاءَ بَنُو آدَمَ عَلَى قَدْرِ الْأَرْضِ فَجَاءَ مِنْهُمْ الْأَحْمَرُ وَالْأَبْيَضُ وَالْأَسْوَدُ وَبَيْنَ ذَلِكَ وَالسَّهْلُ وَالْحَزْنُوَالْخَبِيثُ وَالطَّيِّبُ"
Sesungguhnya Allah Ta'ala menciptakan Adam dari segenggam yang digenggam-Nya dari semua tanah di muka bumi. Oleh karena itu, anak cucu Adam hadir sesuai keadaan tanah (warna dan tabiatnya), maka di antara mereka ada yang berkulit merah, putih, hitam dan antara itu. Ada pula yang lunak, keras, yang jelek dan yang baik." (HR. Tirmidzi, ia berkata, "Hadis ini hasan shahih." Hadis ini dishahihkan pula oleh Syaikh Al Albani dalamAl Misykat(100) danAsh Shahiihah(1630).

Menurut penyusun Tuhfatul Ahwadzi, hadis ini diriwayatkan pula oleh Ahmad, Abu Dawud, Hakim dan Baihaqi) Setelah Adam hidup dan bisa bergerak, maka Allah Subhanahu wa Ta'alamengajarkan kepadanya nama-nama segala sesuatu, Dia berfirman,"Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya,"(QS. Al Baqarah: 31)

Kisah-kisah pilihan muslim Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang